Traveling Kyoto Jepang, Wisata Dengan Banyak Bangunan Bersejarah

Jepang menjadi salah satu negara favorite wisatawan di dunia. Bukan hanya karena orang-orangnya saja yang unik namun juga karena banyak tempat dan kebudayaan di Jepang yang tidak akan pernah bisa ditemui di negara lain. Salah satu kota di Jepang yang juga menarik untuk kamu datangi adalah Kyoto. Kyoto sendiri berada di pulau Honsu dan memang menjadi negara bagian Osaka – Kobe dan Kyoto. Kalau kamu datang ke Kyoto Jepang maka akan bisa menjumpai langsung banyak sekali bangunan bersejarah yang sampai saat ini masih dijaga dengan baik oleh masyarakat disana. Selain itu kamu juga bisa menemukan banyak sekali kuil disana. Sejak tahun 794 SM lalu, Kyoto sudah resmi menduduki jabatan sebagai ibu kota dari Jepang.

Banyak sekali destinasi wisata yang menyuguhkan suasana nan tenang namun disisi lain juga sedikit misterius. Tidak heran jika kemudian banyak situs peninggalan sejarah di Kyoto yang masuk ke dalam Situs Warisan Dunia. Jalan-jalan ke Jepang sangat nyaman namun kamu juga harus kuat jalan kaki. Menyusuri kota-kota disana sayang sekali kalau dilewatkan begitu saja. Tentu saja kenyamanan itu mungkin tidak ada di tempat kamu selama ini berada. Agar kamu tidak terlalu lelah saat liburan di Kyoto Jepang maka kamu bisa menyusun rencana perjalanan terlebih dulu sehingga tidak malah menghabiskan banyak waktu hanya untuk mencari jalan ke tujuan yang kamu inginkan. Jepang tidak hanya canggih dalam dunia teknologi saja, tetapi mereka juga peduli dengan lingkungan dan tempat tinggalnya sehingga dijaga dengan sangat baik.

Tempat wisata di Kyoto

Ada banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Kyoto Jepang baik yang berbau alam, wisata religi, wisata kuliner yang memanjakan lidah dan perutmu hingga kamu yang hobby jalan-jalan malam tidak akan bosan memanjakan mata disana. Di Jepang, Kyoto memang menjadi pusat jujukan para wisatawan domestik maupun mancanegara. Dan kota ini tidak pernah tidak indah. Di saat masuk musim dingin maka kamu bisa menikmati senangnya bermain salju. Disaat musim semi tiba maka kamu bisa menikmati bunga Sakura yang mekar dengan indahnya. Kamu juga bisa menikmati perbukitan yang hijau dan indah di musim panas yang hangat dan dedaunan yang berguguran dengan warna yang cantik di musim gugur. Sebagai negara dengan 4 musim maka Jepang jelas sangat menarik.

Tempat Wisata Budaya di Kyoto

Untuk kamu yang senang dengan objek wisata budaya, Kyoto pun siap memanjakan dengan segala pilihannya. Yang paling mencolok dari kebudayaan yang ada di Kyoto adalah banyaknya kuil disana. Jika di total maka ada sekitar 2000 buah kuil Shinto dan juga kuil Buddha. Belum lagi kamu juga bisa menemukan aneka istana, berbagai peninggalan arsitektur yang sampai saat ini masih terjaga dengan baik dan taman yang indah. Di Jepang, Kyoto adalah kota yang kebudayaannya masih sangat dijaga sampai saat ini. Bahkan bisa dikatakan paling dijaga jika dibandingkan dengan kota lainnya.

Ada kuil yang usianya paling tua dan paling dikenal disana yaitu: Kiyomizu – Dera, Ryoan-Ji, Kinkaku-Ji, Heian-Jingu, dan juga Gikanku-Ji. Selain itu ada juga kuil Shinto yang sudah berdiri sejak tahun 1895 yang dibangun khusus untuk penghormatan keluarga kerajaan yang pertama kali ada di kota Kyoto. UNESCO pun menetapkan warisan tersebut sebagai warisan budaya dunia. Selain itu ada juga Istana yang dibangun saat Keshoguan Tokunaga yang juga masuk ke dalam warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Kamu pasti pernah mendengar yang namanya Geisha bukan? Nah, di Kyoto kamu masih bisa menjumpai Geisha. Kamu bisa pergi ke Gion dan melihat Geisha yang mana saat ini sudah semakin langka. Kalau kamu datang saat musim panas sekitar bulan Juli, kamu bisa melihat festival yang bernama Gion Matsuri. Festival itu akan dimulai tanggal 1 July dan berakhir di tanggal 30 July dengan ditandai oleh adanya ritual Nagoshinoharae. Jangan sampai kamu melewatkan event paling ditunggu di Kyoto itu.

