Jalan-jalan ke suatu negara rasanya tak akan lengkap tanpa berburu beragam kuliner khasnya, termasuk jajanan lokal yang seringkali memiliki keunikan baik dari bentuk, penyajian, hingga rasanya. Nah, buat kalian yang berencana menghabiskan liburan ke Taiwan, ada beberapa jajanan lokal negara ini yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Jajanan apa sajakah itu?

Inilah 17 Jajanan Lokal Taiwan Paling Populer!

Cheese Potato Taiwan
Wah, apa saja sih jajanan khas Taiwan yang harus Kamu cicipi?

Berkunjung ke Taiwan pastinya akan mengingatkan tentang ragam jajanan lokalnya yang unik. Ragam yang tersedia sangatlah banyak dan rasanya bisa bikin ketagihan. Menemukan street food khas Taiwan pun tak sulit karena ada banyak spot yang bisa kamu datangi.

Berikut ini deretan jajanan lokal khas Taiwan yang bisa jadi rekomendasi seru saat liburan ke sana:

 

1. Bubble Milk Tea/Boba Tea

Bubble tea Taiwan dengan bola-bola tapioka
Jangan sampai deh Kamu berkunjung ke surga boba tanpa nyicipin original-nya!

Ke Taiwan tanpa mencicipi Pearl Milk Tea atau yang juga dikenal dengan Boba Tea ataupun Bubble Milk Tea pastinya kurang sempurna. Minuman yang belakangan ini populer di Indonesia ini memang berasal dari sebuah toko di kawasan Taichung, Taiwan. Menemukan penjual Boba Tea di Taiwan saat ini sangatlah mudah.

Minuman Pearl Milk Tea di Taiwan memiliki butiran boba yang lebih kecil dan lebih lembek sehingga tak terlalu bikin capek saat mengunyah. Pilihan variasinya pun sangat beragam loh! Salah satu yang paling difavoritkan adalah Brown Sugar Pearl Milk Tea yang bisa kamu temukan di banyak spot, termasuk Shilin Night Market.

 

2. Chicken Cutlet a la Shilin

Chicken Cutlet Taiwan
Suka ayam Shilin? Tentunya Kamu pasti suka jajanan ayam yang satu ini!

Jajanan kaki lima yang satu ini sudah banyak dijumpai di Indonesia. Namun, rasanya kurang lengkap bila jalan-jalan ke Taiwan tanpa mencicipi asal jajanan tersebut. ya, kamu wajib mencoba mencicipi Chicken Cutlet ala Shilin Night Market saat berkunjung ke Taiwan.

Chicken Cutlet ini merupakan potongan daging ayam bagian dada yang dibumbui dan digoreng hingga kering. Jajanan ini sangat pas bila dinikmati ketika musim dingin. Ini merupakan salah satu jajanan yang paling banyak dicari di Taiwan.

 

3. Tahu Busuk

Stinky Tofu
Yuk, cobain dulu stinky tofu khas Taiwan!

Jangan terkecoh dengan namanya yang terkesan menjijikkan. Tahu busuk atau stinky Tofu ini menajdi salah satu kuliner lokal yang cukup ikonik di Taiwan loh!

Cara mendeteksi keberadaan jajanan lokal yang satu ini pun sangat gampang. Bila kamu mencium aroma yang kurang enak semacam aroma tahu bernuansa fermentasi yang cukup menyengat, ini tandanya tak jauh dari lokais tersebut ada yang jual tahu busuk. Meskipun baunya cukup menyengat, nyatanya kalau dimakan tahu ini tak begitu terasa asam!

Stinky Tofu
Tahu fermentasi ini bisa kamu nikmatin dengan berbagai topping berbeda loh

Bentuk original tahu busuk adalah kotak-kotak yang ditaburi dengan acar sayuran serta sambal encer. Seiring berjalannya waktu, ada sjeumlah inovasi yang menghadirkan tahu busuk dalam bentuk semacam stik panjang lengkap dengan pilihan taburan sausnya mulai dari honey mustard, wasabi, saus keju, tartar, dan lainnya.

