Yuk, Liburan ke Aceh Kota Indah di Ujung Sumatera!

Hi Traveler, pernahkah anda Liburan ke Aceh?, yuk kita belajar tentang salah satu tempat wisata di ujung Sumatera Indonesia yaitu Aceh. Provinsi yang berada di ujung pulau Sumatera dan merupakan tempat dimulainya penyebaran islam di Indonesia sampai saat ini masih menjunjung nilai keagamaan.

Sejarah Provinsi Aceh

Pada sekitar akhir abad 19-an, nama Aceh digunakan untuk menunjukkan seluruh daerah yang membentang dari ujung utara Pulau Sumatera sampai suatu garis khayal yang menghubungkan Tamiang yang berada di pantai timur dengan barus di pantai barat.

liburan ke aceh - Yuk, Berlibur ke Aceh Kota Indah di Ujung Sumatera!

Tempat wisata menarik saat Liburan ke Aceh? 

1. Masjid Raya Baiturrahman

Masjid Raya Baiturrahman  merupakan ikon dari kota Aceh. Salah satu masjid terindah di dunia ini telah berdiri sejak tahun 1612 oleh Sultan Iskandar Muda. Warnanya yang putih, kubahnya berwarna hitam dan dikelilingi tujuh menara, dan sangat cocok dijadikan destinasi liburan ke Aceh. Di di depan masjid terdapat sebuah kolam besar serta pancuran air sehingga sekilas mirip seperti Taj Mahal membuat masjid ini jadi terlihat megah. Di belakang masjid terdapat Pasar Aceh dimana traveler dapat berbelanja souvenir dan berwisata kuliner.

2. Pantai Lboih

Pantai Lboih dengan pasir putih, laut yang berwarna hijau toska nan jernih ini membuat pemandangan Pantai sangat indah termasuk alam bawah laut yangn bisa dilihat tanpa menyelam.  Suasana pinggir pantainya begitu tenang, sejuk dengan nyiur pohon kelapa melambai. Bagi yang ingin liburan ke Aceh, jangan lupa mengunjungi pantainya juga yak!!!

3. Air Terjun Blang Kolam

Berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara, dan kalau ditempuh dari Lhokseumawe hanya memakan waktu 30 menit dimana terdapat air terjun kembar yang tingginya mencapai 75 meter dengan pepohonan rindang. Disini traveler yang sedang liburan ke Aceh bisa mengunjungi wisata ini dan dapat bermain air di dekat air terjun, berendam di kolam tampungan air terjun, bersantai di tepian air terjun.

4. Pantan Terong

Bagi yang sedang Liburan ke Aceh dan Ingin melihat provinsi aceh secara keseluruhan? traveler harus mengunjungi Pantan Terong. Karena letaknya berada di ketinggian 1.830 meter di atas permukaan laut, maka traveler disarankan untuk memakai baju berbahan tebal. Traveler juga dapat melihat danau laut tawar secara keseluruhan dan melihat sunset dan sunrise yang begitu indah.

5. Museum Tsunami

Untuk mengakhiri liburan ke Aceh, alangkah baiknya jika traveler mengunjungi museum yang menceritakan sejarah besar ketika Tusnami 2004 terjadi. Museum ini didirikan di Jalan Iskandar Muda pada tahun 2009 untuk mengenang para korban Tsunami. Museum ini juga dijadikan tempat penampungan apabila terjadi tsunami lagi. Serta di sini juga ada simulasi gempa bumi.

Baca juga : Museum Tsunami Aceh, Museum Kenangan di Tanggal 26 Desember 2004

Kegiatan Yang Menarik Di Aceh.

Selain mengunjungi Museum Tsunam , traveler sembari liburan ke Aceh juga bisa belajar sejarah di Rumah Cut Nyak Dien, berinteraksi dengan gajah di Pelatihan Gajah Sare, berpetualang di Taman Hutan Raya Pocut Meurah Intan, mendaki di gunung Seulawah Agam dan Gunung Seulawah Inong, dan berbagai kegiatan lainnya. Apabila traveler berencana untuk menghabiskan liburan weekend di Aceh, jangan lupa untuk menyaksikan Putroe Phang Art & Music Weekend Show yang berada di Taman Putroe Phang dimulai pada pukul 16.00 WIB

Kuliner Khas Aceh

1. Sate Matang

Traveler ingin mencicipi sate yang dinikmati dengan kuah? Saatnya traveler mengunjungi salah satu tempat makan di Aceh yang menyediakan Sate matang. Sate yang menggunakan daging kambing atau daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil serta telah disematkan pada tusukan lalu di rendam oleh adonan rempah-rempah setelah itu dipanggang. Lalu kaldu kambing yang telah dicampur rempah-rempah dan ditaburi daun bawang membuat sate yang berasal dari daerah Matang, Bireueun ini dijual pada malam hari karena cocok dan nikmat untuk dimakan pada malam hari.

2. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap mempunyai konsep makanan petak umpet. Ayam yang digoreng dipotong kecil-kecil lalu tersembunyi di tumpukan cabe hijau, daun temuru atau salam koja dan daun kari ini membuat santapannya berasam sangat lezat dan nikmat.

3. Kopi Aceh

Walaupun rasa dari kopi ini sama seperti kopi yang lainnya, namun cara penyajiannya yang berbeda membuat kopi ini mempunyai kandungan antitoksin, menambah stamina tubuh, dan dapat mengencangkan kulit. Jangan lupa untuk menikmati Kue Adee sebagai teman minum kopi.

4. Kue Adee

Kue tradisional yang cocok dijadikan teman minum kopi atau oleh-oleh dari Aceh ini bentuknya seperti bingkang manis. Kue ini dapat ditemukan di kawasan kabupaten Pidie jaya. Kue ini memiliki tekstur lembut, legit, dan dengan campuran gula asli, kue ini rasanya manis.

Ada banyak kuliner Aceh seperti Mie Aceh, Rujak Aceh, Martabak Aceh, Kue Timphan, Ungkot Kemamah, serta masih banyak lagi makanan nikmat dari Aceh.

Bagaimana menuju Aceh

Jangan khawatir tidak begitu sulit untuk menuju Kota Aceh, ada banyak maskapai nasional menuju Aceh seperti: Lion air, wings Air, dan Garuda Air, dan lain-lainnya bisa dicek disini. Jangan lupa juga update info harga tiket pesawat ke Aceh di Promo Hari Ini.

Nah, itulah sepintas tentang Aceh Kota Indah di Ujung Sumatera, tunggu apa lagi? Segera siapkan diri dan berpetualang ke ujung Pulau Sumatera!  Happy Traveling! 

Airpaz

Share with us