Traveling ke Seoul Korea Selatan , Destinasi Romantis dengan Ragam Objek Wisata

Korea Selatan punya ibukota yang juga jadi jujukan banyak wisatawan dunia yaitu Seoul. Bukan hanya karena banyak digunakan sebagai lokasi syuting film drama Korea yang romantis tapi juga karena tempatnya yang sangat indah dan nyaman untuk dijadikan destinasi wisata. Usia Seoul sendiri sudah cukup tua yaitu sekitar 600 tahunan. Dan memang kalau kamu berencana liburan ke Seoul maka itu adalah pilihan yang tepat. Selain itu, kota ini menjadi kota paling padat karena luas daerah yang cukup minimalis namun ada banyak sekali penduduk yang tinggal di dalamnya.

Ada banyak pilihan tempat wisata di Seoul yang tidak akan kamu bisa temukan di Indonesia. Disana kamu juga bisa mengenal banyak orang dari berbagai dunia yang sama-sama sedang menikmati waktu liburannya bersama keluarga atau orang tercinta. Seoul dijuluki sebagai kota digital cable yang memang kemajuan teknologinya cukup diakui di dunia.

Tempat wisata di Seoul

Begitu kamu sampai di Seoul, kamu bisa memilih akan jalan-jalan kemana sesuai yang kamu mau. Disana tersedia banyak tempat wisata baik yang berbayar atau yang bisa kamu kunjungi gratis. Kalau kamu suka type traveling ala backpacker maka kamu lebih baik memilih tempat wisata gratis. Walaupun gratis namun kamu tetap bisa menikmati semua fasilitas dengan baik dan suasana liburan juga tidak akan berkurang. Korea Selatan adalah salah satu negara yang sangat hits dan terkenal di dunia. Berbagai hal seperti drama Korea, demam boys and girls K-Pop yang mendunia, hingga segala pernak pernik dan juga kebudayaan Korea yang mendunia semuanya sangat menarik. Kamu juga bisa mengunjungi berbagai tempat wisata seperti wisata alam, wisata budaya, wisata religi, wisata kuliner hingga tempat hiburan malam yang megah disana. Penasaran bukan?

Tempat Wisata Budaya di Seoul

Seoul adalah kota yang memiliki tempat wisata budaya yang sangat mengagumkan. Sebagai pecinta kebudayaan dari berbagai negara maka kamu wajib datang ke tempat berikut ini:

1. Samcheonggak

Seoul - Samcheonggak

Kawasan ini terbentang luas sekitar 20 km dan sebagai latar belakangnya kamu bisa melihat langsung Gunung Bugaksan yang cantik. Tidak heran jika lokasi ini kerap kali digunakan untuk tempat syuting berbagai film yang ada di Korea. Samcheonggak adalah pusat budaya di Seoul yang masih sangat melestarikan sisi tradisionalnya. Disana ada 5 buah bangunan dan yang paling dikenal bernama Iihwadang. Selain itu disana ada juga bangunan yang bernama Yuhajeong, Cheonchudang dan juga Chwihandang. Masing-masing bangunan punya pesonanya sendiri-sendiri. Kamu bisa datang ke tempat ini dengan naik Subway. Tenang saja, selama disana kamu akan ditemani oleh guide yang fasih dengan bahasa asing. Disana kamu bisa menikmati berbagai pertunjukkan yang disajikan outdoor. Menarik sekali bukan?

2. Istana Deogsugung

Seoul - Istana Deogsugung

Dulunya tempat ini bukanlah istana, tapi karena terjadi perang dan semua wilayah mengalami kehancuran maka kemudian Deogsugung menjadi istana yang diresmikan langsung oleh Gwanghaegun yang saat itu menjabat sebagai raja. Kamu harus membayar biaya masuk untuk bisa menikmati apa saja yang ada di dalam istana tersebut namun banyak pertunjukan yang kamu bisa tonton tanpa harus membayar atau gratis seperti saat pergantian penjaga istana yang ada upacaranya yang per sesi akan berlangsung selama kurang lebih 30 menit. Dan kamu juga bisa menggunakan pakaian khas Hanbok saat akan mengambil foto.

