5 Kuliner khas Semarang yang wajib dicoba!

Kamu yang akan liburan ke Semarang, wajib cicipi 5 kuliner khas Semarang ini ya. Dari mulai kuliner yang sudah kamu kenal seperti lumpia, hingga yang asing di telinga kamu seperti es puter Cong Lik.

Kuliner khas Semarang yang wajib dicoba

Semarang terkenal akan aneka kuliner khasnya yang lezat nan menawan. Kira-kira kuliner khas apa sajakah yang wajib  kamu coba kalau ke Semarang? Lihat di bawah ini!

Lunpia Gang Lombok

Kuliner khas Semarang lunpia gang Lombok
Foto: Pos kota

Lunpia, lumpia, loenpia adalah icon kuliner khas Semarang. Makanan ini berbahan dasar rebung, telur, udang, dan dibungkus kulit lunpia.

Meskipun lunpia bisa ditemukan di setiap sudut kota, tetapi yang paling legenda dan bisa dikatakan nenek moyangnya cuma bisa kamu coba di Lumpia Gang Lombok. Tepatnya di Jl. Gang Lombok, no. 11, atau dekat Klenteng Tay Kak Sie di sekitar Pasar Johar.

Toko lunpia paling tua ini buka dari pukul 08.00-16,00, tapi kalau kamu enggak mau kehabisan datang sebelum pukul 14.00. Cukup merogoh kocek Rp.12.000,00 per porsi kamu bisa milih mau lunpia goreng atau basah.

Wingko Babad

Kuliner khas Semarang wingko babad
Foto: Kuliner media

Selain lunpia, kamu juga wajib nyoba wingko babad khas Semarang. Pangganan ini terbuat dari beras ketan dan kelapa yang dibakar. Kamu harus coba wingko babad cap “kereta api”, sebagai pioner wingko di Semarang.

Kamu bisa nikmati wingko rasa original atau kelapa muda, sampai wingko rasa nangka, coklat, durian juga ada. Cukup kamu bayar Rp 2.000,00-Rp 2.800,00. Tokonya di Jl. Cenderawasih, no.4, Bubakan, buka dari pukul 07.00-18.00.

Es Cong Lik alias “Kacung Cilik”

es cong lik Kuliner khas Semarang
Foto: dapoernjonja

Siang hari adalah waktu yang tepat untuk menikmati es puter Cong Lik dengan rasa yang telah melegenda. Ada banyak varian rasa dan toping yang bisa kamu coba, yang paling populer sih alpukat sama durian.

Tertarik buat coba? Siapkan uang Rp 9.000,00-Rp 12.000,00 es puter  yang telah legenda sejak 1944. Kamu bisa berkunjung ya, kedainya di dekat rumah sakitT elogo Rejo Jl. KH Ahmad Dahlan.

Baca juga: Jalan -jalan ke Klenteng Gedung Batu Sam Poo Kong, Semarang

Tahu Gimbal

Tahun gimbal Kuliner khas Semarang
Foto: Diah Didi

Mendengar kata gimbal pasti kamu langsung mikir ke rambut, tapi bukan itu. Tahu Gimbal ini adalah nama dari salah satu makanan khas Semarang. Gimbal di sini itu sebenarnya bakwan udang.

Makanan ini tuh terdiri dari tahu goreng garing, irisan kol, bakwan udang atau gimbal,lontong dan disiram sama bumbu kacang. Tahu gimbal ini bisa kamu temui di taman KB, dan sekitar Masjid Baiturrahman, Kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp10.000-Rp.20.000.

Mie Kopyok

mie kopyok Kuliner khas Semarang
Foto: Kompasiana

Mie Kopyok adalah salah satu makanan rekomendasi yang harus kamu cicipi jika berkunjung ke Semarang. Menyajikan cita rasa yang lezat, tentu Mie Kopyok akan buat kamu ketagihan.

Makanan ini cocok di santap saat pagi hari ataupun disiang hari. Makanan ini terdiri dari mie kuning dilengkapi dengan tauge dan kerupuk nasi kemudian disiram kuah yang cita rasanya khas dan ditambah denganlontong.

Kedai mie kopyok yang terkenal di Semarang adalah Mie Kopyok Pak Dhuwur di Jl. Tanjung No. 18. Dengan Rp.7000,00 kamuu sudah bisa nikmati kuliner yang khas ini.

Buat kamu yang hobi melancong sekaligus kulineran 5 rekomendasi makanan khas Semarang cocok nih buat dicoba. Tertarik untuk liburan ke Semarang? Nikmati juga wisata kuliner di kota lainnya yang bikin kamu penasaran. Kamu bisa manfaatin tiket pesawat promo Lion Air yang ada di Airpaz. Happy traveling

promo-Airpaz

Share with us