Indonesia, Surga Wisata Khatulistiwa

Saat musim liburan tiba, banyak orang seringkali membuat rencana perjalanan ke luar negeri. Tapi, tahukah kamu sebenarnya wisata di Indonesia tak kalah keren dari tempat wisata di manca negara. Jalan-jalan ke luar negeri memang bukan hal yang salah untuk dilakukan karena keinginan masing-masing orang pastinya beragam. Namun, ketika apa yang ada di dalam negeri saja jauh lebih mempesona, untuk apa repot-repot pergi jauh dan menghabiskan budget banyak.

Wilayah Indonesia yang terbentang dari ujung barat hingga timur nyatanya menyajikan ragam pesona keindahan alam, budaya, tradisi, kuliner, dan hal-hal unik lainnya yang bisa dinikmati. Bisa dikatakan semua wilayah Indonesia adalah surga wisata baik wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, ataupun wisata kulinernya. Saat ini, berbagai pengembangan dan inovasi pun terus dilakukan terutama dari sektor persediaan akses transportasi serta fasilitas penunjang sehingga akan memudahkan bagi siapapun yang ingin berkunjung.

Bingung mau menikmati liburan kemana? Ayo, keliling dan menjelajah Indonesia, surga wisata khatulistiwa!

Semua Hal yang Wajib Kamu Tahu tentang Wisata Khatulistiwa

Banyak sekali keunikan yang tersaji di negara ini. Pesona alamnya yang menakjubkan mulai gunung, pantai, taman laut, air terjun, dan lainnya. Tradisi serta budaya dari masing-masing daerah yang begitu unik dan menarik. Menjelajahi ragam kuliner khas Indonesia pun nyatanya mampu memberikan pengalaman perjalanan tersendiri. Untuk menjelajahi nusantara pun kini bukan hal yang sulit lagi dilakukan karena sejumlah sarana transportasi pun mendapatkan pengembangan.

wisata khatulistiwa - indonesia-peta

Geografi Wisata Indonesia

Salah satu fakta unik yang mungkin tak akan dijumpai di negara lain terkait geografi Indonesia adalah posisinya yang berada di antara dua benua dan dua samudra. Posisi silang ini membuat Indonesia memiliki ragam suku dan budaya.

Tak heran bila sejumlah kawasan di Indonesia memiliki pengaruh budaya asing cukup kuat mulai dari bahasa daerah, agama, seni, hingga peradabannya. Bukan hal yang aneh lagi bila berkunjung ke Indonesia bagian timur akan terasa sangat berbeda dengan kunjungan ke Indonesia bagian barat. Meski masih dalam satu kawasan negara, nyatanya Indonesia memiliki banyak hal unik yang mungkin tak akan bisa dijumpai di negara lainnya.

Secara georgrafis, Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah yaitu Indonesia bagian timur, Indonesia bagian tengah, serta Indonesia bagian Barat. Masing-masing bagian tersebut memiliki keunikan dan keragaman yang layak untuk dieksplorasi baik dari alamnya, budayanya, serta sejumlah destinasi wisatanya.

Wisata Indonesia Timur

Indonesia bagian timur mungkin belum sepopuler kawasan wisata lainnya. Meski demikian, wilayah yang masuk Indonesia bagian timur antara lain Kepulauan Maluku serta Papua menawarkan keindahan yang tidak kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya.

Apalagi, belakangan ini akses transportasi menuju ke wilayah timur semakin dikembangkan untuk lebih memudahkan para pengunjung dalam menikmati beragam destinasi wisata yang ada di sana.

Tertarik untuk berlibur ke wilayah timur Indonesia? Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang paling terkenal dan terbaik yang bisa jadi jadi alternatif mengisi liburan.

Raja Ampat

Bisa dibilang Kepulauan Raja Ampat yang ada di Papua ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling mahal di Indonesia. Meski demikian, hal ini sangat sepadan dengan yang ditawarkan. Selain keindahan panorama alamnya, Raja Ampat memiliki banyak pantai serta taman laut yang menakjubkan.

