Berlibur ke Taman Nasional Baluran Banyuwangi

Pernah dengar sebutan African Van Java atau Little Africa in Java? Nah, julukan itu jatuh kepada Taman Nasional Baluran Banyuwangi di Indonesia. Berlibur ke Taman Nasional Baluran Banyuwangi akan membuat kamu serasa berpetualang di Afrika dengan ribuan margasatwa di padang savananya. Ini dikarenakan Taman Nasional Baluran merupakan kawasan pelestarian dengan ekosistem asli yang dikelilingi padang savana hingga lebatnya hutan hijau.

Taman Nasional ini menjadi destinasi wisata alam yang sangat ramai diminati wisata lokal maupun mancanegara. Ingin tau alasannya? Yuk, kita simak disini!

Fungsi dan Manfaat Taman Nasional Baluran

Taman nasional baluran - fungsi dan manfaat taman nasional baluran

Taman Nasional ini secara umum difungsikan sebagai salah satu kawasan konservasi yang memiliki berbagai jenis spesies flora dan fauna serta ekosistem di dalamnya. Fungsi Penting dari tempat wisata Taman Nasional Baluran ini adalah sebagai perlindungan sistem penyangga kehidupan,  sebagai pegawetan keanekaragaman jenis tumbuhan dan satwa, serta pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati beserta ekosistemnya yang berguna juga untuk tujuan penelitian.

Apa Saja yang Ada di Taman Nasional Baluran?

97d7995ea758 1 1

Memiliki luas kurang lebih 25.000 hektar, terdapat banyak destinasi alam yang dapat kamu kunjungi. Destinasi alam tersebut berupa Padang Savana Bekol, hutan hijau Evergreen forest hingga keindahan Pantai Bama dan Pantai Kajang.  Kamu dapat menemukan berbagai jenis satwa-satwa liar disepanjang rute dari pintu masuk Taman Nasional, seperti ayam hutan, tupai, aneka burung, banteng, monyet, merak dan kijang. Terdapat penginapan sederhana di Taman Nasional ini yang menjadi salah satu fasilitas bagi para wisatawan.

Baca Juga : Menelusuri Taman Laut Wakatobi, Kehidupan Bawah Laut yang Masih Asri

Fakta Unik Taman Nasional Baluran

Taman-Nasional-Baluran (2)

Nah, ternyata selain menikmati pemandangan alam dan mengenal berbagai macam satwa secara langsung, kamu juga bisa menikmati wisata sejarah loh di Taman Nasional ini. Disini kamu juga dapat menemui salah satu peninggalan sejarah yakni Goa Jepang. Goa dengan luas sekitar 12 meter persegi ini dulunya merupakan tempat bertahan dan penyimpanan amunisi dari tentara Jepang. Lokasi Goa Jepang berada tepat di pintu masuk Taman Nasional.

Bagaimana Jalan Menuju Taman Nasional Baluran?

cara-kesana

Jalan menuju Taman Nasional ini cukup mudah, yaitu bisa menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Bagi kamu yang menggunakan kendaraan umum, Taman Nasional Baluran tidak menyediakan kendaraan untuk masuk kedalam kawasan. Petugas Taman Nasional Baluran dapat membantu kamu mencarikan kendaraan seperti ojek, mobil atau truk apabila dibutuhkan. Berikut cara atau Jalan menuju Taman Nasional Baluran:

1. Dari Jakarta

Dengan menggunakan Bus jurusan Jakarta – Banyuwangi via Situbondo, kamu dapat turun di pintu masuk Taman Nasional Baluran  Jika menggunakan Kereta kamu bisa pilih jurusan Surabaya Gubeng dan melanjutkan perjalanan dengan Kereta ke jurusan Banyuwangi. Sesampainya di Stasiun Banyuwangi kamu dapat melanjutkan perjalanan menggunakan Bus Banyuwangi via Situbondo.

2. Dari Surabaya

Dengan menggunakan Bus jurusan Banyuwangi via Situbondo dan turun di pintu masuk Taman Nasional Baluran.

3. Dari Malang

Dengan menggunakan Bus jurusan Banyuwangi via Jember melalui Terminal Arjosari ke Terminal Probolinggo. Melanjutkan perjalanan menggunakan Bus Banyuwangi jurusan Situbondo.

Jam buka kunjungan dimulai pada pukul 07.30 hingga 16.00 WIB setiap harinya. Tiket masuk Taman Nasional Baluran untuk weekday pengunjung dipungut biaya sebesar Rp 5.000,- untuk wisatawan domestik dan Rp 150.000,- untuk wisatawan asing. Untuk kendaraan,  roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,- dan Rp 10.000,  untuk kendaraan roda 4.  Khusus  weekend, wisatawan domestik dan asing dikenakan tiket masuk sebesar Rp 7.500,- dan Rp 225.000,-. Kendaraan roda dua dan empat dipungut biaya sebesar Rp 7.500,- dan 15.000,-.

Tips Wisata Taman Nasional Baluran

tips

Sebelum mengunjungi tempat wisata Taman Nasiona ini, ada baiknya kamu melakukan persiapan sebelumnya dan memperhatikan beberapa tips sebagai berikut:

Berkunjung pada bulan Juni – September

Di bulan Juli – Juni kamu dapat melihat secara langsung kawanan rusa. Pada bulan tersebut juga terjadi musim kawin rusa dan monyet-monyet yang memancing kepiting dengan ekornya. Jika kamu beruntung, kamu akan menyaksikan proses kawin kawanan rusa. Serta jika kamu berkunjung pada bulan Agustus – September, kamu dapat melihat kawanan merak di Taman Nasional Baluran. Pada bulan tersebut sedang terjadi musim kawin merak.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Taman Nasional ini tidak menyediakan kendaraan untuk masuk kedalam kawasan, maka akan lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan pribadi kamu. Tetapi petugas Taman Nasional Baluran dapat membantu mencarikan kendaraan bagi kamu yang tidak menggunakan kendaraan pribadi, seperti ojek, mobil atau truk jika dibutuhkan.

Tertarik untuk berlibur kesini? Ayo mulai rencanakan liburanmu dari sekarang. Kamu bisa mulai beli tiket pesawat online via aplikasi ataupun situs Airpaz. Jangan khawatir, karena ada banyak pesawat menuju Bandara Juanda, Surabaya. Banyak tiket pesawat promo menarik yang bisa kamu nikmati.

promo-Airpaz

Share with us