Kamu bisa menjumpai penjual jajanan yang satu ini hampir di seluruh penjuru Taiwan, terutama di night market Taiwan seperti Raohe Night Market, Shilin Night Market, Fengjia Night Market, ataupun lainnya. Harganya pun bervariasi kisaran antara 50-70 NTD.

 

Baca Juga: Jangan Khawatir, Inilah 18 Tempat Makan Halal dan Enak di Taiwan!

 

4. Pancake Daun Bawang

Pancake daun bawang
Jajanan ini pas banget deh kalau Kamu lapar tapi mau coba banyak snack

Pancake daun bawang atau yang populer dengan sebutan scallion pancakes ini cocok banget buat kamu yang suka makan daun bawang. Bagaimana tidak menarik, pancake ini memiliki isian penuh dengan irisan daun bawang. Bentuknya pun cukup unik seperti ular melingkar yang kemudian digoreng dengan sedikit minyak hingga kecoklatan.

Jajanan ini menggunakan kulit seperti kulit martabak namun digorengnya tidak sampai kering dan crispy. Kamu bisa menemukan jajanan kaki lima ini di kawasan Raohe Night Market, tepatnya di sebelah Songshan Ciyou Temple ataupun di kawasan Yong Kang Street.

 

5. Chicken Waffle Sandwich

Chicken Waffle Sandwich Taiwan
Enaknya ayam goreng mentega dijepit dengan roti waffle ini pasti bikin Kamu nagih | Source: kulinerhunter.com

Menikmati jajanan yang satu ini harus siap dengan kenikmatan di setiap gigitannya. Ayam goreng mentega dilapisi dengan lelehan keju lengkap dengan acar bawang, irisan daging, lalu diapit dengan wafel renyah pastinya akan membuatmu tak berhenti mengunyahnya. Kamu bisa datang ke Spot Taipei yang ada di Lane 233 no 58 Section 1, Dunhua South Road, Da’an District, Taipei untuk menikmati sandwich impian.

 

6. Susu Goreng

Susu goreng
Jalan-jalan di pasar malam Taiwan jadi lebih hangat ditemani dengan jajanan ini | Source: pinterest.com/iamireneyy/

Susu goreng?? Kamu mungkin cukup aneh saat menemukan ada yang menjual susu goreng. Bagaimana ceritanya susu bisa digoreng?

Susu goreng atau fried milk ini merupakan salah satu jajanan yang memang terbuat dari cairan susu yang dimungkinkan sudah dicampur dengan gelatin hingga mengental. Cara membuatnya adalah dengan memotong susu beku kemudian menyusunnya menjadi seperti sate lalu menggorengnya.

Kamu bisa mencicipi sensasi rasa yang menakjubkan dari susu goreng tersebut saat berkunjung ke Shilin Night Market, Taipei, Taiwan. Teksturnya yang cenderung garing bakal meleleh saat sudah berada di dalam mulut yang pasti bakal bikin ketagihan.

 

Baca Juga: Sudahkah Kamu Mengunjungi 16 Tempat Wisata Populer di Taiwan?

 

7. Tanghulu

Tanghulu
Perpaduan manisnya gula dan kesegaran buah gak ada tandingannya deh!

Jajanan yang satu ini sebenarnya sangat mudah untuk membuatnya. Meski demikian, tampilannya ternyata sangat menarik. Tanghulu atau candied fruits ini merupakan sajian buah-buahan segar yang ditusuk dengan tusuk sate kemudian dicelupkan dalam cairan gula. Cairan gula yang mengeras tersebut menghasilkan lapisan kaca yang mengkilat.

Ingin mencoba uniknya buah tusuk dengan lapisan gula bak kaca? Kamu bisa mencobanya dengan membeli seharga 50NTD per tusuk dengan isian 3 hingga 4 buah yang menyegarkan.

 

8. Es Serut Mangga

Mango Shaved Ice
Doyan yang manis-manis? Yuk, cobain dessert yang satu ini!

