Ingin Ke Jepang? Berikut Cara Membuat Visa Untuk WNI

Jepang, siapa yang tidak kenal dengan salah satu negara di Benua Asia ini. Banyak orang yang tertarik untuk mengunjungi Jepang karena keberadaan sejumlah objek wisatanya yang unik dan menarik.

Mulai dari wisata alam, kulner, hiburan malam, hingga wisata belanja yang banyak digemari kaum hawa. Tertarik untuk mengunjungi Jepang dalam waktu dekat, namun belum memiliki Visa? Jika iya, berikut ini cara membuat visa ke Jepang yang dapat diikuti!

Cara Membuat Visa Ke Jepang

Visa pada dasarnya merupakan salah satu bentuk dokumen resmi bagi setiap orang yang ingin masuk (berkunjung) ke negara lain. Visa ini umumnya dapat berbentuk stiker  dan dapat pula berbentuk stempel pada paspor yang dimiliki. Lantas bagaimana cara memperoleh visa ini?

Sebenarnya membuat visa turis untuk ke Jepang bukanlah suatu hal sulit. Cukup dengan mempersiapkan dokumen persyatan, mengajukan visa ke lembaga terkait, dan menunggu hasil berupa visa itu sendiri. Mudah bukan? Agar lebih jelas, silahkan perhatikan dan pelajari beberapa hal berikut ini.

  1. Siapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Ada beberapa dokumen persyaratan yang harus dipersiapkan untuk membuat visa untuk turis ini. Di antarana adalah Paspor, Pas Photo 3×4, Fotokopi KTP dan KTM (jika seorang pelajar), salinan tiket pesawat, serta formulir permohonan pengajuan visa. Di samping beberapa dokumen ini, juga diperlukan dokumen lain berupa salinan KK, akta kelahiran, SK Pekerjaan, dan Bukti Keuangan. Hanya saja dokumen ini diperukan pada kondisi tertentu saja.

Baca juga: Langkah-Langkah Membuat Paspor Online

Cara membuat visa
  1. Ajukan Permohonan Ke JVAC

Apabila semua dokumen yang dibutuhkan telah tersedia, maka langkah membuat visa ke Jepang selanjutnya adalah mengajukan permohonan ke JVAC. Lembaga ini bergerak dalam urusan pembuatan visa wisata atau visa turis menuju Jepang. JVAC dapat Kamu temukan di beberapa daerah, seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar.

permohonan visa 1

Baca juga: Begini Cara Mudah Tunggu Antrian Buat Paspor Melalui WhatsApp

  1. Visa yang Dibutuhkan adalah Jenis Bebas Visa

Ketika mengajukan permohonan pembuatan visa ini, maka pastikan Kamu memilih jenis Bebas Visa. Visa satu ini adalah visa khusus yang diperuntukkan bagi wisawatan atau turis yang ingin berkunjung ke Jepang. Selain itu, juga dapat visa lainnya dengan keperluan yang berbeda, seperti Visa Dinas dan Visa Diplomatik.

  1. Tunggu Visa Keluar

Apabila ketiga hal di atas tadi sudah dilakukan dengan benar, maka selanjutnya Kamu hanya perlu menunggu hasil visa keluar. Setelah visa dikeluarkan oleh JVAC, maka segeralah ambil visa tersebut, agar Kamu dapat langsung mengeksekusi rencana mengunjungi Jepang bersama keluarga atau pun orang terdekat Kamu.

Bagaimana cukup sederhana bukan untuk membuat visa ke Jepang? Hal lain yang perlu diketahui seputar pembuatan visa turis ini adalah sebaiknya ketika mengajukan visa ke JVAC, Kamu membawa paspor dalam bentuk E-Paspor. Sebab pihak JVAC hanya menerima dan memproses warga negara yang memiliki E-Paspor. Jika belum memiliki paspor jenis ini, maka segeralah lakukan pembuatannya di instansi terkait.

Oleh karena dalam membuat visa turis ini dibutuhkan bukti dari pemesanan tiket pesawat, maka kamu bisa memesan tiket pesawat di Airpaz.  Dapatkan promo menarik untuk penerbangan ke Jepang. Happy traveling

tiket-pesawat-promo-hari-ini
Share with us