Pura Ulun Danu Bratan, Bali: Keindahan dan Kesejukan yang Memukau

Bagi Anda yang sering mengunjungi Pulau Bali, tentunya sudah tidak asing dengan kawasan Bedugul. Kawasan yang terletak di dataran tinggi dan memiliki udara yang sejuk ternyata menyimpan beberapa objek wisata alam yang indah. Salah satunya adalah Danau Beratan yang memiliki pura di dekatnya yaitu Pura Ulun Danu Bratan.

Sejarah Pura Ulun Danu Bratan

Cerita Pura Ulun Danu bratan tertulis dalam Lontar Babad Mengwi dimana dijelaskan bahwa Pura Ulun Danu bratan dibangun sekitar tahun 1556 Saka atau 1634 Masehi. Pura ini didirikan sebagai bentuk rasa syukur seorang bangsawan bernama I Gusti Agung Putu yang mengalami kekalahan perang namun akhirnya berhasil merebut kemenangan dari I Gusti Ngurah Batu Tumpeng. Pura ini juga membuat mahsyur Kerajaan Mengwi dan rajanya yaitu I Gusti Agung Putu,  sehingga I Gusti Agung Putu dijuluki I Gusti Agung Sakti oleh rakyatnya.

Nama Pura Ulun Danu berarti pura yang terletak di hulu danau. Kata “Ulun” berarti hulu dan “Danu” berarti danau. Sedangkan nama “Bratan” berasal dari kata brata yang berarti pengendalian diri. Pura Ulun Danu digunakan sebagai tempat pemujaan kepada Sang Hyang Widhi Wasa dan Dewi Laksmi (Dewi kesuburan dan keindahan) yang dipercaya bersemayan di Danau Beratan.

Akses ke Pura Ulun Danu Bratan

Pura Ulun Danu Bratan terletak di tepi Danau Beratan yang berada di kawasan wisata Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Jarak dari Kuta ke Pura Ulun Danu sekitar 60 km dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Jarak dari Denpasar sekitar 55 km dengan waktu tempuh 1 jam 45 menit. Rute yang bisa dipilih antara lain melalui jalan Singaraja, jalan raya Denpasar, atau jalan I Gusti Ngurah Rai.

Pura Ulun Danu buka dari pukul 7 pagi hingga 5 sore. Harga tiket masuk Pura Ulun Danu berbeda untuk wisatawan lokal dan mancanegara. Harga tiket untuk WNI dewasa adalah sekitar Rp 10.000/orang dan WNI anak-anak Rp 7.500/orang. Untuk WNA, harga tiket dewasa adalah Rp 30.000/orang dan tiket anak-anak adalah Rp 15.000/orang. Selain tiket masuk, Anda juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Jalan setapak yang dihiasi bunga-bunga, hamparan rumput hijau, dan deretan pohon cemara di kiri dan kanan akan mengiringi perjalanan Anda memasuki kawasan Pura Ulun Danu Bratan. Letaknya yang berada di dataran tinggi pegunungan yaitu sekitar 1.239 meter dari permukaan air laut membuat suasana di sekitar Pura Ulun Danu sangat sejuk. Anda tidak perlu khawatir berkunjung di pagi hari maupun siang hari karena udara akan tetap sejuk. Pastinya suasana sejuk ditambah dengan pemandangan alam yang indah akan sangat menghibur pikiran dan hati Anda.

Pura Ulun Danu Bratan

Objek Wisata Pura Ulun Danu Bratan

Anda akan disambut oleh sebuah gapura sebagai pintu masuk menuju Pura Ulun Danu. Sebelum gapura, terdapat bangunan stupa untuk tempat ibadah umat Budha dan bangunan masjid untuk tempat ibadah umat muslim. Letak kedua bangunan yang berdekatan mengingatkan kita mengenai keberagaman dan toleransi yang kuat yang sudah ada sejak dahulu kala.

