Daftar Terminal Soekarno Hatta 2018

foto: annualreport
foto: annualreport

Travelers, yang sering jalan-jalan pasti udah hapal ya dengan daftar maskapai terminal Soekarno Hatta? Nah, bagi yang belum hapal bisa cari tahu daftar maskapai dan terminalnya agar gak salah terminal. Yuk, cek sekarang juga!

Daftar Terminal Soekarno Hatta

Terminal 1A

Di terminal 1A di isi oleh maskapai Lion Air yang melayani penerbangan domestik untuk rute seperti ke Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara.

Terminal 1B

Berikutnya ada tipe terminal 1B dimana terdiri dari penerbangan domestik saja. Untuk ketersediaan maskapai dibagi menjadi dua yakni Lion Air dan Xpress Air. Secara khusus penerbangan Lion Air di terminal 1B memiliki tujuan Bali, Lombok, dan Sumatra, sedangkan tipe Xpress Air masih melayani penerbangan dari dan ke Jakarta.

Baca juga: Hotel Kapsul Bandara Soekarno Hatta, Design Unik Dengan Tema Luar Angkasa

Terminal 1C

Terminal 1C masih didominasi oleh penerbangan domestik dengan berbagai macam maskapai yakni Trigana Air, Kalstar Aviation, Business Air, Citilink, Batik Air, dan AirFast Indonesia. Rute penerbangannya masih dari dan ke Jakarta.

Terminal 2D

Secara khusus terminal 2D melayani rute penerbangan internasional dengan maskapai lebih banyak dimulai dari Qatar Airways, Cathay Pacific, Cebu Pacific, Emirates, Malindo Air, Philippine Airlines, Qatar Airways, Turkish Airlines.

Terminal Soekarno Hatta
Foto: Viva

Terminal 2E

Masih ada terminal 2E dimana melayani penerbangan internasional dengan daftar maskapai cukup banyak yakni Batik Air, Etihad, Thai Lion Air, Bangkok Airways. Tujuan penerbangan di terminal 2E masih melayani dari dan ke Jakarta.

Baca: Tur Singapura Gratis Saat Menunggu Transit Di Bandara Changi, Begini Caranya! 

Terminal 2F

Sedangkan dari terminal 2F sendiri masih melayani penerbangan domestik dengan daftar maskapai penerbangan Internasional Air Asia, Sriwijaya Air, & NAM Air. yang melayani tujuan dari dan ke Jakarta.

Terminal 3U

Selain AirAsia rute internasional, Terminal 3 juga diisi oleh maskapai Garuda Indonesia – Singapore Airlines – Japan Airlines (JAL) – KLM – Eva Air – China Airlines – Qantas – Srilanka Airlines – China Eastern – Thai Airways – Oman Air – Saudi Arabian Airlines – Vietnam Airlines – Korean Air – Xiamen Airlines – China Southern Airlines – Citilink (rute internasional) – ANA – Malaysia Airlines – Jet Asia – Ethiopian Air – Shenzhen Airlines.

*Last updates: 14 Desember 2018

Baca juga: Kamu Pasti Nggak Nyangka, Ini Dia 5 Tempat Wisata Tersembunyi yang Sulit Dijangkau Manusia

Fakta-fakta Bandara Soekarno Hatta!

soekarno-hatta

Indonesia menjadi salah satu negara dengan ketersediaan bandara cukup lengkap bahkan saat ini sudah banyak bandara baru tersedia di seluruh pelosok negeri. Hingga kini tak sedikit kalangan mengetahui bahwa Indonesia masih mengandalkan Bandara Soekarno Hatta sebagai satu bandar udara terbaik di Indonesia. Akan tetapi dibalik operasional Bandara Soekarno-Hatta ini terdapat sejumlah fakta dan sejarah yang membuat bandar udara satu ini banyak diminati bahkan mendapatkan berbagai macam penghargaan bergengsi.

Bandara Terbaik di Tahun 2017

Pada tahun 2017, Bandara Soekarno Hatta ini mendapat gelar sebagai bandar udara terbaik Indonesia oleh Majalah Bandara sehingga patut diberi apreasiasi hingga memberikan banyak sumber inspirasi kepada bandara lainnya.

Tidak banyak yang tahu bahwa awal pembangunan Bandara Soetta ini ditujukan untuk menggantikan Bandara Internasional Komersial pertama yakni Bandara Kemayoran sehingga pusat penerbangan dialihkan ke Soetta.

Desain Bangunan Soetta Dirancang oleh Arsitek Perancis

Tak hanya itu saja, semua desain bangunan Bandara Soetta ini menjadi hasil rancangan oleh seorang arsitek ternama berkebangsaan Perancis yakni Paul Andreu. Melalui tangannya Bandara Soetta ini memberikan konsep lokal dengan tambahan kebun tropis di antara lounge hingga ruang tunggunya.

Baca: Ketahui Panduan Menggunakan Kereta Bandara SOETTA!

Proses perpindahan dari Bandara Kemayoran ke Bandara Soetta sendiri memerlukan waktu cukup lama kemudian di tahun 1985, Bandara Soekarno Hatta  diresmikan sebagai bandar udara utama Indonesia yang menggantikan Kemayoran dimana sudah dinonaktifkan sejak tahun 1985.

Sudah tahukan daftar terminal dan maskapai apa saja yang beroperasi di Bandara Soekarno Hatta serta fakta Bandara Soetta? Kalau sudah tahu, saatnya kamu merencanakan liburan seru bareng orang terkasih. Cari dan pesan tiket pesawat promo murah di Airpaz. Happy traveling.

promo-Airpaz

Share with us