Negara Malaysia, Negeri Jiran yang Mempesona Pilihan Terbaik untuk Liburan

Saat ini, trend perjalanan ke luar negeri sedang happening karena memang biayanya yang semakin terjangkau dan banyak promo menarik yang bisa di dapatkan. Salah satu negara yang cukup dekat dan famous untuk dikunjungi saat liburan tiba adalah Malaysia.

Tenang aja, kamu tidak perlu khawatir liburan ke Negara Malaysia akan menghabiskan banyak uang. Kalau kamu bisa memilih tempat wisata yang terjangkau maka uang sedikit pun bisa cukup untuk bersenang-senang disana. Liburan bisa dengan gaya backpacker atau dengan high class dan semuanya bisa kamu pilih.

Semua Tentang Negara Malaysia

Ada hal yang harus kamu ketahui tentang Negara Malaysia yang mungkin selama ini belum kamu dengar. Selain dengan system pemerintahan federal, Malaysia juga memiliki iklim dengan type tropis dan berada dekat dengan garis Khatulistiwa.

Malaysia dipimpin oleh seorang Sultan yang dipilih setiap 5 tahun sekali yang biasanya bergelar Sri Paduka Baginda dan untuk kepala pemerintahannya adalah seorang Perdana Menteri.

Untuk populasi yang paling besar yang ada di negara Malaysia adalah bangsa Melayu. Berkunjung ke Negara Malaysia bukanlah hal yang sulit karena dimana saja kamu berada maka kamu bisa kesana dengan menggunakan berbagai pilihan transportasi seperti pesawat terbang.

Geografi Negara Malaysia

Tahukah kamu bahwa penduduk yang ada di Malaysia jumlahnya merupakan terbesar di posisi ke 43. Dan Malaysia juga menjadi negara dengan ukuran luas yang ada di posisi ke 66 di seluruh dunia. Negara Malaysia sendiri memang terpisahkan oleh Laut Tiongkok Selatan dan kedua bagian tersebut terdiri dari hutan yang lebat, pinggir lautan yang landai dan juga bukit tinggi.

Gunung Kinabalu adalah puncak paling tinggi yang ada di Malaysia dan terletak di Sabah. Kemudian untuk tanjung yang terletak di posisi paling selatan di benua Asia adalah Tanjung Piai yang ada di Johor dan untuk selat nya adalah Selat Malaka yang merupakan jalur khusus pelayaran yang paling penting yang ada di dunia dan berada diantara Semenanjung Malaysia dan Sumatera.

Ibukota Negara Malaysia

Ibukota Negara Malaysia adalah Kuala Lumpur sekaligus menjadi kota yang paling besar di Malaysia. Kuala Lumpur dianggap sebagai ibukota legislatif negara Malaysia mengingat di Kuala Lumpur lah semua gedung Parlemen Malaysia berada dan juga menjadi pusat keuangan dan perdagangan negara Malaysia itu sendiri. Sedangkan Putrajaya dianggap sebagai ibukota khusus administrative Negara Malaysia dan sudah banyak bagian eksekutif dan juga yudikatif Malaysia.

Kota – Kota di Negara Malaysia

Banyak yang belum tahu jika Negara Malaysia ternyata memiliki beberapa kota besar yang cukup dikenal di dunia.  Masing-masing kota memiliki keindahan dan pesonanya sendiri-sendiri seperti makanan khasnya yang unik, jajanan yang tidak ada di tempat lain, alat transportasi yang juga hanya bisa kamu temui disana dan sebagainya.

suria-klcc

Kuala Lumpur

Kuala Lumpur adalah ibukota negara Malaysia dan sekaligus menjadi kota paling besar disana. Kuala Lumpur dikenal sebagai kota yang sangat metropolitan dengan jumlah penduduk sekitar 5,7 juta orang. Dalam berbagai hal, pertumbuhan Kuala Lumpur sangatlah pesat.

Yang suka belanja maka wajib ke Kuala Lumpur karena ini adalah kota yang menjadi pusat fashion di negara Malaysia. Selain itu banyak pusat perbelanjaan ternama sehingga kamu bisa shopping sesuka hati di berbagai merchant favorite. Tujuan belanja utama di Kuala Lumpur adalah Suria KLCC yang ada di Menara Kembar Petronas.