Memasuki gapura, Anda akan diajak masuk ke komplek Pura Ulun Danu Bratan yang terdiri dari 5 Pura yaitu Pura Penataran Agung, Pura Dalem Purwa, Pura Taman Beji, Pura Lingga Petak, Pura Prajapati dan 1 buah stupa Budha. Pura-pura tersebut memiliki tinggi atap yang berbeda, ada yang 11 tingkat, 7 tingkat, bahkan 3 tingkat. Perbedaan tingkat menggambarkan pemujaan terhadap 3 dewa yang berbeda yakni Dewa Wisnu (11 tingkat), Dewa Brahma (7 tingkat), dan Dewa Siwa (3 tingkat). Pura Ulun Danu adalah pura yang letaknya menjorok ke arah Danau Beratan. Keunikan Pula Ulun Danu Bratan ini adalah ketika air Danau Beratan meluap dimana daratan di sekitar pura ikut tergenang sehingga Pura Ulun Danu seakan-akan berada di tengah danau. Momen ini merupakan momen terbaik untuk Anda abadikan. Oleh karena itu sebaiknya Anda tidak mengunjungi pura saat musim kemarau karena pada saat itu air danau akan surut. Pura ini juga digunakan untuk melangsungkan Upacara Melasti yang diadakan satu hari sebelum hari raya Nyepi.

Selain menikmati pemandangan alam, tersedia beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan selama berada di Pura Ulun Danu. Anda bisa berkeliling danau dengan menggunakan speedboat seharga Rp 100.000/putaran untuk kapasitas 4 orang dan Rp 185.000/putaran untuk kapasitas 8 orang. Apabila speedboat terlalu umum, bisa gunakan jukung (perahu tradisional) dengan kapasitas 5 orang seharga Rp 50.000/putaran. Pilihan lain yang juga tidak kalah menarik adalah bermain sepeda air dengan harga Rp 35.000 dan lompat-lompatan di dalam balon besar dengan harga Rp 35.000/orang

Setelah puas di komplek Pura Ulun Danu, Anda juga bisa mengunjungi beberapa objek wisata lain di sekitar Pura Ulun Danu, seperti Danau Buyan dan Danau Tamblingan yang dipercaya merupakan pecahan dari Danau Beratan, Kebun Raya Eka Karya Bali, Air Terjun Sekumpul yang disebut-sebut sebagai air terjun terindah di Pulau Bali, Air Terjun Banyumala dan Air Terjun Gitgit.

Fasilitas di Pura Ulun Danu Beratan

Fasilitas yang ada di sekitar lokasi pura cukup lengkap. Terdapat beberapa hotel dekat Pura Ulun Danu seperti Enjung Besi Resor Bali, CLV Hotel dan Villa, Telaga Sari Villa, dan masih banyak hotel lain dengan berbagai tingkat pelayanan. Untuk makanan, tersedia warung di depan pintu gerbang utama Pura Ulun Danu dan restoran Ulun Danu Beratan Buffet Lunch yang berada di dalam lokasi pura.

Pastinya Anda sudah tidak sabar ingin segera mengunjungi Pura Ulun Danu Bratan Bali. Oleh karena itu segera pesan tiket perjalanan Anda di Airpaz.com dan rencanakan liburan bersama keluarga maupun rekan kerja sehingga keindahan dan kesejukan Pura Ulun Danu dapat Anda nikmati. Jangan lupa! Untuk biaya perjalanan yang lebih hemat, Anda dapat update informasi promo tiket pesawat maskapai pilihan Anda, mulai dari Airasia, Batik Air, Garuda Indonesia, Citilink, dan lain-lain. Atau gunakan promo tiket pesawat dari Airpaz.com yang menyediakan harga tiket pesawat lebih murah setiap harinya. Anda juga bisa menggunakan fitur “pengingat harga” dari Airpaz yang memudahkan Anda menemukan tiket pesawat sesuai dengan harga yang Anda inginkan. Mudah bukan? Selamat berlibur.

promo-Airpaz

Share with us