Tempat Wisata Alam di Seoul

Yang suka dengan tempat wisata alam yang dingin, sejuk dan memanjakan mata maka kamu tidak salah memilih Seoul sebagai tempat liburan. Ada berbagai pilihan tempat wisata alam yang sangat sayang diabaikan begitu saja, berikut beberapa diantaranya:

1. Namsan Park

Seoul - Namsan Park

Ini adalah taman yang paling besar yang ada di kota Seoul. Disana kamu bisa menemukan banyak sekali pepohonan, bunga dan suasananya sangatlah dingin dan sejuk segar. Cocok sekali untuk tempat santai sambil mengabadikan diri dengan foto-foto yang indah. Biasanya, mereka yang akan mendaki gunung Nam akan transit terlebih dahulu di taman Namsan ini. Kalau kamu datang saat hari sudah malam, pemandangan lampu kerlap kerlip yang akan memanjakan mata selama disana.

2. Pulau Jeju

Seoul - Pulau Jeju

Siapa yang bisa melupakan indahnya pulau Jeju yang satu ini? Masyarakat Seoul juga bisa menyebut pulau ini dengan nama Jejudo yang memang adalah pulau paling besar di Korea Selatan. Keindahan pulau ini sangat menawan dan tidak bisa dipungkiri lagi. Selain itu cuci mata, banyak pasangan yang baru menikah memilih pulau ini sebagai tempat menghabiskan moment bulan madu mereka. Kalau kamu penasaran dengan Island of the God maka segera saja meluncur ke Jejudo karena disana kamu bisa menemukan air terjun, padang rumput, gunung, tebing, dan juga padang bunga liar yang sangat cantik sekaligus dalam satu pulau.

3. Nami Island

Seoul - Nami Island

Ini adalah pulau yang sangat indah walaupun berukuran kecil nan mungil. Kalau dilihat, pulau ini berbentuk seperti bulan sabit. Unik sekali bukan? Lokasinya berada di Chuncheon-si yang akan menyuguhkan pemandangan paling romantis yang pernah kamu lihat. Banyak pohon rindang yang secara alami memiliki warna yang sangat indah. Setiap pergantian musim, warna daun di pohon yang ada pun akan berganti dan semuanya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Waktu paling oke untuk berkunjung ke pulau ini adalah saat musim gugur tiba.

Baca juga: 12 Tips Menikmati Liburan ke Korea Selatan

Tempat Wisata Religi di Seoul

Untuk kamu yang penasaran apakah di Seoul kamu bisa wisata religi ternyata jawabannya adalah bisa. Disana ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi untuk wisata yang satu ini:

1. Masjid Sentral Seoul

Seoul - Masjid Sentral Seoul

Masjid ini sudah berdiri di Seoul sejak tahun 1974 lalu dengan luas sekitar 5000 m2. Lokasinya berada di Hannam-Dong yang memang adalah masjid yang pertama kali ada di Korea Selatan. Untuk tempat sholat berada di Masjid lantai dua sedangkan di lantai dasar digunakan sebagai kantor.

2. Gereja Yeouido Full Gospel

Seoul - Gereja Yeouido Full Gospel

Pertama kali gereja ini dibuka adalah di tahun 1973. Ini adalah gereja paling besar yang ada di dunia. Warna luar gereja ini di dominasi dengan warna cokelat tua dan secara fisik bangunannya sekilas tidak begitu nampak seperti bangunan gereja pada umumnya. Kapasitas gereja ini sangat besar. Kalau kamu ingin menikmati suasana kebaktian khas Korea maka bisa datang untuk ikut misa di hari Minggu.

3. Bongeunsa Temple

Seoul - Bongeunsa Temple

Kuil ini sudah berdiri sejak tahun 794 M dan berada tepat di samping COEX building. Kenapa kuil ini menjadi tempat wisata religi yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja? Karena di dalam kuil ini ada sekitar 3.479 patung Buddha yang berdiri dalam 13 gaya yang berbeda. Setiap tanggal 9 di bulan September setiap tahun, akan diadakan upacara dimana Biksu akan meletakkan semua patung tersebut masing-masing diatas kepala mereka lalu patung tersebut akan diarak keliling kuil Bongeunsa.