Kamu juga bisa belanja berbagai kerajinan tangan disana yang dikenal dengan nama Jalan Petaling. Jangan lupa abadikan moment indah di bawah menara Petronas saat malam hari, suasananya sangat cantik sekali.

Yang suka jalan-jalan ke taman, di Kuala Lumpur ada taman cantik yang bernama Taman Tasik Perdana. Jangan sampai kamu melewatkan pemandangan unik dan indah di taman itu. Kalau kamu mau keliling Kuala Lumpur bisa menggunakan bus, taksi dan beberapa jenis kereta api.

Johor Baru

Kota terbesar nomer dua yang ada di Negara Malaysia adalah Johor Baru. Ekonomi di kota ini banyak sedikit terpengaruh oleh negara Singapura karena banyak dari mereka yang datang kesana. Sultanah Aminah adalah rumah sakit di Johor Baru yang terbesar.

Johor Baru menjadi kota dengan layanan terpusat untuk keuangan, retail dan komersial, kesehatan, listrik dan lainnya. Untuk transportasi di Johor Baru, kamu bisa menggunakan bus, taksi atau juga Kereta Tanah Melayu.

Selain itu kamu juga bisa berwisata ke Museum Kerajaan Abu Bakar untuk melihat kebudayaan-kebudayaan asli yang mungkin belum pernah kamu tahu sebelumnya. Kamu juga bisa wisata ke Istana Besar yang adalah bangunan dengan gaya klasik khas Victoria yang dilengkapi dengan taman.

Tempat lainnya adalah bangunan-bangunan tua yang masih klasik. Kamu juga bisa belanja di Pusat Kerajinan Tangan Organisasi Rehabilitasi Kawasan Johor yang menyediakan berbagai barang dari bahan rotan yang dibuat oleh mereka yang mengalami keterbatasan fisik.

Baca juga: 8 Jenis Oleh-Oleh Langkawi Ini Wajib Kamu Bawa Pulang!

Kota Melaka

Kota Melaka merupakan hasil dari adanya reklamasi dan dulunya merupakan ibukota dari Kasultanan Malaka. Jangan lupa saat mampir ke Kota Melaka, kunjungi destinasi wisata yang menarik disana. Kamu bisa sampai ke Kota Melaka dengan menggunakan bus dari Kuala Lumpur selama 2 jam. Ini adalah kota yang kaya akan nilai sejarah dibaliknya. Tempat terbaik yang wajib kamu datangi saat ke kota ini adalah:

shutterstock_334170932

Chirst Church Melaka berada persis di sebelah Stadthuys yang saat ini sudah beralih fungsi menjadi Gereja Anglikan. Kamu bisa masuk ke dalamnya gratis  dan bisa melihat banyak batu nisan dalam berbagai bahasa.

Stadthuys yang berciri merah pada warna bangunannya. Ini adalah bangunan di masa Belanda yang bisa kamu kelilingi dengan berjalan kaki sambil melihat spot terbaik untuk berfoto.

A Famosa yang adalah benteng warisan Portugis yang sudah berdiri sejak tahun 1511 lalu. Benteng ini memang tidak utuh lagi namun untuk spot foto sangat instagramable.

shutterstock_171902942

Kuching

Kuching adalah ibu kota Serawak. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Kuching dan menjadikannya sebagai destinasi untuk aneka macam panganan. Beberapa tempat wisata yang recommended disini adalah Taman Nasional Bako, Taman Nasional Lahan Basah Kuching, Museum Kucing, Pusat Satwa Liar Semenggoh dan lainnya.

Di Malaysia Timur ini adalah pusat komersial dan juga pusat industri. Bagi masyarakat Melayu Serawak, kota ini adalah pusat bisnis mereka. Untuk transportasi di kota ini biasanya masyarakat menggunakan taksi kuning dan merah serta ada juga taksi eksekutif yang dicat dengan warna biru.

