10 Tempat yang Wajib Dikunjungi Di Brunei Darussalam

Lagi cari tempat traveling yang tidak mainstream? Mungkin Brunei Darussalam bisa menjadi destinasi Kamu. Pada artikel ini akan kami bagikan 10 tempat rekomendasi wisata di Brunei Darussalam untuk Kamu yang lagi mencari destinasi tempat wisata yang unik dan berbeda.

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara di Asia Tenggara yang terletak di pulau Kalimantan bagian utara dan berbatasan langsung dengan Malaysia timur. Negara Brunei terkenal dengan kemakmuran dari hasil kekayaan alam dan tambangnya. Negara yang berbentuk monarki ini ternyata memiliki banyak tempat wisata menakjubkan yang belum banyak diketahui dunia.

Ibukota negara Brunei Darussalam adalah Bandar sri begawan, kota ini cukup tenang dan jauh dari hingar bingar hiruk pikuk kota metropolitan. Jumlah penduduk negara Brunei berjumlah sekitar 450 ribu jiwa dimana dari jumlah tersebut hanya sekitar 60 ribu jumlah penduduk yang berada dan berdomisili di ibukota Bandar Sri Begawan.

10 Tempat Rekomendasi Wisata Di Brunei Darussalam

Negara Brunei memiliki luas wilayah yang tidak terlalu besar bila dibandingkan negara kita Indonesai yang merupakan salah satu negara terluas di dunia . Hampir semua objek wisata yang ada di negara Brunei terletak di kota Bandar Seri Begawan. Letaknya juga cukup berdekatan sehingga sangat memudahkan bagi para wisatawan untuk mencari lokasi tempat wisata. Berikut ini adalah 10 tempat rekomendasi wisata di Brunei Darussalam yang seru untuk Kamu kunjungi.

1. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin

Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin // brunei darussalam

Masjid ini merupakan ikon kebanggaan negara Brunei yang berada di ibukota Bandar Sri Bengawan. Kubah dari masjid ini terbuat dari emas murni. Masjid ini terletak di tepi Sungai dan menjadi tempat wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin sendiri disebut sebagai masjid tercantik di Brunei Darussalam bila dibandingkan dengan banyak masjid-masjid megah yang ada di Negara Brunei.

2. Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah

Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah - bruinei darussalam

Masjid Jame’Asr Hassanil Bolkiah juga merupakan ikon negara Brunei Darussalam. Uniknya Kubah dan pagar dari Masjid Jame’Asr ini juga dilapisi oleh emas murni. Masjid Ars Hassanil Bolkiah merupakan masjid terbesar di Brunei Darussalam, terletak agak keluar kota Bandar Seri Begawan. Masjid yang sangat megah ini terlihat sangat tenang. Masjid ini berlokasi di Simpang 127, Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Baca juga : Mengunjungi Masjid Sultan, Terbesar dan Tertua di Singapura

3. Royal Regalia Museum

Royal Regalia Museum

Museum Kerajaan Regalia. Museum ini menyimpan harta-harta kerajaan milik sultan Brunei dari zaman terdahulu hingga sekarang. Museum ini berisikan benda-benda peninggalan sultan dan menceritakan mengenai sejarah negara Brunei. Banyak hal yang bisa dipelajari dari museum ini ditambah lagi dengan arsitektur bangunan dari museum ini yang cukup megah.

Museum kerajaan Regalia ini sangat mudah untuk dikunjungi karena berada di tepian jalan utama yaitu beralamat di jalan Sultan Omar Ali Saifuddien, Bandar Sri Bengawan BS8811, Brunai Darussalam. Museum ini buka setiap hari dari pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore.

4. Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman

Istana Nurul Iman berdiri sejak tahun 1984, dibangun di lahan seluas 200.000 m2. Istana ini dinobatkan sebagai istana terbesar di dunia versi Guinness World Records. Istana yang terletak di Bukit Lumadin, di tepi sungai dengan bukit yang hijau di tepi Sungai Brunei ini, merupakan kediaman resmi Sultan Brunei. Istana yang indah ini juga memiliki banyak fasilitas seperti, 1.788 buah kamar, 257 kamar mandi, 18 lift, sebuah masjid yang mampu menampung 1.500 jamaah dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

REKOMENDASI PENGINAPAN TERDEKAT

Rimbun Suites Residences
Rimbun Suites & Residences
Al Afiah Hotel
Al Afiah Hotel
Radisson Hotel Brunei Darussalam
Radisson Hotel

5. Teng Yun Temple

Teng Yun Temple

Merupakan tempat ibadah atau klenteng warga keturunan Thionghua yang sudah lama bermukim di Brunei Darussalam, Lokasinya berada di pinggir jalan pusat kota Bandar Sri Bengawan. Klenteng ini dibangun pada tahun 1918 dan merupakan klenteng pertama di Brunei.

6. Gadong Night Market

Gadong Night Market

Gadong Night Market atau pasar gadong merupakan tempat belanja dan wisata kuliner terkenal di negara Brunei. Pasar ini menjadi pusat wisata kuliner yang menjual banyak jenis jajanan dan makanan lokal yang unik dan tentunya enak untuk Kamu coba.