Tempat Wisata Alam di Kyoto

Jangan sampai kamu jalan-jalan ke Kyoto tapi lupa untuk menjelajah kawasan alamnya yang luar biasa indah. Kyoto punya sejuta pesona keindahan alam yang tidak boleh terlewatkan begitu saja. Kamu bisa menikmati pemandangan indah dan udara segar disana. Dijamin semua penat dan rasa bosan akan hilang seketika. Walaupun Kyoto adalah kota tua namun banyak sekali spot menarik yang penuh dengan nilai tinggi disini. Berikut beberapa diantaranya:

Ine-Cho

Kyoto Jepang - Ine-Cho
upload.wikimedia.org

Untuk kamu yang suka wisata ke berbagai pedesaan maka jangan lewatkan yang namanya Ine-Cho. Letaknya di Kyoto bagian Utara dan adalah desa nelayan yang akan menyuguhkan pemandangan laut dan juga keindahan alam yang pasti membuat kamu terkagum-kagum. Ini adalah desa paling indah yang ada di Jepang yang harus kamu kunjungi. Kamu bisa menjumpai banyak rumah perahu yang terdiri dari 2 lantai. Lantai bawah untuk rumah perahu dan lantai kedua untuk tempat tinggal. Rumah ini disebut sebagai Funaya.

Arashiyama

Kyoto Jepang - Arashiyama
upload.wikimedia.org

Arashiyama akan memberikan keindahan dan menunjukkan bahwa ada sudut yang sangat indah dan asri disana. Ini adalah kawasan hutan bamboo yang banyak disukai oleh wisatawan. Letaknya di sebelah Barat kota Kyoto. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Arashiyama adalah saat musim semi berlangsung. Yang paling unik di tempat ini adalah jembatan Togetsu-Kyo yang usianya sudah lebih dari 4 abad.

Kimono Forest

Kyoto Jepang - Kimono Forest
theculturetrip.com

Ini adalah hutan yang sangat unik dan tersembunyi diantara berbagai restaurant dan juga gang kecil. Kamu akan melihat banyak pilar yang di bagian dalamnya berisi kain dengan corak kimono yang berbeda. Dijamin cocok sekali jadi spot foto untuk kamu abadikan. Dan indahnya lagi, kalau sudah diatas jam 9 malam, semua pilar tersebut akan menyala terang seperti lampion. Penasaran?

Jalan-jalan di Kyoto memang sangat nyaman. Dengan berjalan kaki saja kamu sudah bisa sampai ke berbagai tempat wisata yang menakjubkan indahnya. Udara yang bersih dan segar tidak akan membuat badan menjadi cepat lelah.

Tempat Wisata Religi di Kyoto

Tidak hanya cukup memuaskan diri melihat pemandangan indah, kamu juga bisa menikmati berbagai objek wisata religi yang tidak akan ada di negara lainnya. Itulah kenapa sekali liburan ke Jepang kamu pasti akan kembali ke negara ini lagi karena rindu dengan pesona keindahan yang ada disana. Untuk wisata religi di Kyoto kamu bisa mengunjungi banyak kuil dengan nilai seni yang sangat indah. Namun walaupun begitu kamu tetap bisa menemukan tempat ibadah lain disana seperti Gereja Katolik, Masjid, Gereja Protestan walaupun memang jumlahnya cukup terbatas. Berikut beberapa kuil yang terkenal di Kyoto:

Kuil Kiyomizudera

Kyoto Jepang - Kiyomizu temple
upload.wikimedia.org

Kamu akan dibuat takjub saat melihat kuil yang satu ini. Kenapa begitu? Kuil Kiyomizudera ini memiliki pilar yang sangat kuat dan semuanya dibuat dari bahan kayu murni. Kayu-kayu tersebut menopang kuil tanpa ada satu buahpun paku yang tertanam disana. Menakjubkan sekali bukan? Di negara yang sangat rawan akan gempa namun bisa membangun kuil dari kayu tanpa penguat paku.