Kebudayaan

Malaysia adalah negara dengan kebudayaan yang kaya. Di Negara Malaysia ada banyak sekali suku yang tinggal dan keberagaman itu nampak dengan jelas dan sangat majemuk sekali. Di Malaysia kamu bisa menemukan banyak orang bicara dengan berbagai macam bahasa, hidup dengan berbagai macam kebudayaan dan tinggal diantara berbagai macam suku yang berbeda. Selain itu, Negara Malaysia juga memiliki banyak festival dan perayaan adat yang unik. Beberapa diantaranya seperti 11th Sabah Women Art Exhibition dan Sabah Museum Day. Disamping itu ada juga:

Caritra Langkasuka Exhibition

Banyak yang senang mengunjungi Terengganu dan kebanyakan wisatawan terpesona dengan pulau yang sangat indah. Nah, di Negara Malaysia ada event Caritra Langkasuka Exhibition dan kamu bisa melihat betapa megah kerajaan yang dulunya pernah menguasai Malaysia ini.

Di lokasi pameran, kamu bisa melihat berbagai artefak, cerita, tradisi dan kebudayaan di masa itu. Dengan biaya masuk yang sangat terjangkau maka kamu bisa menikmati beberapa kegiatan menarik di event tersebut. Kamu bisa belajar mengenai 29 buah rumah tradisional Terengganu yang sangat unik dan masih kental akan budaya warisan kerajaan kuno.

Kamu juga bisa melihat langsung artefak berupa guci, gelas dan juga ukiran yang terbuat dari kayu yang sangat mewah dan detail. Yang suka batik, kamu juga bisa membeli langsung batik dari pengrajinnya. Kalau kamu mau, kamu bisa mencicipi aneka makanan tradisional langsung di Tanjung Restaurant. Tentu saja kamu harus membayar untuk makanan yang kamu makan nantinya.

Pesta Damas

Kemudian, festival yang kedua yang diadakan di Malaysia bernama Pesta Damas. Kamu bisa belajar banyak hal mengenai berbagai keunikan dari etnis-etnis yang ada di Malaysia. Ini adalah salah satu cara untuk melestarikan kebudayaan masyarakat yang tinggal di sekitar Sungai Sabah.

Tempatnya sendiri berbeda-beda seperti di Dewan Daerah Pitas, Dewan Daerah Beluran, Dataran Tamu Pekan Sukau, Dewan Daerah Lahad Datu dan juga di Dewan Daerah Bukit Garam. Festival tersebut berlangsung dari tanggal 14 July 2018 hingga tanggal 23 September 2018 mendatang.

Objek Wisata di Negara Malaysia

Di Malaysia ada banyak sekali objek wisata yang akan membuat kamu terpukau. Negara Malaysia memiliki berbagai pilihan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kamu yang penat bekerja atau ingin mengajak keluarga liburan bisa ke Negara Malaysia untuk refreshing. Pilihannya? tentu saja semua menarik seperti berikut ini:

Gunung

Gunung adalah salah satu objek wisata yang menyejukkan. Pemandangan hamparan hijau pepohonan dengan udara yang sangat sejuk membuat kamu bisa menghirup udara bersih sebanyak-banyaknya. Negara Malaysia memiliki 7 buah gunung yang tersebar di beberapa wilayah. Masing-masing gunung memiliki keindahan dan keunggulan yang berbeda antara satu dan lainnya.

  • Gunung Jerai

Gunung Jerai terletak di antara daerah Yan dan juga Kuala Muda. Ketinggian gunung tersebut sekitar 1.217 meter. Uniknya, diatas puncak Gunung Jerai ini ada sebuah batu yang terlihat berbentuk seperti kapal. Itulah kenapa kemudian warga local disana mengenalnya sebagai batu kapal . Ternyata ada sebuah cerita dibaliknya yang konon itu adalah sebuah kapal milik dari Maharaja Merong Mahawangsa yang sudah mengucap sumpah ketika dia melabuhkan kapalnya di gunung tersebut.

  • Gunung Ledang
gunung-ledang

Gunung Ledang berada di Distrik Tangkak di Johor. Gunung ini berada dekat dengan kota Asahan yang merupakan kota kecil di Malaysia. Ketinggian gunung tersebut sekitar 1.271 meter dan menjadi gunung yang cukup tinggi yang ada di kawasan Semenanjung Malaysia.