Untuk Kamu yang suka wisata kuliner dan ingin berkesempatan mencicipi beberapa jajan lokal dan masakan khas brunei maka kunjungilah pasar gadong. Di pusat kuliner dan jajanan Pasar Gadong terdapat banyak sekali dijajanan dan makanan-makanan unik dengan harga yang sangat terjangkau.

Gading night market atau pasar malam Gadong beralamat di Simpang 37, Bandar Sri Bengawan, Brunai Darussalam. Pasar malam ini mulai dibuka pukul 6 sore sampai dengan pukul 11 malam.

7. Kampong Air

Kampong Air

Tempat wisata ini merupakan perkampungan nelayan masyarakat Brunei. Bangunan di Kampong Ayer didirikan di atas air dan sudah menjadi jati diri dan ikon kebanggaan masyarakat Brunei karena masih mempertahankan budaya serta asal-usul leluhur mereka. Untuk menikmati perjalanan di Kampung Air, Kamu bisa menyewa boat selama 1 jam untuk keliling kampung air.
Sepanjang perjalanan, nahkoda boat akan bercerita banyak hal mengenai sejarah kampung air.

Kampung air ini dibangun sejak ratusan tahun yang lalu dan sebagai temapat bermukim warga asli Brunei. Penduduk di kawasan Kampung Air ini kebanyakan menggunakan perahu sebagai transportasi untuk beraktivitas sehari-hari.
Kampong air ini merupakaan objek wisata sungai Brunai yang beralamat di jalan MC Arthur, Bandar Sri Bengawan, Brunai Darussalam. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata ini setiap saat karena tempat ini juga merupakan fasilitas publik yang selalu ramai dikunjungi wisatawan maupun oleh masyarakat Brunai.

8. Tasek Lama Recreational Park

Tasek Lama Recreational Park

Tasek Lama Recreational Park merupakan Taman rekreasi yang terletak di Bandar Sri Bengawan dan berada di perkotaan sekitar 2 km dari pusat kota Bandar. Di sini terdapat jalur trekking menuju ke danau, air terjun yang mengalir sangat indah, area piknik, dan menara di puncak bukit yang menawarkan pemandangan kota dan kawasan hijau. Taman ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga.

9. Proboscis Monkey Safari

Proboscis Monkey Safari

Hanya berlayar 2 jam dari Bandar Seri Begawan, Kamu bisa mengunjungi hutan Bakau yang indah ini. Proboscis Monkey Safari ini cocok buat Kamu yang ingin melihat secara maksimal Proboscis Monkey dan hewan-hewan lain yang berada dalam Safari River.

10. Pantai

Negara Brunei memiliki garis pantai yang panjang dan indah. Pemandangan terindah di pantai dapat Kamu nikmati di waktu matahari terbit dan senja matahari terbenam di kota Bandara Sri Bengawan. Berikut ini beberapa pantai di Brunai yang bisa kamu kunjungi:

Pantai Berakas

Pantai Berakas

Beralamat di Muara-Tutong Highway. Tempat ini juga menjadi Taman rekreasi hutan simpan berakas, di Bandar Sri Bengawan. Tempat ini mulai buka jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

Pantai Seri Kenangan

Pantai Seri Kenangan

Berada di jalan Kuala Tutong. Tempat ini merupakan tempat wisata pantai yang yang sangat eksotis di Brunai.

Tanjung Batu Beach

Tanjung Batu Beach

Pantai ini berada dilokasi Tanjung Batu, jalan Muara, Bandar Sri Bengawan, Brunai Darussalam.

Meragang Beach

Meragang Beach

Lokasi pantai ini berada di Muara Tutong Highway, Bandar Sri Bengawan, Brunai Darussalam.

Wilayah negara Brunei memang kecil dan cukup tenang, ada beberapa tempat wisata menarik yang bisa Kamu dikunjungi bila menjadikan negara ini sebagai destinasi liburan. Negara Brunei sangat cocok dijadikan tempat wisata untuk sekedar menyepikan diri dan relax dari hirup pikuk kota metropolitan seperti Jakarta atau kota-kota lain di Indonesia.

Suasana kota Bandar Seri Begawan yang tenang namun tetap banyak hal-hal menarik yang dapat dilakukan dan di expoler. Brunei Darussalam dengan luas wilayah negara yang kecil namun negara ini sangat menyenangkan untuk dikunjungi. Bila Kamu sedang mencari tempat berlibur serta ingin mendapatkan ketenangan maka negara Brunei Darussalam adalah tempat liburan yang tepat.

Ingin Mengunjungi Negara Brunei dalam waktu dekat? Jangan takut, Kamu bisa merencanakan dari sekarang dan segera pesan tiket pesawat melalui Airpaz. Airpaz akan membantu Kamu menemukan penerbangan terbaik dengan harga terjangkau. Kamu bisa menggunakan maskapai penerbangan AirAsia, Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, maupun Singapore Airlines untuk menuju negara Brunei.

promo-Airpaz

Share with us