Banda Neira

wisata-khatulistiwa-banda-neira

Destinasi wisata Banda Neira yang berada di Kepulauan Banda, Kabupaten Maluku tengah. Dulunya ini menjadi pusat perdagangan di jaman penjajahan Belanda. Tak heran bila di kawasan tersebut terdapat beberapa lokasi sisa reruntuhan seperti Belgica Fortress.

Bukan itu saja, di Banda Neira, kamu juga bisa mengunjungi beberapa pulai cantik seperti Rhon, Hatta, ataupun Nailaka yang berpasir putih. Bahkan, ketiga pulau tersebut juga dikenal memiliki spot snorkeling serta diving terbaik. Selain itu, kamu juga bisa menikmati pesona keindahan pulau dengan mendaki Gunung Banda.

Wisata Indonesia Tengah

Indonesia bagian tengah terdiri dari beberapa wilayah yaitu Bali, Sulawesi, serta Nusa Tenggara. Dari ketiga wilayah tersebut, Pulau Bali memang lebih dulu dikenal sebagai destinasi wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun demikian, sebenarnya ada banyak destinasi wisata lain yang ada di wilayah Indonesia bagian tengah yang bisa dijelajahi baik wisata alamnya, budayanya, ataupun kulinernya. Berikut beberapa rekomendasi destinasi wisata Indonesia tengah buat kamu yang ingin liburan:

Taman Nasional Komodo

Saat ini, akses untuk mengunjungi Nusa Tenggara Timur (NTT) sudah lebih terbuka. Sejumlah maskapai penerbangan siap melayani rute dari Jawa menuju ke NTT, khususnya Labuan Bajo.

Hal ini tentu akan semakin memudahkan para pengunjung yang ingin liburan ke Taman Nasional Komodo yang merupakan salah satu dari 7 situs warisan dunia versi UNESCO.

Taman Nasional ini bukan hanya menarik karena menjadi habitat komodo, tetapi juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa seperti pantai dan pemandangan bawah lautnya.

Pantai Gili Trawangan

Ini merupakan salah satu destinasi wisata yang sangat menarik di kawasan Nusa Tenggara Barat yang bisa dinikmati. Keindahan yang ditawarkan Gili Trawangan bukan hanya panorama alam serta pantainya yang mempesona melainkan juga pesona keindahan bawah lautnya yang masih begitu alami.

Beraneka terumbu karang serta ikan hias mampu memikat para peselam. Fasilitas di sana pun sudah sangat lengkap sehingga pengunjung akan menikmati liburan dengan seru dan menyenangkan.

pantai-gili-trawangan

Taman Laut Wakatobi

Taman Laut Wakatobi berada di kawasan Sulawesi Tenggara. Taman laut yang satu ini menawarkan pesona keindahan pemandangan biota laut serta koralnya yang berjumlah ratusan. Untuk mengunjungi taman laut Wakatobi, waktu terbaiknya adalah di bulan April hingga November.

Wisata Indonesia Barat

Wilayah Indonesia bagian barat merupakan wilayah yang sudah lebih terekspos dibandingkan lainnya. Meski demikian, masih banyak yang bingung harus kemana saat ingin liburan baik di kawasan Sumatera, Jawa, ataupun Kalimantan. Buat kamu yang berencana untuk liburan, ada beberapa destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat jalan-jalan ke wilayah barat Indonesia.

Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh adalah salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di ujung barat Indonesia. Museum ini menjadi pengingat terhadap bencana alam gempa bumi dan tsunami yang pernah melanda kawasan Serambi Mekkah di tahun 2004 silam. Museum yang ada di Jl. Sutan Iskandar Muda, Sukaramai, Baiturrahman ini terdiri dari empat lantai yang berisi dengan berbagai hal terkait peristiwa tersebut.

Kawah Putih Bandung

Ini merupakan salah satu kawasan wisata yang sangat terkenal di Bandung. Kawah Putih tersebut merupakan sebuah danau dari letusan Gunung Patuha. Tanah yang ada di sekitar danau kawah tersebut berwarna putih kehijauan karena bercampur dengan belerang.

kawah-putih-ciwidey

Gua Pindul Yogyakarta

Gua ini terdiri dari tiga zona yaotu zona terang, zona remang, dan zona gelap dengan panjang sekitar 350 meter. Wisatawan bisa melakukan arung jeram ataupun cavetubing.

