Menikmati Keunikan Istana Maimun Medan

Melancong ke Sumatera Utara rasanya kurang lengkap tanpa singgah ke Medan dan mengunjungi salah satu destinasi wisatanya yang begitu tersohor, yaitu Istana Maimun. Keunikan Istana maimun medan yang berada tak jauh dari Masjid Raya serta Taman Sri deli tersebut memang menawarkan daya tarik tersendiri.

Istana Maimun Medan

Istana Maimun terletak di Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara. Selain menjadi warisan sejarah, Istana Maimun di Medan ini menarik untuk dikunjungi karena memiliki desain dan arsitektur yang unik. Selain itu, ada beberapa pertunjukan yang menjadi atraksi wisata tersendiri bagi para pengunjung yang datang ke Istana Maimun Sumatera Utara.

keunikan istana maimun medan - sejarah-istana-maimun

Baca juga: Wisata Seru Di Rahmat Gallery Medan

Sejarah Istana Maimun medan

Pendiri Istana Maimun adalah Sultan Makmun Al Rasyid Perkasa Alamsyah, putra sulung dari Sultan Mahmud Perkasa Alam yang merupakan pendiri dari Kota Medan. Istana tersebut memiliki 30 ruangan yang halamannya pun sangat luas.

Ruangan-ruangan yang ada di Istana Maimun memiliki fungsinya masing-masing seperti untuk acara adat kerajaan, ruangan bagi para tamu kerajaan, gudang, dapur, dan lainnya.

Bangunan Istana Maimun di Medan memiliki desain perpaduan antara tradisi Melayu, kebudayaan Eropa, serta arsitektur Islam. Tentunya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Keunikan Istana Maimun medan

Daya tarik dari Istana Maimun bukan hanya dikarenakan istana tersebut merupakan warisan sejarah yang harus dijaga dan dilestarikan, melainkan istana ini juga menyimpan keunikan tersendiri.

Baca juga: Asyiknya Menikmati Wisata Di Air Terjun Sipiso Piso Medan

Istana tersebut memiliki kurva dengan bentuk seperti kapal terbalik yang terpengaruh dengan desain bangunan bernuansakan Islam sebagaimana yang banyak dijumpai pada bangunan yang ada di kawasan Timur Tengah.

Sedangkan pada bagian jendela serta pintu Istana Maimun di Medan lebih condong dengan gaya bangunan Eropa dengan desain yang tinggi dan lebar.

Keunikan lain yang hadir pada istana tersebut juga terlihat dari warna perabot yang dijumpai di dalam istana, termasuk singgasana pada bangunan utamanya. Untuk menikmati keunikan dari istana tersebut, kamu sebaiknya memahami jam operasinya. Istana Maimun buka jam 8.00 hingga 18.00 setiap hari.

Hotel Dekat Istana Maimun Medan

Untuk memudahkan rencana mengeksplorasi keindahan dan keunikan dari Istana Maimun di Medan, kamu sebaiknya memilih hotel yang berada tidak jauh dari lokasi istana.

Tak perlu khawatir, ada banyak hotel yang bisa jadi pilihan terbaik untuk menginap selama liburan ke Medan. Kamu bisa mendapatkan hotel mulai dari yang murah hingga mahal sehingga akan memudahkan kamu menemukan pilihan penginapan yang sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu tentunya.

Bila kamu memang memilih untuk mengambil penginapan yang agak jauh dari lokasi istana, kamu tak perlu kahwatir karena ada transportasi umum yang bisa jadi pilihan untuk mengunjungi Istana Maimun. Kamu bisa memanfaatkan angkot ke Istana Maimun ataupun menggunakan mobil sewa dari lokasi penginapan.

Menyukai perjalanan wisata sejarah? Tak ada salahnya bila kamu merencanakan liburan ke Sumatera Utara untuk mengunjungi Istana Maimun Sumatera Utara yang begitu tersohor. Kamu bisa mencari tiket pesawatdi Airpaz yang memudahkan kamu untuk menemukan penawaran tiket pesawat murah Sriwijaya Air ke Medan. Ini bisa menjadi perjalanan liburan yang menyenangkan dan mengasyikkan.

tiket-pesawat-promo-hari-ini
Share with us