Kalau kamu senang naik gunung dan berada di puncaknya saat hari sedang cerah maka kamu akan bisa melihat langsung Indonesia, Selat Malaka dan juga pulau Sumatera dengan sangat jelas. Ada satu legenda yang berkaitan dengan gunung ini yaitu cerita mengenai Puteri Gunung Ledang. Untuk hutan di kawasan ini memiliki banyak sekali jenis tanaman yang termasuk tanaman langka yang tidak akan bisa ditemui di kawasan lain di dunia.

  • Gunung Tahan

Berikutnya adalah Gunung Tahan yang memiliki ketinggian sekitar 2187 meter dan menjadi gunung paling tinggi yang ada di Semenanjung Malaysia. Posisinya berada di Taman Negara di negeri Pahang. Namun walaupun menjadi gunung tertinggi posisinya masih lebih rendah jika dibandingkan dengan Gunung Kinabalu yang menjadi gunung paling tinggi yang berada di Borneo dan juga Malaysia. Untuk sampai ke puncak gunung, kamu bisa mendaki melalui banyak jalur dan Anda harus kuat berjalan sejauh 65 km dari Kuala Tahan untuk sampai ke puncak gunung. Jauh sekali bukan? Jika kamu berencana mendaki gunung ini maka pastikan memiliki kondisi kesehatan yang maksimal. Waktu daki yang tercepat adalah selama 9 hari dan kamu akan melewati hutan belantara yang lebat.

Pantai

Destinasi wisata selanjutnya yang juga banyak disukai para pelancong yang berkunjung ke Malaysia adalah pantai. Malaysia juga punya banyak pantai indah yang sampai saat ini terjaga kebersihannya. Ada pantai yang memang banyak tersedia resort dan penginapan berkelas namun ada juga pantai yang masih alamiah. Kamu bisa menentukan yang paling sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa pilihan pantai yang recommended untuk kamu kunjungi selama liburan di Malaysia:

  • Teluk Danga

Teluk Danga di Malaysia juga dikenal dengan nama lain Danga Bay yang juga menjadi pusat hiburan paling besar di Johor Malaysia. Untuk bisa sampai ke Danga Bay maka kamu bisa menggunakan segala jenis transportasi umum yang tersedia. Teluk ini berukuran sekitar 25 km dan langsung menghadap ke Selat Johor.

  • Pantai Cahaya Bulan

Ini adalah pantai yang cukup dikenal di negeri Jiran. Jaraknya sekitar 10 km saja jika dituju dari Kota Bharu. Pantai ini memiliki cerita sejarah dibaliknya yaitu sebagai tempat tentara Jepang di tahun 1941 untuk menyerang Inggris dan juga diberi nama sebagai Pantai Cinta Berahi di saat PD II lalu karena merasa patah hati akibat cinta yang bertepuk sebelah tangan. Beberapa orang masih menyebutnya dengan Pantai Cinta Berahi namun mayoritas sudah mengenal pantai ini sebagai Pantai Cahaya Bulan. Kawasan pantai ini sangat luas dan juga lebar dengan pasir yang bersih dan air laut yang sangat jernih. Kamu bisa menikmati sejuknya angin pantai dibawah pohon kelapa. Tidak heran jika banyak keluarga memilih pantai ini sebagai tempat liburan dan menghabiskan waktu luang mereka.

  • Batu Ferringghi

Untuk yang ingin liburan ala resort ke Malaysia maka wajib berkunjung ke Batu Ferringghi. Lokasinya berada di Penang Malaysia sekitar 11 km saja dari pusat kota. Pantai ini sangat bersih dan romantis. Ada banyak kapal kecil yang bisa digunakan untuk menikmati keindahannya. Kamu bisa berkunjung ke pantai ini dengan menggunakan transportasi umum seperti bus dan lainnya. Di tempat ini ada night market yang menjual berbagai pernak pernik atau souvenir seperti artwork, jerseys, dan lainnya. Jangan lupa cicipi hidangan khas laut yang menggoda dan segar. Liburan di Batu Ferringghi adalah liburan yang paling mengesankan. Berbagai type resort tersedia untuk kamu.

