Asakusa – Kuil Tertua di Tokyo Jepang

 Kuil Buddha paling tertua di Tokyo, Jepang adalah bernama Kuil Sensoji dan nama kuil ini juga populer dengan nama Kuil Asakusa.  Kuil Sensoji tidak terlalu jauh dari statiun Asakusa dan sangat ramai dikunjungi wisatawan. Ada lebih dari 30 juta wisatawan baik turis domestik maupun internasional setiap tahunnya yang berwisata ke kuil ini.

Kuil Sensoji merupakan tempat yang cukup terkenal di Tokyo yang difokuskan tempat berlangsungnya festival terkenal yaitu Matsuri yang adalah merupakan Festival Shinto  yang berlangsung sekitar 3-4 hari pada penghujung musim semi dan terlihat adanya penutupan lalu lintas jalanan dari fajar sampai larut malam.

Sejarah Kuil Asakusa

asakusa-temple

Tahukah kamu bahwa Sejarah Kuil Asakusa berdiri tidak lepas dari adanya legenda dibalik Kuil Sensoji. Begini kisahnya, yuk simak!

Pada suatu waktu adalah dua orang bersaudara yang bermaksud untuk memancing di sungai dan tiba-tiba mereka memancing patung Kannon, (dewa kemurahan) yang muncul keluar dari Sungai Sumida. Dan setiap kali mereka bermaksud untuk mengembalikan patung tersebut ke dalam sungai, patung tersebut kembali ke permukaan.  Itulah sebabnya mengapa  Kuil Sensoji, dibangun untuk dewa Kannon dan ini terjadi pada sekitar tahun  628. Kuil pun selesai dibangun pada tahun  645 dan menjadikannya menjadi kuil tertua yang ada di Tokyo, Jepang.

Kuil Sensoji juga merupakan pusat pengembangan budaya Edi dan masih ada sampai sekarang. Berbagai acara musiman berlangsung disini termasuk pasar Hozuki (Lentera tanaman Cina) dan pasar Hagoita (kayu dayung).  Lenteraa paling besar ada di Gerbang Kaminarimon (Guntur) dan sangat terkenal di seluruh Jepang.

Gerbang Hozomon  dari Kuil Sensoji terdiri lentera yang terbuat dari  kertas merah yang besar dan sangat terkenal. Kemegahan struktur candi memiliki lentera kertas besar yang  dicat cair merah-hitam

Kaminari-mon tediri dari dua dewa pelindung yang mana di sebelah kiri bernama Dewa Raijin yang disebut sebagai Dewa Guntur dan Dewa Fujin di sisi kanan yang merupakan Dewa Angin. Dalam Bait kuil terdapat berdiri megah lima pagoda dan ruang utama dikhususkan untuk Kannon Bosatsu.

Berjarak sekitar 200 meter, Anda akan menemukan Nakamise yang merupakan jalan perbelanjaan terkemuka dari Gerbang Guntur Kuil Sensoji  sendiri. Ini searah dengan toko-toko souvenir mulai dari T-shirt, Kimono, gulungan Buddha, permen tradisional, pernak-pernik ponsel, dll dan semua toko-toko ini sendiri merupakan bagian dari tradisi dalam kehidupan dengan menjualnya kepada kepada peziarah yang berjalan ke Sensoji. Daerah sekitarnya memiliki banyak toko-toko tradisional dan tempat-tempat makan yang menampilkan hidangan tradisional seperti mie buatan sendiri, sushi, tempura, dan lain-lain.

Baca Juga: The Old Temple – Sensoji In Japan

Tempat belanja di Asakusa

Jepang adalah salah satu negara favorite yang banyak dikunjungi oleh turis di dunia. Salah satu destinasi favorite di Jepang adalah Asakusa. Ada banyak tempat belanja di Asakusa yang recommended untuk shopping addict seperti Anda.

• Nakamise Dori
Ini adalah tempat belanja yang sangat terkenal yang menjual banyak sekali souvenir menarik. Ada sebanyak 89 buah kios yang pasti membuat Anda bahagia belanja kesana.

Marugoto Nippon
Sudah dibangun sejak tahun 2015 lalu yang merupakan department store paling dikenal di Tokyo. Banyak produk local, restaurant dan pusat kerajinan tangan yang tersedia. Sangat menarik.

• Kappa Bashi Kitchenware
Pecinta barang pecah belah jangan sampai tidak ke Kappa Bashi Kitchenware. Recommended untuk chef dan segala pecinta peralatan rumah tangga.

Ingin menjelajahi keindahan Asakusa? Kamu bisa pesan tiket pesawat promo di Airpaz. Happy traveling!

promo-Airpaz

Share with us