Aliran air yang ada di gua ini tergolong cukup tenang sehingga cavetubing bisa dilakukan oleh pemula termasuk anak kecil. Salah satu keunikan gua ini adalah adanya sebuah ruangan besar dengan lubang di atasnya sehingga sinar matahari bisa masuk

Bukit Kelam Kalimantan Barat

Bukit ini diselimuti dengan beragam kisah misteri. Meski demikian, Bukit Kelam nyatanya menjadi salah satu ikon wisata kawasan Sintang, Kalimantan Barat.

Tak heran bila banyak pelancong yang tertarik untuk naik ke puncak bukit. Perjalanan pendakian akan terasa menyenangkan karena suguhan pemandangan hijau khas hutan Kalimantan yang di dalamnya ada sebagian tanaman langka. Selain itu, di kaki bukit juga terdapat air terjun yang indah ketika musim hujan.

Kota Wisata Populer

Indonesia memang kaya dengan ragam wisata budaya, alam, ataupun berbagai kulinernya yang bercita rasa tinggi. Mengelilingi berbagai daerah yang ada di Indonesia akan memberikan pengalaman seru dan menarik yang mungkin tak akan pernah terlupakan. Ada beberapa kota wisata populer yang bisa kamu jadikan pilihan saat ingin merencanakan liburan.

kota-jakarta

Jakarta

Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia tentunya memiliki daya tarik sendiri untuk dikunjungi. Meski kota ini terkenal sebagai kota macet di Indonesia, nyatanya banyak orang tertarik untuk menjelajahi beragam destinasi wisata yang ada di sana. Apalagi dengan akses transportasi yang beragam di ibukota, ini tentunya semakin memudahkan bagi para wisatawan untuk berkeliling ibukota menikmati beberapa destinasi wisata populer yang ada. Berikut ini adalah 7 tempat wisata populer yang ada di Jakarta mulai wisata alam, wisata sejarah, wisata kuliner, wisata keluarga, dan lainnya:

• Taman Impian Jaya Ancol
• Taman Mini Indonesia Indah
• Dunia Fantasi
• Kebun Binatang Ragunan
• Tugu Monas
• Kepulauan Seribu
• Kota Tua Jakarta

Menemukan kuliner khas dari suatu daerah tentu menjadi pengalaman seru tersendiri. Meskipun saat ini sudah semakin sulit untuk menemukan para penjual kuliner khas asli Jakarta, nyatanya kamu masih bisa menjumpai beberapa makanan khas ini di sejumlah tempat. Kamu bisa mencicipi soto Betawi, toge goreng, laksa Betawi, kue rangis, serta kerak telor saat main-main ke ibukota.

Bandung

Bandung merupakan salah satu kota yang cukup terkenal di Indonesia yang pastinya bukan tempat asing bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Jawa. menikmati wisata kuliner, wisata belanja, ataupun Sebagian orang merekomendasikan Bandung sebagai destinasi wisata paling menarik untuk wisata alamnya. Kota inipun seringkali menjadi salah satu tujuan wisata di akhir pekan bagi masyarakat ibukota. Mengunjungi kota Bandung mampu memberikan pengalaman menarik saat liburan. Berikut ini ada beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke kota Bandung:

bandung-indonesia

• Wisata seni dan budaya di Saung Angklung Udjo
• Wisata belanja di Pasar Baru serta sejumlah outlet di Jalan Dago ataupun Jalan Riau
• Wisata pedesaan di Banjaran Kampung Sawah
• Wisata alam di Tangkuban Perahu dan Kawah Putih
• Wisata sejarah dan arsitektur di Villa Isola, Gedung Merdeka, dan Gedung Sate

Setelah puas jalan-jalan berkeliling kota Bandung, kamu sebaiknya tak lupa untuk menikmati sejumlah kuliner khas dari kota ini. Ada beberapa spot kuliner yang direkomendasikan di kota Bandung seperti Kampung Daun ataupun The Valley. Meski demikian, kamu juga bisa berburu beberapa kuliner khas daerah ini di tempat lainnya yang bisa dengan mudah dijumpai.