Air Terjun

Siapa yang suka berpetualang? Ternyata Malaysia juga punya beberapa sungai yang bisa kamu jadikan destinasi wisata. Namun tentu saja ada aturan yang harus kamu ikuti sehingga bermain di sungai justru tidak membahayakan diri sendiri. Selain sungai, Malaysia juga punya beberapa air terjun yang sangat indah. Bahkan ada diantaranya yang menjadi air terjun paling tinggi se Asia Tenggara. Fantastis sekali bukan? Berikut review nya.

  • Air Terjun Kota Tinggi
kota-tinggi-waterfall

Air terjun Kota Tinggi ini tepatnya terletak di kaki Gunung Muntahak dan sangat cantik karena bentuknya yang bertingkat dengan tinggi sekitar 34 meter jika diukur dari gunung. Yang selama ini merindukan udara segar, pemandangan alam yang hijau maka ini adalah destinasi yang terbaik. Kamu akan bebas dari polusi dan kesibukan kota besar yang sudah menyita hidup kamu selama ini.

Airnya sangat dingin dan segar dan sangat recommended jika kamu ingin berenang dan bermain air disana. Bagi para pecinta alam maka air terjun Kota Tinggi ini juga menyediakan spot yang sempurna dengan banyak burung liar yang bisa kamu temui di sepanjang perjalanan kamu.

Untuk yang ingin menginap bisa memesan kamar di Kota Tinggi Resort. Untuk bisa sampai ke air terjun ini maka kamu bisa berangkat dengan menggunakan bus dari Terminal Larkin Johor Bahru untuk menuju Terminal Bus Kota Tinggi. Kamu juga bisa pergi menggunakan kendaraan pribadi. Posisi air terjun ini tepat di 15 km Utara Kota Tinggi.

  • Air Terjun Telaga Tujuh

Kenapa diberi nama Telaga Tujuh? Ternyata di air terjun ini ada 7 buah mata air yang semuanya mengalir ke tujuh buah telaga. Dan nantinya curahan air terjun tersebut membentuk aliran sungai berukuran kecil yang akan mengalir ke telaga-telaga lainnya. Air terjun ini berada di tebing Gunung Mat Chinchang yang terus mengalir menuju Teluk Burau.

Kamu bisa naik hingga ke atas air terjun dengan melalui 900 anak tangga yang cukup curam sehingga harus berhati-hati. Waktu tempuh yang kamu butuhkan untuk bisa sampai ke puncak kira-kira sekitar 45 menit hingga 1 jam.

Tinggi air terjun ini sekitar 90 meter. Salah satu mitos yang berkembang di air terjun Telaga Tujuh ini adalah airnya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit dan lainnya. Kemudian kamu juga bisa mandi berendam untuk relaksasi di air terjun tersebut. Untuk bisa sampai ke air terjun ini semua transportasi umum sudah tersedia. Kamu bisa menggunakan taksi, kereta atau yang lainnya.

Pulau

Yang ingin menjelajah pulau-pulau di Malaysia juga bisa jadi pengalaman liburan yang unik dan berbeda. Malaysia ternyata memiliki banyak pulau-pulau yang keindahannya tiada tara. Kamu bisa mengunjungi satu per satu atau memilih beberapa untuk kamu datangi. Nikmati waktu luang di Malaysia dengan berbagai cara yang berbeda. Beberapa pulau yang ada di Malaysia bahkan sudah dikenal hingga ke penjuru dunia karena pemandangan yang luar biasa berbeda.

  • Pulau Tioman

Ini adalah pulau kecil yang terletak di Pahang. Jaraknya sendiri kira-kira sekitar 32 km lepas pantai bagian Timur Malaysia. Ada 8 desa utama di dalam pulau ini. Jika kamu datang kesini maka akan menjumpai banyak sekali hutan yang sangat lebat dan semuanya akan dikelilingi oleh terumbu karang. Itulah kenapa banyak yang senang melakukan scuba diving karena spot yang sangat indah disana. Jika ingin liburan panjang disini maka kamu bisa menginap di villa atau resort yang ada. Kamu bisa sampai ke tempat ini dengan naik kapal Feri dari Mersing.

