Pantai Sawarna: Dulu Dikelola Sepupu Vincent Van Gogh?!

Indonesia menyimpan banyak pantai indah yang tersebar di berbagai pulau, salah satunya adalah Pantai Sawarna yang berlokasi di Lebak, Banten. Sebagai desa wisata yang sedang naik daun pamornya, tentu banyak destinasi wisata alam dan buatan menarik disana, termasuk pantai ini. Berikut adalah informasi lengkap terkait dengan pantai cantik di Banten tersebut.

Sejarah Desa Sawarna

pantai sawarna - sejarah pantai sawarna
Jalan Desa Sawarna menuju ke pantai

Karena berlokasi di Desa Sawarna, pantai ini juga dinamakan sama dengan desa tersebut. Sejarah yang dimiliki oleh desa tersebut cukup panjang dan menarik, yang nantinya menjadi aspek penting desa ini berdiri sebagai desa wisata di tahun tahun setelahnya.

Desa Sawarna dulunya merupakan perkebunan kelapa yang dikelola oleh Jean Louis Van Gogh, saudara sepupu dari Vinvent Van Gough, pelukis terkenal asal Barat. Disana ia mempekerjakan banyak penduduk pribumi, yang asalnya didominasi dari luar wilayah Banten.

Karena makin banyak yang tinggal disana, maka desa tersebut kemudian diberi nama Desa Sawarna. Namun karena kebanyakan merupakan masyarakat Sunda, logatnya menjadi Sorana atau Suaranya. Jean Loius pada akhirnya meninggal dan dikuburkan di desa tersebut.

Lokasi Pantai Sawarna dan Harga Tiketnya

pantai sawarna - lokasi pantai sawarna dan harga tiketnya
Anda juga bisa menggunakan Google Maps dalam perjalananmu menuju pantai yang dituju

Anda yang tertarik untuk berkunjung ke Pantai Sawarna tentunya harus mengetahui secara rinci dimana lokasi pantai ini. Untuk ke pantai, Anda bisa ke Desa Sawarna, yang terletak di Kecamatan Bayah, Lebak, Provins Banten. Pengelola tempat wisata ini adalah masyarakat desa Sawara dan BUMN untuk Pantai Pulo Manuk yang ada di dekatnya.

Harga tiket masuk yang harus dibayarkan oleh wisatawan cukup terjangkau, hanya 5 ribu rupiah saja. Dengan tiket tersebut Anda bisa masuk ke dalam desa dan mengunjungi beberapa tempat wisata, dari Goa Lalay, Pantai Sawarna, Pantai Pulo Manuk dan lainnya.

Terkait dengan rute menuju Sawana Beach, Anda bisa datang dari Jakarta lewat jalur Timur ataupun jalur Barat. Jika lewat Jalur Timur, Anda bisa menggunakan rute Bogor ke Pelabuhan Ratu, sedangkan untuk Jalur Barat, Anda bisa lewat Cilegon-Anyer ataupun lewat Rangkasbitung.

Baca Juga : Ranca Upas Bandung, Manjakan Dirimu dalam Melepas Penat

Daya Tarik Pantai Sawarna

pantai sawarna - lokasi pantai sawarna
Pantai Tanjung layar, sawarna terkenal dengan batu karangnya yang menyerupai layar kapal

Sebagaimana pantai di daerah tersebut, pantai ini menawarkan pemandangan pesisir yang indah. Pasir pantai disana berwarna putih bersih, sehingga memberikan penampilan alami yang tidak bisa ditemukan di pantai lainnya. Jika sedang surut, Anda bisa bermain di batu karang yang terdapat di pinggir pantai.

Ombak yang ada di Pantai Sawana Banten tidak begitu tinggi, sehingga aman jika Anda hendak bermain di tepi pantai. Sepasang karang berukuran besar juga bisa Anda temukan di pantai ini, yang menjadi ciri khas dari Pantai Sawarna. Karang tersebut memiliki ukuran yang besar dan bentuknya mirip layar kapal.

Jika ingin melihat pemandangan matahari terbenam yang cantik, Anda disarankan datang sore hari. Dengan datang di waktu yang tepat, Anda bisa melihat keindahan matahari terbenam yang indah, cocok untuk aktivitas fotografi.

