7 Alasan Mengapa ‘Sesekali’ Kamu Harus Melakukan Solo Traveling

Liburan bersama teman atau keluarga mungkin untuk kamu itu adalah suatu yang biasa. Tetapi, pernahkah kamu terbersit ide untuk melakukan solo traveling? Jika iya, mungkin sekarang waktunya kamu berani untuk mencoba melakukannya! 

Solo Traveling di Paris

Jangan khawatir akan semua ketakutan yang mungkin menghantuimu. Jika niatmu baik, tidak akan pernah ada hal jahat yang jahat akan menganggu perjalananmu. Tuhan pastinya akan selalu menjagamu. Kamu hanya perlu waspada dan melatih kepekaanmu saja.
Berikut 7 alasan mengapa kamu yang masih muda dan single sesekali harus mencoba melakukan solo traveling.

1. Kamu akan merasakan kebebasan

Percayalah solo traveling akan membuatmu hidupmu lebih bebas dari biasanya. Kamu bisa membuat perintah dan menentukan segala sesuatu untuk dirimu sendiri, tak ada lagi komando atau tekanan dari orang lain, yang mungkin biasa kamu terima.

Kamu bisa menentukan ke mana kamu akan pergi, transportasi apa yang kamu pilih, makan di mana, menginap di penginapan seperti apa, mau tidur jam berapa saja, dan lain–lain. Intinya kamu bisa bebas memutuskan segala hal yang kamu inginkan.

2. Melatih kamu untuk mandiri

Solo traveling sudah pasti akan membuatmu belajar mandiri, karena selama perjalanan kamu hanya bisa bergantung pada kemampuanmu sendiri. Kamu harus booking tiket sendiri, makan sendiri, mencari penginapan sendiri, bertanya banyak hal pada warga lokal, mencari lokasi wisata sendiri, dan masih banyak lagi hal-hal yang harus kamu lakukan sendiri.

3. Kamu akan fokus pada keindahan lokasi wisata yang kamu kunjungi

Solo traveling akan membuat kamu lebih bisa menikmati keindahan yang ditawarkan tempat yang kamu kunjungi, karena tidak ada travel partner yang memecah perhatianmu dengan obrolan atau melayaninya mengambil foto. Kamu bisa menyibukkan diri sendiri untuk mengagumi keindahan yang tersaji. Hal ini akan membuat kamu tidak akan pernah melupakan tempat-tempat yang sempat kamu singgahi.

4. Belajar banyak dari orang-orang yang kamu temui di perjalanan

Solo traveling mungkin akan memberi kesan ‘kesepian’, tetapi itu pandangan salah kaprah guys, yang sebenarnya justru kamu akan menemukan ‘keramaian’ dalam perjalanmu. Mengapa demikian? Karena solo traveling akan membuatmu menemukan banyak orang baru yang bisa kamu ajak berinteraksi. Mulai dari warga lokal yang kamu temui sampai orang-orang yang juga memutuskan melakukan perjalanan sendiri seperti yang kamu lakukan. Jika kamu pintar memanfaatkan pertemuan itu tidak jarang kamu nantinya akan mendapatkan saudara atau bahkan seorang teman. Kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman baru dari orang-orang itu.

5. Belajar berani membuat keputusan dan mengambil risiko

Solo traveling akan membentuk kamu menjadi orang yang dapat mengambil keputusan dengan cepat, tetapi minim risiko. Kamu mungkin saja akan menemui situasi di mana tidak mengetahui arah sedang orang-orang di sekitarmu tidak mengerti bahasa yang kamu gunakan atau justru kamu yang tak mengerti bahasa mereka, di sinilah semua keputusan sepenuhnya berada di tanganmu.

6. Melatihmu untuk waspada dan peka

Melakukan perjalanan sendirian akan membuatmu akan peka terhadap sekitar. Alam bawah sadar kita akan terbiasa untuk meningkatkan instingnya, jika kamu bertemu sesuatu yang baru saat perjalanan kita. Kewaspadaan pun akan meningkat pesat, saat kamu bertemu orang baru.

7. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih percaya diri

Perjalanan sendiri akan membuatmu secara otomatis lebih percaya diri. Tidak akan ada lagi kamu yang pemalu. Karena solo traveling menuntutmu berani menghadapi dunia dan orang-orang yang belum pernah kamu temui sebelumnya.

Jadi, beranikah kamu melakukan solo traveling? Jika iya, segera tentukan destinasi tujuanmu sekarang juga dan kamu bisa melakukan bookingan tiket pesawat di Airpaz. Happy traveling.

Baca juga: Kamu Pasti Nggak Nyangka, Ini Dia 5 Tempat Wisata Tersembunyi yang Sulit Dijangkau Manusia

promo-Airpaz

Share with us