Tempat Wisata Kuliner di Seoul

Seoul - Kuliner

Jangan ditanya betapa nikmatnya kudapan khas Seoul yang kamu harus coba. Tidak hanya terlihat lezat saat di drama Korea saja namun pada kenyataannya memang makanan di Seoul sangatlah menggugah selera makan kamu. Kebanyakan rasa yang paling dominant adalah perpaduan asin, asam dan juga pedas. Kalau kamu sering dengar yang namanya Kimchi maka itu adalah sayuran khas Korea yang rasanya sangat pedas yang sudah melalui proses fermentasi terlebih dahulu sebelumnya. Kalau kamu jalan-jalan ke Seoul atau Korea maka setiap restaurant disana akan memberi kudapan Kimchi gratis kepada semua pengunjungnya. Untuk hidangan lainnya seperti Tteokbokki atau kue beras dan merupakan street food wajib santap kalau kamu kesana. Harganya bermacam-macam tergantung kualitasnya. Kalau kamu mau Tteokbokki yang recommended bisa didapatkan di Dongdaemun.

Berikut ini rekomendasi tempat yang bisa kamu jelajahi saat mau wisata kuliner di Seoul:

1. Myeongdong

Kalau kamu hunting makanan halal di Seoul maka kamu bisa datang ke restaurant tersebut. Di Korea memang kamu harus selektif untuk memilih makanan karena banyak yang mengandung babi atau memang menjual daging babi mengingat disana sangat terbuka sekali sehingga semua jenis makanan tersedia dan dijual bebas. Di restaurant tersebut kamu bisa menemukan aneka makanan perpaduan antara Chinese, Nepal dan juga India namun penyajiannya sudah menggunakan gaya Korea.

2. Dongdaemun

Yang mau makan malam nikmat bisa ke Dongdaemun. Kamu siap dimanjakan dengan spicy beef yang kuahnya gurih dan pedas segar. Rasanya dijamin nagih dan enak, karena memang otentik sehingga berbeda jauh dengan yang banyak dijual di Indonesia. Kamu bisa makan Kimchi dan minum air putih sesuka hati dan gratis. Ini salah satu yang recommended dan masih buka diatas jam 9 malam.

3. Bakery Shop

Korea Selatan juga juara soal menyoal roti. Mereka biasa membuat aneka macam roti isi seperti isi kepiting, isi babi dan lainnya. Namun roti tanpa isi pun sudah enak sekali. Ada banyak bakery shop yang menjual aneka macam jenis roti dan wajib kamu beli.

4. Itaewon

Yang harus makan halal food wajib ke kawasan Itaewon karena disana ada banyak sekali makanan yang lezat dan halal. Mungkin kamu sampai bingung harus pilih makanan yang seperti apa karena begitu banyak yang tersedia. Namun memang beberapa restaurant sudah memodifikasi rasanya sehingga tidak benar-benar khas Korea. Contohnya saja spicy beef soup yang dibuat dengan kuah gurih padahal biasanya spicy beef soup itu kuahnya super pedas.

Tempat wisata hiburan malam di Seoul

Seoul - wiasata malam

Banyak pelancong yang datang ke Seoul yang ternyata juga suka dengan dunia malam. Seoul sama seperti kota lain yang juga punya potret tentang kehidupan malam yang ada disana. Kamu bisa menikmati berbagai pemandangan menakjubkan dalam kegelapan kota Seoul. Tapi jangan lupa mengenakan mantel tebal karena biasanya saat malam hari, suhu udara disana cukup menggigit hingga ke tulang.

1. Seockhon Lake

Tempat ini sangat asik saat malam tiba karena kamu bisa menikmati kota Seoul di malam hari namun di danau yang indah. Kalau kamu suka menyendiri ini adalah danau yang tepat. Waktu terbaik datang ke danau ini adalah saat malam hari karena pemandangan bunga sakura akan terhampar di hadapan matamu langsung. Dan setiap 1x dalam setahun selalu diadakan festival bunga sakura. Penasaran?