Tempat Wisata di Dekat Pantai Sawarna

pantai sawarna - lokasi terdekat pantai sawarna
Ketika naik ke atas batu karang harus berhati-hati karena banyaknya lumut yang membuat karang menjadi licin

Berkunjung ke Pantai Sawarna rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi tempat wisata yang lain, apalagi tempat wisatanya berdekatan dan bisa ditempuh dengan waktu dan jarak yang singkat. Jika Anda punya banyak waktu luang, mampir di beberapa tempat wisata ini bisa Anda pertimbangkan, diantaranya:

Pantai Ciantir

pantai sawarna - pantai ciantir
Sumber : sawarna.net

Merupakan pantai degan hamparan pasir yang panjang, bahkan lebih panjang dari Pantai Sawarna. Tempat wisata ini cocok untuk Anda yang menyukai aktivitas surfing, ombaknya memang besar namun tetap aman untuk digunakan beraktivitas.

Baca Juga : Mengulik Pantai Melasti Calon Pantai Terbaik Bali

Pantai Legon Pari

pantai sawarna - pantai legon pari
Sumber : pantainesia.com

Berikutnya adalah Pantai Legon Pari yang juga berdekatan dengan pantai Sawarna Banten. Keindahan pantai Sawarna juga tidak kalah cantik dengan Pantai Legon Pari, selain pasirnya yang bersih, pantai ini juga menjadi tempat berenang yang direkomendasikan oleh masyarakat lokal.

Goa Langir

pantai sawarna - goa langir
Sumber : ksmtour.com

Meskipun merupakan wisata pesisir, Anda tetap bisa berkunjung di tempat wisata lain, salah satunya adalah Goa Langir. Gua ini merupakan gua yang cantik dengan bebatuan yang eksotis. Dalam bahasa Sunda, langir memiliki makna kalajengking, namun jangan khawatir, tidak ada kalajengking di goa ini.

Goa Kanekes

pantai sawarna - goa kanekes
Sumber : syafikriatillah.wordpress.com

Berikutnya adalah Goa Kanekes yang merupakan goa tempat dimana suku Baduy tinggal. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Sawarna, jadi tidak heran jika banyak yang merekomendasikan pantai ini untuk dikunjungi. Goa ini terkenal karena memberikan nuansa alami yang indah dan menjadi sarang wallet dan kelelawar alami.

Rekomendasi Hotel Terdekat

RIndu alam homestay
Rindu Alam Homestay 
Seno Homestay
Seno Homestay – Pantai Sawarna 
Sawarna bimbim sea view
Sawarna BimBim Seaview Homestay  

Tips Berkunjung ke Pantai Sawarna

Tips berkunjung ke pantai sawarna 1
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berkunjung ke pantai sawarna

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, beberapa tips berikut akan membantu Anda untuk menikmati liburan dengan lebih mudah, diantaranya:

Pilih Homestay dengan Bijak

homestay 1 1
Di pantai sawarna, banyak sekali homestay yang dapat kita sewa sesuai yang kita inginkan

Sebagaimana tempat wisata pada umumnya, homestay ataupun penginapan memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, pilih homestay yang tidak menyediakan makanan. Namun, resikonya Anda harus tahu tempat membeli makanan karena tidak banyak penjual makanan di pantai ini.

Baca Juga : Pesona Keindahan Pantai Gili Trawangan Lombok yang Menakjubkan

Berkendara di Siang Hari

berkendara di siang hari 1
Jalan yang dilalui saat menuju ke setiap pantai di sawarna sangat minim penerangan

Berkunjung ke Pantai Sawarna disarankan ketika siang hari, sebab perjalanan malam hari dianggap kurang aman. Jalanan yang ada tidak memiliki penerangan yang baik, sehingga rawan terjadi kecelakaan.

Luangkan Waktu

Luangkan waktu 1
Perjalanan menuju Sawarna sangat panjang dan disarankan untuk menginap dua malam untuk pemulihan tenaga

Perjalanan menuju pantai ini cukup panjang, apalagi jika Anda datang dari Jakarta atau Bandung. Disarankan menginap semalam dua malam untuk memulihkan tenaga.

Demikianlah informasi singkat mengenai Pantai Sawarna, tempat wisata cantik yang ada di Banten ini sayang jika dilewatkan begitu saja. Untuk melakukan pemesanan tiket pesawat lebih mudah ataupun booking hotel kesana, Anda bisa menggunakan layanan dari Airpaz.com atau melalui aplikasi Airpaz.

promo-Airpaz

Share with us

Tinggalkan komentar