Permohonan Paspor Kamu Ditolak? Ini Dia Alasannya!

Permohonan paspor menjadi hal yang tak terelakkan bagi orang yang gemar bepergian ke luar negeri. Paspor sebagai buku kecil tersebut merupakan “tiket utama” untuk keluar masuk negara secara legal, dan berfungsi sebagai identitas serta tanda bahwa pemiliknya adalah warga negara yang diakui secara hukum. Namun, tidak semua permohonan pembuatan paspor langsung diterima. Oleh karena itu, mari ketahui alasan-alasan mengapa permohonan kamu paspor ditolak!

Alasan Paspor Ditolak

permohonan paspor ditolak

Paspor merupakan dokumen penting yang nggak boleh dilupakan sama sekali ketika kamu melancong ke luar negeri. Tanpa adanya paspor, proses imigrasi tentunya tidak akan berjalan mulus. Kalau sudah begitu, liburanmu ke luar negeri jadi terhambat deh.

Untuk bisa memiliki paspor, kamu harus mengajukan permohonan terlebih dahulu ke Kantor Imigrasi. Perlu diketahui kalau mengurus paspor tidak segampang yang kamu kira. Bisa saja petugas menolak permohonan paspor yang kamu ajukan karena sejumlah alasan. Berikut ini adalah alasan permohonan paspor kamu ditolak, simak baik-baik ya!

1. Memberikan keterangan secara tidak jujur

Setiap orang yang mengajukan permohonan paspor sudah pasti akan melewati tahap wawancara. Tahap ini cukup penting dalam menentukan diterima atau tidaknya permohonan paspor yang telah diajukan. Pertanyaannya tergantung tujuan kamu pergi ke negara tersebut. Misalnya tujuanmu adalah berlibur, maka pertanyaan yang akan diajukan berhubungan dengan tempat wisata yang dituju dan lama kunjungan.

Pada sesi wawancara, pastikan kamu memberikan keterangan sejujur mungkin. Kalau kamu memberikan keterangan palsu, maka siap-siap pengajuan paspor kamu ditolak petugas. Selain itu, jawablah setiap pertanyaan dengan jelas dan pede karena itu akan menjadi poin plus saat petugas mempertimbangkan permohonan kamu.

Baca juga: 5 Pertanyaan yang Sering Muncul Saat Membuat Paspor 

2. Paspor tidak diambil selama satu bulan

Setelah kamu menyelesaikan seluruh proses administrasi pengajuan paspor, jangan lupa buat mengambilnya kalau sudah jadi. Jika paspor kelamaan nggak diambil, maka permohonan paspor kamu akan otomatis dibatalkan. Hal ini sesuai dengan Pasal 30 Permenkumham No. 8 Tahun 2014.

Menurut Permenkumham tersebut, jangka waktu pengambilan paspor paling lambat adalah satu bulan sejak diterbitkannya paspor. Lalu gimana jika paspor tidak diambil lewat dari jangka waktu tersebut? Kalau sudah begitu, mau tak mau kamu harus mengurusnya lagi dari awal.

Baca juga: Begini Cara Mudah Tunggu Antrian Buat Paspor Melalui WhatsApp

 3. Memberikan data yang tidak sesuai

Dalam mengurus dokumen apapun, kebenaran data adalah aspek yang paling utama. Hal ini tentunya juga berlaku saat mengurus paspor. Sebagai contoh, kamu mengumpulkan KTP, Kartu Keluarga, dan ijazah. Namun setelah dilihat lagi, namamu di setiap dokumen ternyata berbeda.

Meski beda satu huruf sekali pun, masalah seperti ini nggak boleh dianggap enteng. Jika data kependudukan kamu bermasalah, ada baiknya untuk langsung datang ke kantor Dinas Dukcapil terdekat supaya datamu bisa segera diperbaiki.

4. Dokumen tidak lengkap

Alasan selanjutnya adalah dokumen yang kurang lengkap. Dalam mengajukan permohonan paspor, petugas akan meminta sejumlah dokumen penting yang berisi data diri. Rincian dokumen ini tergantung status dari yang mengajukan paspor. Secara umum, status ini terbagi menjadi tiga: warga negara Indonesia, anak dengan kewarganegaraan Indonesia, dan calon tenaga kerja Indonesia.

Umumnya, dokumen utama yang harus kamu bawa saat mengajukan paspor nggak jauh dari KTP, Kartu Keluarga, dan akta kelahiran. Dokumen tambahan lainnya akan mengikuti sesuai dengan tujuan pengajuan paspor.

5. Kesalahan pada saat diterbitkan

Alasan yang satu ini juga sangat mungkin terjadi namun bisa dibilang kasusnya lumayan jarang. Kesalahan atau kerusakan ini di luar kendalimu alias memang terjadi karena kesalahan petugas. Maka dari itu, hal ini sudah sepenuhnya menjadi tanggung jawab petugas imigrasi dan kamu pun nggak perlu bayar lagi untuk mengajukan paspor baru.

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja yang bisa membuat pengajuan paspormu ditolak. Kemana pun kamu traveling, jangan lupa buat selalu pesan tiket pesawat dan reservasi hotel di Airpaz.com Aktifkan fitur pengingat harga supaya bisa pantau harga tiket pesawat kapan pun dan di mana pun!

Tiket-pesawat
Share with us