Kuil Kinkakuji

Kyoto Jepang - Kinkaku-ji
upload.wikimedia.org

Ini adalah kuil yang menawan dan berkilauan karena semua bagiannya dilapisi oleh emas murni. Hanya bagian lantai saja yang tidak dilapisi emas. Bayangkan saja betapa indahnya kuil ini yang memang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Kuil ini sudah berdiri sejak tahun 1397 lalu. Dulunya kuil ini menjadi rumah bagi Shogun yang bernama Ashikaga Yoshimitsu. Di sekitar kuil ada danau yang jernih dan rindang yang semakin menambah keindahan tempat itu.

Kuil Koryuji

Kyoto Jepang - Koryuji Temple
cdn.zekkei-japan.jp

Untuk kamu yang penasaran akan kuil yang paling tua yang ada di Kyoto maka Kuil Koryuji adalah jawabannya. Kuil ini sudah dibangun sejak tahun 603 lalu. Dewa Shotoku Taishi adalah dewa yang paling diagungkan di kuil tersebut. Kamu bisa melihat patung kayu yang bernama Miroku Bodhisattva yang adalah warisan Jepang yang paling pertama. Ada sisi misterius yang bisa kamu lihat di patung tersebut yaitu eskpresi senyum yang ada di wajah patung tersebut. Di dekat kuil ini ada taman cantik yang sering digunakan untuk keperluan syuting di Jepang.

Kuil Yasaka

Kyoto Jepang - Yasaka Temple
cdn.zekkei-japan.jp

Ini adalah kuil yang menjadi symbol kemakmuran kota Kyoto. Wisatawan yang berkunjung ke kuil tersebut banyak yang berdoa untuk minta kesehatan dan juga kemakmuran kepada dewa yang ada disana yang sudah menjadi legenda sampai saat ini. Dewa itu bernama Susa-No-O yang dikenal baik dan hidup dengan seorang istri dan 8 orang anak. Saat musim semi datang banyak orang yang akan datang ke Kuil Yasaka untuk menikmati indahnya bunga sakura. Dan jika Tahun Baru tiba ada banyak juga orang yang datang sambil membawa bayi yang baru lahir untuk kemudian melakukan pendaftaran bersama neneknya yang datang dengan mengenakan kimono. Kebiasaan yang unik yang masih dilestarikan sampai saat ini.

Tempat Wisata Kuliner di Kyoto

Mencicipi aneka makanan khas Kyoto saat kamu jalan-jalan kesana adalah sebuah keharusan. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan merasakan sajian istimewa Kyoto yang pasti rasanya berbeda dengan yang banyak dijual di kota lain. Bagaimanapun makanan di tempat asalnya pasti lebih otentik jika dibandingkan dengan di tempat lain walaupun mungkin namanya sama dan bentuknya serupa. Ini adalah daftar kuliner yang harus kamu coba selama berada di Kyoto:

Ninshiki Market

Kyoto Jepang - Nishiki Market
cdn.zekkei-japan.jp

Ini adalah pusat kawasan kuliner dan segala macam jajanan yang ada Kyoto dan wajib kamu kunjungi. Ninshiki Market sudah ada sejak tahun 1615. Dulunya tempat ini adalah pasar ikan yang memang berada di kawasan super sibuk. Saat ini pasar ini selalu menjadi jujukan wisatawan yang datang ke Kyoto. Kamu bisa menemukan aneka sajian olahan dari seafood, tamago, onigiri, tempura, Senbei atau kue beras dan juga aneka sayuran asli Kyoto dan kamu bisa merasakan atau mencicipi makanan yang dijual disana karena banyak pedagang yang menyediakan free test food. Kamu bisa sampai ke Ninshiki Market dengan menggunakan Subway. Pasar ini buka hingga pukul 17.00 setiap hari.