Ingin menu dessert? Kamu wajib coba es serut mangga yang pastinya bakal membuat harimu segar kembali untuk berkeliling kota Taipei. Es serut yang bertekstur lembut disiram dengan susu serta jus mangga lengkap dengan potongan buah mangga segar dan manis pastinya akan membuatmu tak rela bila tak menghabiskannya hingga tetes terakhir.

Taiwanese Dessert
Atau Kamu bisa cobain dessert dengan taro rice balls khas Taiwan ini

Topping dessert yang satu ini pun beragam. Kamu bisa memilih panna cotta atau sirup buah. Kamu bisa mampir ke Smoothie House di Yongkang Street no 15, Da’an District, Taipei untuk mendapatkan es serut mangga yang menyegarkan tersebut.

 

9. Ice-Cream Bo Luo Bao

Ice Cream Bo Luo Bao
Roti crispy dipadukan dengan lembut dan manisnya es krim? Jelas enak! | Source: instagram.com/p/BYNoEFegFz9/

Makan bo luo bao (roti melon atau roti nanas) bisa dibuat jadi lebih menarik lagi dengan berbagai filling es krim, seperti di Ice Cream Bo Luo Bao ini!

Bisa dikatakan ini salah satu jajanan yang unik namun lezat yang bisa kamu jumpai di Taiwan. Jajanan ini memadukan renyahnya roti bakar dengan es krim yang lembut serta buah-buahan segar. Beragam sajian menu es krim nan unik ini bisa kamu jumpai di Songshou Road no 22, Xinyi District, Taipei.

 

Baca Juga: Yuk, Kenali Taiwan Lewat 17 Wisata Historis yang Wajib Dikunjungi!

 

10. Mochi Panggang

Grilled Mochi
Kamu tim mochi panggang asin atau manis?

Mochi Panggang alias Grilled Mochi ini bisa kamu temukan saat jalan-jalan di daerah Ximending. Jajanan ini berupa mochi yang dibakar lalu disiram dengan topping pilihan bisa asin ataupun manis. Topping asin seperti thai spicy, saus BBQ, thai curry, dan japanese soy sauce, sedangkan yang manis pilihannya ada saus coklat, keju, susu kental manis, saus green tea, wijen hitam, dan kacang.

Bentuk mochinya seperti balok memanjang yang ditusuk menggunakan tusuk sate dan dibakar bolak-balik seperti saat membakar sate. Harganya 35 NTD di kawasan sekitar pasar malam Ximending.

 

11. Mee Sua Tiram

Mee sua tiram Taiwan
Jangan sampai Kamu ngelewatin hidangan unik ini ya!

Jajanan kaki lima yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu menu jajanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Taiwan. Ini merupakan menu hidangan bihun yang lembut dan dipadukan dengan topping potongan daging tiram serta kuah gurih. Bila kamu sudah menikmati seporsi hangat mee sua tiram, jangan kaget kalau Kamu bisa ketagihan!

 

12. Omelet Tiram

Omelet tiram Taiwan
Hayo, mana nih para pencinta tiram?

Jajanan yang satu ini disebut dengan nama oh ah jian oleh penduduk Taiwan. Jajanan kaki lima yang satu ini dibuat dari telur, potongan daging tiram, tepung kanji, tauge, sreta irisan daun bawang yang kemudian digoreng sebagaimana membuat omelet. Dalam penyajiannya, omelette tiram ini diberikan tambahan saus pedas manis sehingga makin kaya rasa.

Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual jajanan yang lezat ini di Taiwan. Salah satunya saat berkunjung ke Chiayi City.

 

Baca Juga: 4 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Taiwan!

 

13. Takoyaki super besar

Takoyaki super besar di Taiwan
Siap-siap makan kenyang ya dengan takoyaki yang satu ini | Source: pinterest.com/thetravelintern/

Takoyaki sepertinya menjadi salah satu jajanan klasik yang disukai semua orang. Tapi, kamu akan menemukan takoyaki istimewa saat berkunjung ke Taiwan. Ya, ada takoyaki super besar dengan ukuran sebesar kepalan tangan.