2. Bugasan Mountain

Kamu yang suka hiking wajib ke Bugasan Mountain. Kamu bisa melihat langsung warisan Korea dari masa lampau yang masih terjaga dengan baik sampai saat ini. Kerlap-kerlip lampu yang indah sangat romantis apalagi kalau kamu datang dengan kekasih hati dijamin makin chic.

3. Namdaemun Night Market

Semua yang kamu butuhkan tersedia di pasar malam itu seperti aneka aksesoris, macam-macam barang elektronik, dan juga segala macam makanan asli Korea. Kamu bisa datang ke pasar malam ini mulai dari jam 10 malam hingga jam 5 dini hari. Istimewa sekali bukan? Jangan khawatir soal harganya, semuanya masuk di kantong kamu.

4. Pasar Insadong

Ini juga salah satu pasar yang ada di Seoul namun sudah sangat bersih, modern dan juga tertata dengan rapi. Berbagai pernak pernik khas Korea yang lucu-lucu dijual disana. Harga jual barang di pasar ini memang jauh lebih tinggi dari pasar lain namun kualitasnya juga berbeda. Pasar ini sangat luas sehingga sebagai wisatawan kamu akan sangat nyaman jalan-jalan disana bahkan tanpa harus belanja sekalipun. Jangan lupa mampir untuk beli es krim Turkish yang terkenal lezat di pasar Insadong ini. Dijamin buat kamu ketagihan.

Baca juga: Apa Saja yang Bisa Kamu Lakukan Saat Liburan di Busan Korea Selatan?

Transportasi ke Seoul

Seoul - Transportasi

Transportasi adalah hal yang sangat penting untuk kamu ketahui ketika kamu sudah memutuskan akan jalan-jalan atau traveling ke sebuah negara atau kota. Di Seoul kamu juga bisa menikmati atau menggunakan berbagai alat transportasi dengan kecanggihan yang istimewa. Berikut pilihannya:

1. Udara

Seoul walaupun tidaklah terlalu luas namun di dalamnya ada dua buah bandara yang salah satunya adalah bandara terbaik di dunia. Bandara itu bernama Bandar Udara International Incheon. Yang kedua adalah Bandar Udara Gimpo. Dari bandara nanti kamu bisa bepergian kemana saja dengan menggunakan taksi setempat. Untuk rate nya menyesuaikan dengan jarak tempuh lokasi yang akan kamu kunjungi.

2. Kereta Api

Jangan sampai kamu tidak mencoba menggunakan fasilitas kereta api selama berada di Seoul. Seoul memiliki beberapa jenis fasilitas kereta api yaitu:

  1. KTX atau yang juga dikenal sebagai kereta api ekspres. KTX menghubungkan langsung kota besar yang dilewati dari Seoul dan juga Busan. Kapasitas yang bisa diangkut oleh kereta api ini cukup besar. Beberapa destinasi yang bisa ditempuh dengan menggunakan KTX antara lain seperti Suwon, Daejon dan juga kota Daegu.
  2. Kereta api listrik atau diesel. Kereta ini langsung menghubungkan berbagai kota di semua wilayah Korea Selatan.
  3. Subway yang tersedia sebanyak 10 jalur untuk menuju wilayah dalam kota dan juga kota lain yang berada di Seoul.

3. Jalan Tol

Tahukah kamu kalau jalan tol yang ada di Korea Selatan adalah jalan tol paling baik di dunia dan juga Asia? Hebatnya adalah semua jalur baik kota, bahkan pedesaan sudah terhubung langsung dengan jalur tol. Terbayang betapa canggih dan modern nya bukan? Dengan menggunakan fasilitas jalan tol semua masyarakat Seoul yang ingin bepergian tidak perlu kesulitan dengan fasilitas yang sangat memadai. Kalau kamu ingin jalan yang bebas hambatan kemacetan maka memilih alternative jalan tol adalah salah satu pilihan yang terbaik.

Pesankan tiket pesawat dan hotelmu sekarang di Airpaz! Nikmati kemudahan dan penawaran menarik yang tak boleh dilewatkan. Ayo, siapkan dirimu untuk petualangan seru di Korea Selatan!

Tiket pesawat promo hari ini 1 1 4
Share with us