Selain Ninshiki Market kamu juga bisa mencicipi aneka makanan lain seperti daging Kobe yang terkenal enak dan super lembut di berbagai restaurant di Kyoto. Hanya saja untuk menyantap daging Kobe memang kamu harus merogoh kocek lebih dalam. Tapi tenang saja karena kamu akan mendapatkan kepuasan dan kenikmatan yang setimpal dengan uang yang kamu keluarkan.

Tempat wisata hiburan malam di Kyoto

Hiburan malam memang sudah menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap kota yang kamu kunjungi saat liburan. Di Kyoto kamu juga bisa menikmati berbagai hiburan malam yang menyenangkan. Kamu bisa memilih akan datang ke tempat wisata malam yang glamour untuk clubbing atau sekedar menikmati udara malam Kyoto yang segar dengan nyala lampu yang berkelap kelip indah.

Klubing

Siapa sangka jika ternyata Kyoto punya tempat clubbing yang sangat glamour dan berada di angka 4 terbaik yang ramai dikunjungi wisatawan dan juga pelajar disana. Nikmati sajian musik dan minuman bersama teman dan sahabat tercinta dengan suasana yang berbeda dengan di Indonesia.

Gion District

Gion adalah tempat hiburan malam yang paling oke yang ada di Kyoto. Dulunya kawasan ini adalah Kuil Yasaka namun saat ini sudah berubah jadi tempat hiburan. Walaupun disebut district namun Gion sangatlah luas dan besar. Di tempat ini kamu bisa melihat pertunjukan dari theatre Kabuki dan ada juga pertunjukan tari tradisional Jepang. Kamu juga bisa menemukan seniman Jepang yang sedang menari dengan sangat cantiknya. Situasi yang sangat khas di tempat ini sangat kental dengan suasana jaman dulu. Dan untuk kamu yang ingin tahu suasana Jepang dulunya seperti apa bisa jalan-jalan ke Gion District. Penasaran bukan? Jangan lupa ikuti dan patuhi semua aturan yang ada disana demi kenyamanan kamu sendiri.

Transportasi ke Kyoto

Alat transportasi adalah salah satu factor yang sangat penting untuk kamu yang akan jalan-jalan ke Kyoto. Jangan sampai sudah tiba di Kyoto namun belum punya informasi akan kemana dan naik apa. Berikut beberapa informasi mengenai transportasi yang bisa kamu gunakan dan kamu pilih selama berada di Kyoto Jepang.

Keihan Line

Ini adalah fasilitas kereta api yang paling banyak digunakan di Kyoto karena stasiun yang mudah ditemui dan harga yang juga sangat terjangkau oleh semua kalangan. Kalau kamu mau jalan-jalan ke berbagai tempat seperti pinggiran Kyoto maka bisa naik Keihan Line. Kalau kamu mau ke Osaka, Gion dan Sanjo kamu juga bisa naik Keihan Line ini.

Kyoto City Bus

Kalau kamu bosan naik kereta maka kamu bisa memilih naik bus Kyoto. Selain praktis juga nyaman sekali. Kamu bisa membeli tiket by pass yang bisa digunakan selama seharian penuh untuk berkeliling Kyoto. Sangat hemat dan murah bukan?

Kyoto Subway

Kamu juga bisa menjajal naik Subway. Tersedia juga paket tiket murah untuk Subway yang bisa kamu pilih. Tenang saja, kalau kamu sudah mempersiapkan kemana kamu akan pergi maka semua jenis transportasi juga tersedia dengan mudah.

Paling nyaman kalau kamu jalan-jalan ke Jepang adalah menggunakan sarana transportasi umum yang bisa dijangkau oleh semua kalangan dan tersedia di semua tempat. Dijamin akan memberikan pengalaman baru untuk kamu yang mungkin tadinya belum pernah mencoba jalan-jalan dengan transportasi umum karena berbagai faktor. Selamat liburan ke Kyoto!

Jadi, itu dia Osaka! Osaka adalah destinasi yang penuh dengan pesona. Pesan perjalananmu ke Osaka sekarang secara eksklusif hanya di Airpaz dan nikmati pengalaman tak terlupakan di sana. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi kehidupan kota yang dinamis, menikmati kuliner lezat, dan merasakan keramahan penduduk setempat di Osaka.

Tiket-pesawat
Share with us