Surabaya

Kota Surabaya yang berjuluk sebagai Kota Pahlawan ini mengalami perkembangan yang begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. heran wajah kota ini pun saat ini dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit hampir di sepanjang mata memandang. Meski demikian, kota terbesar kedua di Indonesia ini mampu meraih predikat sebagai kota terbersih di Indonesia sehingga membuat para pengunjung yang datang ke kota ini pun merasa semakin nyaman dengan suasana yang teratur dan cantik dari kota ini. Bagi yang ingin liburan ke Surabaya, kota ini memiliki sejumlah destinasi wisata menarik yang wajib dikunjungi, antara lain sebagai berikut:

• Atlantis Land Kenjeran
• Surabaya North Quay
• Ciputra Waterpark
• Monumen Kapal Selam
• House of Sampoerna
• Ekowisata Mangrove Wonorejo
• Klenteng Hong Tiek Hian
• Masjid Muhammad Cheng Ho

Meskipun kota ini telah berubah menjadi sebuah kota besar dengan berbagai bangunan megah di dalamnya, nyatanya kamu masih menjumpai berbagai kuliner khas yang begitu unik dan sayang untuk dilewatkan. Kebanyakan kuliner khas Surabaya menggunakan bumbu petis sebagai salah satu bahan dasarnya seperti rujak uleg, tahu telur, tahu petis, lontong kupang, lontong balap, dan lainnya. Meski demikian, kamu juga bisa menemukan beberapa kuliner yang tak kalah menarik seperti rawon ataupun sego sambel.

Denpasar

Kota Denpasar memang sangat terkenal sebagai kota wisata yang paling populer. Bagaimana tidak, Bali menjadi semakin maju dan besar, salah satunya berkat sektor pariwisatanya.

Tak heran bila ibukota provinsi Bali pun akhirnya bertransformasi menjadi pusat beragam kegiatan bisnis, termasuk dari sekitar wisatanya.

Meski kebanyakan obyek wisata terkenal di Bali berada di luar kota Denpasar, nyatanya ibukota provinsi ini juga memiliki beberapa wisata andalan yang bisa dijadikan referensi saat liburan ke Pulau Dewata.

bali-indonesia

• Museum Bali
• Pura Jagatnatha
• Lapangan Puputan
• Pantai Sanur
• Pantai Sindu
• Taman Werdhi Budaya Art Center
• Simpang Dewa Ruci
• Prasasti Blanjong
• Patung Titi Banda

Liburan ke Bali tanpa menikmati kuliner khas yang ada di sana tentu terasa kurang lengkap. Kuliner Bali terkenal kaya akan rempah. Berikut ini adalah beberapa kuliner khas Bali yang wajib kamu cicipi saat main ke Denpasar nanti seperti ayam betutu, sate lilit, lawar kuwir, nasi jinggo, serombotan, rujak kuah pindang dan bulung, tipat blayag, nasi campur ayam Bali, serta nasi tepeng.

Yogyakarta

Bila membicarakan wisata Yogyakarta rasanya tak akan pernah ada habisnya. Yogyakarta atau yang juga dikenal dengan sebutan Jogja ini merupakan salah satu kota yang memiliki banyak hal menarik terutama di sisi wisatanya.

Kota yang terkenal dengan adanya Jalan Malioboro tersebut memiliki sejumlah destinasi wisata yang tak hanya populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara yang bisa dieksplorasi, antara lain berikut ini:

yogjakarta

• Air terjun Luweng Sampang
• Taman Sari
• Goa Gomblang
• Gumuk Pasir Parangkusumo
• Pantai Timang

Selain beragam destinasi wisata yang asyik untuk dikunjungi, Jogja juga terkenal dengan beragam kulinernya yang begitu menggugah selera. Makanya jangan lewatkan untuk berburu ragam kuliner khasnya saat liburan ke Jogja, seperti gudeg, bakmi Jawa goreng, sego kucing, sate klathak, oseng-oseng mercon, kopi jos, jadah tempe, dan bakpia. Kawasan jalan Malioboro bisa jadi pilihan menarik untuk berburu beragam kuliner khas kota Gudeg tersebut.