Takoyaki raksasa tersebut berisi dengan potongan udang, cumi, jagung, kerang, brokoli, kentang, serta dilengkapi dengan saus. Tenang saja, meski ukurannya super besar, rasanya tak cukup bila kamu hanya makan satu buah. Saat jalan-jalan ke Ruifeng Night Market, Yucheng Road, Zuoying District, Kaohsiung City maka kamu sebaiknya tak melewatkan untuk mencicipi takoyaki raksasa tersebut.

 

14. Bola-bola Talas

Taro balls
Sama-sama terbuat dari talas, bola talas ini berbeda ya dari taro sticky balls yang ada di desert Taiwan!

Bola-bola talas atau Liu Yu Zai Fried Taro Ball ini merupakan salah satau jajanan kaki lima yang bisa kamu jumpai di Ningxia Night Market yang berada di Datong District, Taipei, Taiwan. Berbeda dari taro rice balls yang umum digunakan di dessert-dessert Taiwan, bola-bola talas ini umumnya dijual dalam bentuk gorengan dengan isi yang bervariasi.

Bola-bola taro dengan isian telur asin
Bola-bola taro dengan isian telur asin

Pilihan yang banyak menjadi rekomendasi adalah bola-bola talas isi salted egg dengan harga kisaran 20NTD. Sedangkan bila kamu ingin mencoba yang original, harganya kisaran 15NTD.

 

15. Potato Cheese

Kentang keju khas Taiwan
Mana nih pencinta kentang keju? Jangan lewatin jajanan ini ya!

Jajanan kaki lima yang satu ini pasti bakal bikin jatuh cinta. Potato Cheese ini memadukan kentang tumbuk yang digoreng lalu diberi tambahan jagung, irisan telur rebus, daging panggang, serta sosis yang kemudian disiram dengan saus keju lumer hingga penuh. Jangan khawatir ini bakal bikin enek karena rasa gurihnya bakal bikin ketagihan.

Penasaran? Kamu bisa datang ke Ximending Night Market ataupun Shilin Night Market.

 

Baca Juga: Kalau Mampir ke Taiwan, Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Ini!

 

16. Lu Wei

Lu wei
Hmm, banyak banget ya pilihan yang bisa Kamu nikmatin

Bisa dikatakan jajanan yang satu ini khas Taiwan banget. Saat mengunjungi stand penjual lu wei, kamu akan menemukan berbagai daging, sayap ayam, cumi, ceker ayam, jeroan, bahkan darah babi beku dalam keranjang-keranjang penyajian.

Kamu bisa memilih sayur, telur, daging, jamur, ataupun lainnya yang kamu inginkan di stand tersebut kemudian penjual akan merebusnya dengan kaldu gurih berupa kuah hitam. Lalu, penjual akan menyajikannya dalam sebuah piring besar dan disajikan bersama saus. Kamu wajib banget mencoba jajanan yang satu ini saat jalan-jalan di sekitar Shilin, Raohe ataupun Huaxi Night Market, Taipei.

 

17. Gua Bao

Gua bao
Jangan lupa mencicipi jajanan yang lezat ini ya!

Salah satu jajanan yang cukup populer di Taiwan, Gua Bao merupakan sepotong daging rebus dibumbui ini diapit dengan roti kukus. Jajanan ini juga kerap disebut sebagai roti daun teratai karena berbentuk setengah lingkaran dan datar. Salah satu isian gua bao yang sangat populer adalah irisan daging perut babi masak merah lengkap dengan suan cai goreng, kacang tanah, dan ketumbar.

 

Wah, cukup banyak juga ya jajanan kaki lima yang menggugah selera mulai dari yang gurih, manis, hingga unik! Dari deretan jajanan kaki lima di atas, manakah yang paling menarik perhatianmu? Bagi traveler Muslim, pastikan untuk mengecek kehalalan makanan yang mau dicicipi ya.

Yuk, pesan tiket pesawatmu ke Taiwan di Airpaz.com sekarang dan dapatkan berbagai tawaran menarik!

 

tiket-pesawat-promo-hari-ini