  • Pulau Kapas

Tepatnya sekitar 6 km dari lepas pantai Marang ada sebuah pulau yang bernama Pulau Kapas. Pulau ini memiliki air yang sangat bening dan jernih dengan pantai yang berpasir putih dan banyak pepohonan kelapa yang merindangi pinggir pantai. Kamu bisa sampai ke Pulau Kapas dengan naik perahu selama 30 menit saja atau cukup 10 menit saja jika naik kapal cepat. Kamu bisa berangkat dari dermaga Marang. Pulau ini sangat tenang dan bebas keramaian perkotaan. Cocok untuk menenangkan diri, melepaskan stress dan penat yang mengganggu.

  • Pulau Langkawi
langkawi

Pulau Langkawi Malaysia adalah salah satu pulau yang dikenal hingga seluruh penjuru dunia. Untuk bisa sampai ke Pulau Langkawi maka ada beberapa cara yang bisa kamu pilih. Kamu bisa terbang dengan pesawat dari Kuala Lumpur atau dengan naik bus dari Kuala Lumpur pula. Dan nanti kamu harus naik ferry untuk menyeberang sampai ke Pulau Langkawi. Yang memukau adalah pantai di sini bebas dari sampah. Pasirnya berwarna putih berkilauan dan sangat indah. Kenapa Pulau Langkawi dikenal? Pinggir pantainya sangat panjang dan kamu tidak perlu membayar biaya apapun untuk bisa masuk ke areal pantai.

Wisata Religi di Negara Malaysia

Tidak hanya wisata alam saja, di Malaysia kamu juga bisa berwisata religi. Untuk wisata religi kamu bisa mengunjungi beberapa tempat ibadah seperti berikut ini:

tuanku_mizan_zainal_abidin_mosque
  • Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin ( Masjid Besi )

Masjid ini berada di Putrajaya dan dibuat dengan sangat megah dan juga modern. Warna bangunanya menyerupai perak yang berkapasitas sekitar 24.000 jamaah. Konsep masjid ini adalah masjid yang ramah akan lingkungan sehingga tidak menggunakan kipas angin dan AC untuk udara nya. Untuk membuat udara tetap sejuk yang digunakan adalah pendingin dari gas. Yang membuat masjid ini unik adalah banyaknya ukiran kaligrafri Asmaul Husna dan juga ada ayat Al Quran di pintunya.

  • Masjid Jamek

Kalau kamu mau ke Pasar Seni dan Dataran Merdeka jangan lupa untuk mampir ke Masjid Jamek yang merupakan masjid paling tua di Kuala Lumpur. Perancang masjid ini adalah Arthur Benison Hubback saat masa penjajahan Inggris.

  • Masjid Putra

Ini adalah ikon dari Putrajaya dan sudah berdiri sejak tahun 1997 lalu. Banyak masyarakat di Malaysia yang menyebut masjid ini dengan istilah Masjid Pink karena memang warna bangunannya adalah merah muda. Setengah bangunan masjid ini adalah danau yang sangat asri dan sejuk sehingga banyak wisatawan yang terus berkunjung kesana untuk wisata religi. Menarik sekali bukan?

Wisata Kuliner di Negara Malaysia

Tidak lengkap rasanya liburan tanpa wisata kuliner. Kamu harus mencicipi semua makanan lezat yang ada di Malaysia. Di Malaysia ada beberapa lokasi favorite untuk kamu yang hobby makan.

Disana kamu bisa menemukan banyak kudapan khas Malaysia dengan berbagai rasa yang nikmat. Kamu bisa ke Petaling Night Market dan berburu makanan di bawah lampion yang tergantung cantik. Saat malam harus suasana akan semakin romantis dan nikmat.