Medan

Medan yang merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara ini menjadi salah satu kota yang berkembang dan cukup maju sehingga tak heran bila kota ini masuk ke dalam salah satu kota terbesar yang ada di Indonesia.

Selain itu, kota yang berjuluk sebagai kota multi etnis tersebut juga memiliki sejumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan. Bingung mau liburan ke mana saat jalan-jalan ke Medan? Berikut ini adalah sedikit panduan yang akan memudahkan kamu berkunjung ke sejumlah destinasi wisata populer di sana.

air-terjun-dua-warna

• Istana Maimun
• Tjong A Fie Mansion
• Masjid Raya Medan
• Rahmat International Wildlife Museum and Gallery
• Gedung London Sumatera
• Penangakaran Buaya Asam Kumbang
• Kesawan Square
• Air Terjun Dua Warna Sibolangit
• Wonders Water World

Menikmati liburan dengan jalan-jalan ke Medan pastinya tak akan lengkap sebelum mencicipi sejumlah kuliner khas yang unik di kota tersebut. Ada beberapa pilihan kuliner yang bisa kamu coba saat mengunjungi ibukota provinsi Sumatera Utara tersebut seperti lontong Medan, Mie Gomak, bika ambon, soto Medan, pancake Medan, teh susu telur, bakso lembu, dan lainnya.

Makassar

Saat liburan panjang sudah di depan mata, mengatur rencana untuk mengisi liburan tentu sangat menyenangkan. Salah satu pilihan kota untuk mengisi liburan yang cukup menarik adalah Makassar yang merupakan ibukota provinsi Sulawesi Selatan. Kota ini populer dengan Pantai Losarinya. Meski demikian, kota Makassar sebenarnya memiliki beragam destinasi wisata mulai pantai hingga wisata modern yang jangan sampai dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat liburan ke kota Makassar:

• Fort Rotterdam
• Trans Studio Makassar
• Taman Nasional Bantimurung
• Taman Laut Taka Bonerate
• Dataran tinggi Malino
• Pemandian air panas Lejja
• Jalan Somba Opu

Selain beberapa destinasi wisata yang menarik, kamu sebaiknya tak melewatkan untuk menikmati beberapa kuliner khasnya yang unik dan siap memanjakan lidah seperti coto Makassar, konro, pallubasa, pisang epe, es palu butung, sop saudara, pallumara, serta barongko.

Transportasi yang Tersedia di Indonesia

Indonesia sangat kaya dengan pariwisatanya yang membuat negara ini semakin dikenal dunia. Untuk menunjang kelancaran dan kenyamanan dalam mengeksplorasi sejumlah daerah yang ada di Indonesia, tentu dibutuhkan sarana transportasi yang memungkinkan untuk menggerakkan orang dari satu tempat ke tempat lainnya mulai dari perkotaan hingga ke sejumlah kawasan pedalaman.

Melihat pentingnya transportasi dalam perkembangan bidang pariwisata, sejumlah sarana transportasi pun terus mendapatkan pengembangan. Di Indonesia sendiri, ada tiga macam transportasi yang bisa digunakan para wisatawan saat berkunjung ke sejumlah wilayah untuk berwisata, antara lain:

Transportasi Udara

Ini mencakup penerbangan domestik ataupun internasional. Pengembangan yang dilakukan bukan hanya dari segi penambahan armadanya saja melainkan juga pembangunan bandar udara di sejumlah wilayah sehingga semakin membuka peluang bagi wisatawan baik lokal ataupun internasional untuk mengunjungi dan mengeksplorasi wisata di kawasan tersebut. Bahkan, saat ini, para calon penumpang pun bisa mendapatkan akses yang mudah untuk melakukan pemesanan tiket pesawat yang akan digunakan untuk bepergian karena tersedia secara online.

Transportasi Laut

Transportasi laut dalam kepariwisataan mencakup kapal laut, kapal feri, kapal boat, kapal pesiar, serta sejumlah alat transportasi laut sederhana seperti perahu cadik, perahu nelayan, dan lainnya. Transportasi laut menjadi alternatif untuk menjangkau sejumlah wilayah yang belum tersedia sarana transportasi udara. Selain itu, ini juga bisa menjadi alternatif yang lebih hemat biaya meskipun waktu yang dibutuhkan untuk perjalanan biasanya juga lebih lama dibandingkan saat menggunakan pesawat terbang.

