Ini Cara Mengurus Paspor Beda Domisili!

Paspor dibutuhkan ketika seseorang ingin bepergian ke luar negeri. Kini, cara membuatnya pun lebih muda. Pemohon bisa mendaftar melalui online termasuk bagi kamu yang ingin mengurus paspor beda domisili. Tentunya ketika kamu ingin mengurus paspor yang berbeda domisili maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama terkait dokumen-dokumen tambahan yang dibutuhkan dalam proses pengurusan paspor tersebut.

Perhatikan Dokumen Tambahan saat Mengurus Paspor Beda Domisili

Bila kebetulan kamu ingin mengurus paspor di kawasan yang berbeda dengan alamat KTP maka ada beberapa syarat dan dokumen yang perlu dipersiapkan, antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (e-KTP asli dan fotokopi)
  • Akta Kelahiran/buku nikah/surat baptis/ijazah terakhir (pilih salah satu, asli dan fotokopi)
  • Kartu Keluarga (asli dan fotokopi)
  • Surat Keterangan Domisili Sementara dari RT/RW
  • Surat Keterangan Kerja dari Kantor dan ID card Kantor
  • Fotokopi KTP penjamin
  • Fotokopi paspor penjamin

Lebih baik siapkan dokumen asli serta fotokopinya ketika datang ke kantor imigrasi. Untuk dokumen yang difotokopi, gunakan ukuran kertas A4 tanpa dipotong.

Tata Cara Mengurus Paspor Beda Domisili

Untuk mengurus paspor beda domisili, ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan. Berikuti ini adalah tata cara mengurus paspor beda domisili beserta tips yang bisa memudahkanmu dalam proses pengurusan.

1. Waktu Terbaik untuk Mengurus Paspor

Paspor - Waktu Terbaik untuk Mengurus Paspor

Kamu mungkin tergoda dengan berbagai promo tiket pesawat yang saat ini semakin banyak tersedia secara online. Bila kamu tertarik untuk merencanakan perjalanan ke luar negeri maka perhatikan tanggal keberangkatanmu. Ini akan lebih memudahkanmu dalam proses pendaftaran paspor yang akan kamu gunakan. Proses pengurusan paspor setidaknya dilakukan 6 bulan sebelum keberangkatan guna menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan, terutama bagi kamu yang belum pernah membuat paspor. Perlu diketahui bahwa ketersediaan kuota antrean di masing-masing kantor imigrasi bisa tidak terduga yang mana bisa habis sewaktu-waktu saat banyak yang ingin membuat ataupun mengganti paspor.

Baca juga: Langkah-Langkah Membuat Paspor Online

2. Cara Mendaftar Antrean Kuota Paspor secara Online

Paspor - Paspor secara Online

Untuk mendapatkan kuota antrean paspor, kamu bisa melakukannya secara online. Ada 3 cara untuk bisa mendaftar antrean kuota paspor secara online. Pertama, kamu mendaftar antrean paspor melalui aplikasi Antrian Paspor Online yang bisa dengan mudah kamu unduh di Google PlayStore. Kedua, kamu bisa mendaftar antrean melalui WhatsApp di nomor kantor cabang imigrasi. Ketiga, kamu bisa mendaftar melalui website antrian.imigrasi.go.id.

3. Perhatikan Kuota Antrean Paspor Setiap Hari

Paspor - Kuota Antrean Paspor

Ketersediaan kuota antrean paspor di setiap kantor imigrasi tidaklah sama. Kebanyakan masing-masing kantor hanya menerima 200 antrean setiap harinya. Kamu bisa mengecek ketersediaan kuota antrean secara online pada akhir pekan mulai hari Jumat, Sabtu, dan Minggu.

4. Datang Tepat Waktu di Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal

Paspor - Datang Tepat Waktu di Kantor Imigrasi Sesuai Jadwal

Bila kamu sudah mendapatkan nomor antrean maka kamu sebaiknya hadir di Kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Setidaknya kamu datang 60 menit sebelumnya dengan membawa berbagai syarat dan dokumen yang ditentukan. Kedatangan yang terlambat akan membuat nomor antreanmu jadi hangus dan kamu baru bisa mendaftar ulang untuk mengantri mengurus paspor 30 hari kemudian.

Setelah sampai di Kantor Imigrasi maka kamu bisa menunjukkan barcode nomor antrian paspor online kepada petugas guna mendapatkan bukti cetak nomor urut panggilan. Selanjutnya, isi formulir permohonan paspor dan pastikan untuk mengisinya dengan data yang sesuai dengan informasi yang tercantum pada dokumen resmi. Kamu hanya perlu menunggu nomor antreanmu dipanggil.

Bila sudah tiba giliran nomor antreanmu dipanggil maka kamu akan menjalani proses selanjutnya seperti wawancara, pengambilan sidik jari, serta foto. Wawancara tersebut dilakukan untuk mendapatkan verifikasi dokumen asli dengan keterangan yang dituliskan oleh pemohon pada formulir pembuatan paspor.

Proses selanjutnya adalah melakukan pembayaran yang bisa dilakukan secara langsung melalui teller bank ataupun melalui ATM. Proses pembuatan paspor tersebut biasanya bisa selesai selama 3 hingga 5 hari kerja setelah dilakukan pembayaran. Namun, kamu perlu ingat bahwa hari Sabtu dan Minggu tidak terhitung hari kerja.

Baca juga: Ketahui Alasan Permohonan Pembuatan Paspormu Ditolak

Wah, ternyata cukup mudah juga untuk mengurus pembuatan paspor yang beda domisili. Jadi kamu tetap nyaman untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Inilah mengapa kamu bisa memesan tiket pesawat untuk menemani perjalananmu melalui Airpaz. Ada sejumlah maskapai penerbangan yang bisa jadi pilihan seperti Singapore Airlines, Cathay Pacific, Air Asia, Garuda Airlines, dan lainnya.

tiket-pesawat-promo-hari-ini
Share with us