Kamu juga bisa ke Jalan Alor dan banyak sekali restaurant asli Malaysia yang akan memanjakan lidah kamu yang suka berburu kudapan lezat. Jangan lewatkan sup pan meenya yang nikmat sekali. Yang suka dengan makanan vegetarian juga bisa datang ke Dharma Realm Guan Yin Sagely Monastery yang semua masakannya dibuat tanpa penyedap, MSG dan daging.

Baca juga: 10 Oleh-Oleh Khas Malaysia

Transportasi di Negara Malaysia

Waktu kamu jalan-jalan di Malaysia, kamu tetap bisa menikmati berbagai jenis transportasi umum untuk membawamu dari satu tempat ke tempat lainnya.

  • Transportasi Udara

Untuk transportasi udara di Malaysia maka kamu bisa memilih bepergian dengan pesawat terbang. Ada banyak maskapai besar yang bisa masuk ke Malaysia sehingga kalau kamu terbang dari Indonesia kamu bisa mendarat dengan mudah di Kuala Lumpur. Dan disana ada 2 buah bandar udara KLIA2 dan juga KLIA.

  • Transportasi Darat

Ada beberapa jenis transportasi darat yang bisa kamu pilih di Malaysia. Kalau kamu mau coba naik kereta, kamu bisa pilih diantara Komuter, Monorail atau bus. Namun jangan sampai kamu tidak membaca peraturan yang ada karena masing-masing memiliki stasiun tujuan yang berbeda. Jangan lupa biasakan membeli tiket lalu kemudian akan muncul jumlah uang yang harus kamu bayar. Beberapa destinasi di Malaysia bahkan bisa dijangkau dengan menggunakan kereta.

Kalau kamu mau memilih bus maka bus di Malaysia bisa kamu naiki dengan gratis. Namanya adalah bus GO KL. Tapi karena ini adalah bus gratis maka memang ketersediaannya tidak begitu banyak jadi kalau kamu mau jalan-jalan dengan bus Go KL kamu harus rela menunggu sedikit lama. Selain itu disana juga ada yang namanya Hop On Hop Off atau bus yang bagian atasnya terbuka atau open deck. Harganya memang cukup mahal karena menjadi destinasi wisatawan yang berkunjung ke Malaysia.

Pusat Belanja yang ada di Negara Malaysia

Punya rencana liburan dan jalan-jalan ke Malaysia maka jangan lupa kamu harus siapkan destinasi belanja. Malaysia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak pusat perbelanjaan yang sangat sayang untuk kamu lewatkan begitu saja. Berikut diantaranya:

  • Sungei Wang Plaza

Ini adalah destinasi wisata kesukaan para wanita. Kenapa begitu? Ada banyak sekali fashion yang tersedia seperti tas, baju, aksesoris dan juga sepatu yang akan membuat penampilan kamu semakin mempesona. Lokasinya berada di Jln Sultan Ismail no 11 Bukit Bintang. Jangan khawatir, walaupun berada di kawasan mewah namun harga produk yang dijual disana sangat terjangkau di kantong. Mulai Rp 25.000 hingga Rp 120.000 an saja.

shutterstock_487311562
  • Central Market

Jangan bilang sudah ke Malaysia kalau kamu bahkan belum menginjakkan kaki ke tempat ini. Bangunan Central Market ini sudah berdiri sejak tahun 1888 dan merupakan bangunan yang sangat tua. Tapi saat ini digunakan sebagai pasar tradisional yang menjual berbagai kebutuhan seperti daging, bahan makanan hingga sayuran. Selain itu, Central Market juga merupakan Pasar Budaya sehingga ada banyak sekali barang yang memiliki nilai seni disini.

kenanga wholesale 1
  • Kenanga Wholesale City

Lokasinya berada di jln Gelugor dan menjadi pusat grosir untuk kebutuhan fashion. Kamu bisa belanja dalam partai kecil atau besar disini dan cocok untuk dijual kembali. Untuk sampai ke kawasan ini kamu bisa naik monorail. Selain itu, Kenanga Wholesale City ini juga dekat dengan Bukit Bintang. Menyenangkan sekali bukan?

Baca juga: 7 Tempat Belanja Murah di Langkawi Malaysia, Bikin Gagal Hemat!

