Pertama Kali Ke Luar Negeri, 7 Hal ini Perlu Kamu Ketahui!

Foto: pexels

Foto: pexels

Untuk kamu yang newbie ke Luar Negeri untuk pertama kalinya, tentu beberapa persiapan perlu kamu siapkan dengan lengkap. Agar traveling keluar negeri untuk pertama kalinya berjalan dengan lancar. Karena liburan di dalam negeri gak sama seperti dengan liburan di luar negeri. Akan ada perbedaan seperti bahasa dan budaya. Tapi tenang… sebelumnya kamu bisa membaca 7 tips ini agar perjalananmu menyenangkan.

1. Persiapkan semua dokumen yang kamu butuhkan

Jika ingin ke luar negeri, paspor menjadi dokumen penting yang wajib dipersiapkan. Tanpa paspor kamu tidak bisa liburan ke luar negeri. Jika diibaratkan, paspor menjadi identitas diri yang penting untuk dibawa. Untuk persiapan membuat paspor kamu bisa melakukannya 3 bulan sebelum keberangkatan. Untuk membuat paspor bisa dilakukan secara offline ataupun online.

Selain passport kamu juga perlu mengurus visa, kalau negara yang kamu kunjungi tidak bebas visa. Buat kali pertama mungkin kamu pilih dulu negara yang bebas visa (sekitar Asia Tenggara) atau yang menerapkan Visa On Arrival (VOA), jadi visanya bisa diurus di imigrasi bandara negara tujuan.

2. Pesanlah tiket pesawat jauh-jauh hari agar dapat tiket murah

Mendapatkan tiket ke luar negeri murah, siapa sih yang nggak mau? Makanya kamu harus mencari promo tiketnya jauh-jauh hari. Bisa sekitar 6 bulan sebelumnya atau 1 tahun mungkin. Dijamin kamu bisa dapat tiket murah banget dan persiapan liburanmu lebih mateng.

3. Cari dan pesanlah penginapan jauh-jauh hari

Agar gak perlu repot-repot untuk cari penginapan setelah tiba di negara tujuan, kamu bisa memesan penginapan sebelum keberangkatan saat masih berada di Indonesia saja. Ini dimaksudkan agar kamu bisa mencari-cari penginapan yang sesuai dengan bujet travelingmu. Pilihan seperti hostel, couchsurfing, atau Air B n B dapat kamu pertimbangkan sesuai dengan bujetmu. Jangan lupa cari penginapan yang strategis dekat dengan fasilitas publik.

screenshot_427

Baca Juga: Pemula, 7 Hal ini perlu kamu ketahui sebelum traveling ke Thailand

4.Buatlah itinerary perjalanan

Kalau mau jalan-jalan ke luar negeri untuk kali pertama, ada baiknya kamu memiliki rencana perjalanan. Rencana perjalanan berguna untuk membantumu dalam memilih penginapan, destinasi wisatam transportasi yang bisa mengantarmu ke sana,s erta kuliner apa saja yang ingin kamu cicipi saat berada di luar negeri. Sebagai bahan pertimbangannya, kamu bisa mencari semua informasi tersebut di travel blogger atau web travel.

5.Tukarkan rupiah sebelum berangkat ke negara tujuan

Ini nih yang tak kalah penting, kamu harus menukarkan uangmu sesuai dengan mata uang negara tujuan. Kamu bisa menukarkan di money changer lokal, tetapi jangan di bandara ya, mahal yakin. Jangan lupa juga buat minta pecahan uang kecil dan koin, pasti kepakai kok.

6. Pelajari semua seluk beluk negara tujuan

Penting buat kamu mengetahui seperti apa negara tujuan yang kamu pilih, mulai dari bahasa, budaya, hingga kebiasaan serta aturan di sana. Dengan begitu kamu lebih mengenal negara yang akan kamu kunjungi sehingga perjalananmu bisa jadi lebih menyenangkan. Memperlajari sedikit kosa kata sehari-hari sesuai bahasa negara tujuan dapat membantumu lho, saat berada di disana.

7. Buat daftar perlengkapan yang dibutuhkan

Biar gak ada salah satu barang penting yang ketinggalan, coba deh buat daftar perlengkapan yang kamu butuhkan saat ke luar negeri. Ini dapat memudahkanmu untuk memastikan barang-barang yang kamu perlukan sudah ada di koper. Tapi ingat ya, bawa barang yang seperlunya saja. Pastikan kamu mencari informasi sedang berlangsung musim apa negara yang akan kamu tuju. Sehingga kamu dapat mempersiapkan kostum yang diperlukan.

——-

Sudah siap untuk melakukan perjalanan ke luar negeri? Kamu bisa mencari tiket pesawat promo ke luar negeri di sini. Jika ingin bujet traveling lebih irit dikantong, coba manfaatin fitur pengingat harga dari airpaz untuk bantu pantau harga tiket pesawat sesuai dengan bujet traveling yang kamu harapkan. Happy traveling

7 Destinasi Wisata Luar Negeri Ini Juga Ada Di Indonesia!
Rahasia Bujet Traveling Murah Tanpa Repot! Ternyata 3 Cara ini Yang di Gunakan Banyak Traveler!