Transportasi Darat

Jenis transportasi ini mencakup segala bentuk transportasi yang menggunakan jalan untuk mengangkut barang ataupun penumpang. Saat ini ada berbagai jenis transportasi darat yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kepariwisataan Indonesia seperti sepeda motor, mobil, bus, kereta api, taksi, angkutan kota, serta beberapa jenis alat transportasi khas yang bisa dijumpai di sejumlah daerah di Indonesia seperti becak, becak motor, dokar, cidomo, andong, dan lainnya.

Melihat potensi wisata yang ada di Indonesia begitu besar, perkembangan sarana transportasi di berbagai wilayah pun terus dilakukan baik dengan penambahan alat transportasinya ataupun infrastruktur pendukungnya. Dengan demikian, pengunjung akan mendapatkan lebih banyak kemudahan untuk mengakses beragam destinasi wisata yang ada di negeri ini baik wisatawan lokal ataupun internasional.

Liburan Nasional di Indonesia

Indonesia memiliki cukup banyak hari libur nasional. Dari beberapa hari libur tersebut, ada beberapa libur nasional di Indonesia yang bisa jadi waktu seru untuk menikmati liburan seperti Hari Raya Nyepi, Tahun Baru Hijriyah, HUT Kemerdekaan Indonesia, dan lainnya. ada beberapa kegiatan ataupun atraksi yang bisa dinikmati pada hari-hari libur tersebut.

Misalnya, libur nasional saat hari raya Nyepi. Meski banyak wisatawan menghindari liburan pada saat hari raya Nyepi karena jalan-jalan kosong serta beragam aktivitas dilarang dilakukan, nyatanya perayaan ini bisa tetap memiliki daya tarik tersendiri.

Ada beragam atraksi dan tradisi yang kental dengan budaya leluhur yang bisa dinikmati pada saat sebelum Nyepi berlangsung seperti rangkaian acara Melasti serta arakan ogoh-ogoh sebelum upacara Pecaruan. Selain itu, setelah acara Nyepi berlangsung masih ada tradisi unik yang bisa dinikmati para wisatawan yaitu Omed-omedan atau tradisi ciuman massal. Cukup menarik bukan?

Selain Nyepi, libur nasional di Indonesia yang juga cukup menarik adalah HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus. Jelang perayaan istimewa tersebut, sejumlah kegiatan berlangsung di berbagai wilayah di Indonesia mulai dari pawai budaya, perlombaan unik, ataupun ragam kegiatan lainnya untuk mengisi kegiatan Agustusan.

Bukan hanya itu saja, Tahun Baru Hijriyah juga menjadi salah satu libur nasional yang sangat menarik. Ada beberapa tradisi unik yang dilakukan di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Bila kamu ingin mengenal berbagai tradisi dan budaya yang ada di Indonesia, menjadikan moment salah satu libur nasional ini sebagai waktu untuk menikmati liburan bisa jadi pilihan yang sangat menarik.

Kamu bisa mengunjungi Yogyakarta untuk mengikuti tradisi Grebeg Suro. Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan kirab Kebo Bule di Keraton Surakarta. Kamu juga bisa menikmati tradisi upacara Tabot di Bengkulu ataupun tradisi Ledug Suro di Magetan. Beragam tradisi unik tersebut bisa jadi referensi untuk mengisi liburan kamu di Tahun Baru Hijriyah.

Jelajah Kuliner Indonesia

Saat membicarakan masalah wisata rasanya tidak akan lengkap tanpa membahas tentang kulinernya. Indonesia bukan hanya kaya akan ragam wisata budaya, wisata alam, ataupun wisata sejarahnya melainkan juga memiliki kekayaan di bidang kulinernya dari Aceh hingga Papua.

Melalui kuliner itu pula, Indonesia mampu menggambarkan budaya bangsa. Hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki kuliner khas yang begitu melegenda.