Oleh-oleh Khas Negara Malaysia yang Wajib Kamu Beli

Seperti negara lainnya, Malaysia juga memiliki oleh-oleh yang cocok kamu beli setelah lelah berjalan-jalan disana.

  • Milo Malaysia

Siapa yang tidak suka minum Milo? Brand minuman ini sudah dikenal diseluruh dunia namun Malaysia punya Milo yang rasanya khas, kental dan sangat nikmat. Milo Malaysia memang berbeda karena cokelat yang digunakan jauh lebih pekat sehingga rasanya juga lebih mantap. Komposisinya terdiri dari creamer, gula dan juga Milo dan dikemas dalam kemasan pack kecil-kecil sehingga cukup untuk satu kali seduhan.

  • Cokelat Malaysia

Sama dengan Milo, Malaysia juga punya cokelat yang rasanya lezat dan istimewa. Yang paling dikenal dari cokelat Malaysia adalah cokelat durian. Rasanya sangat durian dan begitu kamu makan cokelat akan meleleh lumer saat di mulut. Jangan sampai kamu lupa membeli oleh-oleh yang satu ini.

  • Milo Cube

Yang akhir-akhir ini hits adalah Milo Cube karena bentuknya kotak-kotak berukuran kecil. Uniknya, ini adalah Milo yang cocok dijadikan camilan dan rasanya sangat enak. Biasanya per satu bag isi Milo ini sebanyak 100 pcs.

  • Teh Tarik

Kamu pernah mendengar bahwa teh tarik asal Malaysia adalah teh paling enak. Ini adalah minuman yang sebenarnya berasal dari negara India namun entah kenapa justru paling terkenal di Malaysia. Harga per kemasan teh adalah sekitar RM 11 saja. Kalau kamu mau coba yang langsung, bisa menjelajah restaurant yang ada di Malaysia.

  • Rocky Choco

Ini adalah salah satu oleh-oleh asal Malaysia yang bisa kamu dapatkan saat perjalanan haji atau umroh. Tapi ternyata Malaysia juga memproduksi dengan bentuk yang unik karena persis seperti batu kerikil yang sangat persis dengan batu hiasan untuk akuarium kamu. Rasanya sangat kental akan cokelat dan juga kaya kandungan susu nya.

Hiburan Malam di Negara Malaysia

Untuk para wisatawan yang liburan ke Malaysia, maka kamu harus siap dimanjakan dengan berbagai jenis hiburan malam. Banyak orang yang datang ke Kuala Lumpur hanya untuk sekedar menikmati pesta di malam hari. Disana kamu bisa memilih akan mengunjungi roof bar, casual pool atau hotel berbintang untuk menikmati malam panjang yang ada bersama sahabat, pasangan atau kolega. Beberapa yang terkenal diantaranya adalah:

  • Barlai Club

Club ini berdiri di bangunan lama yang sudah dipugar terlebih dahulu dan menjadi salah satu night club paling oke di Malaysia. Kamu bisa mencicipi minuman racikan bartender langsung salah satunya adalah wiski yang dibuat dari bahan dasar Milo Kaw. Penasaran?

  • Nagaba Club

Kalau kamu adalah trance lover maka kamu wajib ke Nagaba Club. Paling recommended adalah di Jumat malam jika waktu santai yang kamu punya sudah selesai maka jangan segan langsung ke rooftop nya untuk mencicipi Mojito yang nikmat. Malam di Malaysia semakin larut semakin menyenangkan dan pasti sukses membuat kamu jatuh cinta liburan disana.

  • Black Tie

Pecinta music Jazz jangan sampai tidak ke Black Tie karena disana kamu bisa menemui banyak musisi kelas kakap yang tampil. Suasana santai jelas akan membuat penat dan lelah hilang seketika. Black Tie buka setiap hari kecuali hari Minggu.

Mengagumkan bukan, Malaysia? Pesan tiketmu ke sana dengan Airpaz dan nikmati pesona negara yang menakjubkan ini. Jadikan perjalananmu lebih berkesan dengan Airpaz, mitra terpercaya untuk menjelajahi Malaysia yang memukau.

tiket-pesawat-promo-hari-ini

Share with us