Kuliner yang dalam hal ini adalah makanan bukan hanya sekedar tentang rasa tetapi juga budaya yang ada di dalamnya. Dengan semakin meningkatnya pengembangan dan pengelolaan wisata kuliner yang ada di Indonesia, diharapkan juga bisa lebih mengenalkan bagaimana budaya dan tradisi bangsa ini ke dunia.

kuliner-indonesia

Ketika mengunjungi suatu daerah, hal yang menarik tentu bukan hanya wisata alam ataupun destinasi wisata lainnya. Kamu pastinya juga cukup penasaran ingin mencicipi kuliner khas yang ada di daerah tersebut. Meski sebenarnya sejumlah olahan makanan khas dari suatu daerah pun bisa saja kamu olah sendiri dengan resep-resep yang tersedia.

Hanya saja, ketika kamu mencicipi kuliner khas di daerah asalnya, ini mampu memberikan pengalaman tersendiri. Apalagi bila kamu menggali lebih dalam lagi tentang filosofi serta tradisi yang ada di balik sajian kuliner yang bisa dinikmati. Ini tentu akan semakin memperkaya wawasan dan kecintaan terhadap bangsa ini. Dengan menikmati ragam kuliner nusantara, ini secara tidak langsung akan mengajakmu untuk berkeliling dan mengenal Indonesia.

Dari sekian banyak kuliner atau makanan khas dari Indonesia, ada beberapa kuliner asli Indonesia yang berhasil mendunia seperti sate ayam, soto ayam, gado-gado, nasi goreng, tempe, rendang, ataupun sop buntut. Sajian kuliner apa yang paling unik yang pernah kamu cicipi?

Oleh-Oleh Indonesia

Rasanya sangat menyenangkan saat mendapatkan oleh-oleh dari teman ataupun saudara yang berkunjung ataupun pulang liburan. Bila kamu memiliki teman ataupun saudara yang tinggal di luar negeri, tak ada salahnya sekali waktu membawakan mereka oleh-oleh dari Indonesia. Sebagaimana yang diketahui Indonesia sangat kaya akan budaya dan kearifan lokalnya sehingga ragam kuliner, kerajinan, ataupun souvenir dari Indonesia pun cukup bervariasi yang bisa dijadikan buah tangan. Berencana untuk belanja oleh-oleh khas Indonesia? Berikut beberapa referensi yang bisa jadi pilihan.

Kain Tradisional

Indonesia memiliki sejumlah kain tradisional dengan motif dan jenis yang beragam. Pembuatannya pun bervariasi mulai dengan menggunakan tenun, alat cap, canting, ataupun lainnya. Inilah mengapa kain tradisional seperti batik, songket, tenun, ataupun jenis kain tradisional lainnya bisa jadi pilihan menarik sebagai oleh-oleh dari Indonesia.

batik-indonesia

Kerajinan Tangan

Berbagai kerajinan tangan yang dibuat dari berbagai bahan mulai kayu, bambu, hingga beberapa sampah daur ulang bisa jadi pilihan menarik untuk oleh-oleh yang diberikan kepada sahabat ataupun keluarga. Pilihan bentuk dan motif yang unik dan lucu tentunya akan sangat menarik.

Wayang

Wayang menjadi salah satu kebudayaan tertua dan asli Indonesia. Wayang juga memiliki nilai seni serta sejarah yang tinggi. Bentuk wayang sendiri ada beragam mulai wayang kulit, wayang golek, serta beberapa bentuk wayang lainnya. Kesenian wayang pun telah mendapatkan pengakuan UNESCO sehingga tak heran bila wayang pun kerap menjadi souvenir yang banyak diburu para wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Berbagai Aksesoris Nusantara

Indonesia memiliki sejumlah kerajinan aksesoris yang khas dan unik dari berbagai daerah seperti Jogja dengan kerajinan peraknya, Dayak dengan aksesoris manik-maniknya, tas noken dari Papua, ataupun lainnya. Peminat aksesoris nusantara tersebut tak hanya datang dari kalangan wanita melainkan juga para pria.

Camilan ataupun Makanan Ringan Khas Indonesia

Camilan atau makanan ringan dari Indonesia memiliki cita rasa yang bervariasi mulai manis, gurih, pedas, asin, hingga pedas. Pilihannya pun beragam mulai dodol, keripik, kacang-kacangan, kue kering, ataupun lainnya. cita rasa dan tekstur camilan dari Indonesia tak kalah nikmat dengan camilan dari mancanegara bahkan banyak yang menganggap camilan Indonesia memiliki rasa yang sulit untuk dilupakan.

Sambal Asli Indonesia

Sambal menjadi salah satu oleh-oleh dari Indonesia yang cukup menarik. Hampir di setiap daerah Indonesia memiliki aneka sambal dengan komposisi yang berbeda seperti sambal klotok, sambal bawang, sambal ikan teri, sambal matah, ataupun lainnya. Tingkat kepedasan yang ditawarkan pun sangat beragam.

Kopi

Sebagai salah satu negara penghasil kopi terbanyak di dunia, menjadikan kopi sebagai oleh-oleh tentu bisa jadi pilihan yang menarik. Jenis kopi yang ada di Indonesia pun sangat beragam mulai dari kopi luwak yang meruakan kopi termahal di dunia, kopi Toraja, kopi Jawa, kopi Wamena, kopi Aceh Gayo, dan lainnya yang masing-masing memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri.

Mie Instan

Mungkin di setiap negara bisa dijumpai mie instan. Namun, banyak yang menyebutkan bahwa mie instan asli dari Indonesia memiliki rasa gurih yang khas. Tak heran bila mie instan pun juga bisa jadi oleh-oleh untuk teman ataupun saudara yang tinggal di luar negeri.

Budaya Indonesia

Potensi wisata yang ada di Indonesia begitu luar biasa. Hal ini bila dikembangkan dengan baik maka bisa menjadi sumber pendapatan bernilai tinggi.

reog ponorogo 2

Destinasi wisata yang tersaji di negara ini bukan hanya dari sektor alam saja melainkan juga dari beragam budaya dan kearifan lokal yang ada di berbagai wilayah Indonesia.

Keragaman budaya ini menjadi keunikan tersendiri yang bisa mendorong daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung. Bila keindahan serta keanekaragaman budaya yang dimiliki bangsa ini mampu dikemas secara baik maka ini bisa menjadi destinasi wisata yang bernilai jual tinggi.

Indonesia yang terbentang dari Aceh hingga Papua nyatanya memiliki kekayaan budaya dan kearifan lokal yang mampu memikat para wisatawan untuk berkunjung. Saat inipun wisata budaya menjadi salah satu obyek wisata yang cukup potensial.

Para pengunjung bisa mengenal lebih dalam tentang suku, budaya, kearifan lokal, tradisi, dan hal-hal lain yang seringkali memiliki kesan unik tersendiri. Ada beberapa tempat wisata budaya Indonesia yang cukup populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun internasional.

• Candi Borobudur Jawa Tengah
• Tanah Lot Bali
• Istana Maimun Medan
• Festival Lembah Baliem Papua
• Tana Toraja Sulawesi Selatan

Dengan keunikan yang dimiliki masing-masing budaya yang ada di tiap daerah, hal ini membuat penjelajahan nusantara bisa menjadi sebuah perjalanan wisata yang kaya akan filosofi dan nilai.

Bukan hanya keindahan alamnya yang begitu luar biasa, Indonesia juga memiliki kekayaan adat istiadat serta kebudayaan yang begitu unik dan mempesona. Sejumlah festival budaya terselenggara sebagai salah satu bentuk pelestarian budaya itu sendiri supaya bisa lebih dikenal.

Bila kamu tertarik untuk mengenal Indonesia secara lebih mendalam, kamu bisa mengatur rencana perjalanan liburanmu untuk menjelajahi nusantara dan mengenal bagaimana kebudayaan, tradisi, adat istiadat, serta berbagai kearifan lokal yang ada di dalamnya.

Indonesia memang menjadi surganya wisata mulai wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, wisata modern, hingga wisata kulinernya begitu memiliki daya sarik tersendiri. Mulai Sabang hingga Merauke bisa dijumpai beragam obyek wisata yang begitu menakjubkan dan mempesona yang bisa menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Tiket-pesawat
Share with us