Situ Patenggang Bandung, Wisata Alam yang Punya Mitos Cinta

Orang Bandung mana suaranya? Sudah kenal Situ Patenggang Bandung belumm?

Bandung terkenal dengan banyak objek wisatanya mulai dari tempat wisata kulinerwisata alam, wisata belanja, dan banyak lagi tempat wisata yang disuguhkan oleh kota metropolitan terbesar di provinsi Jawa Barat ini. Ingin suasana alam yang sejuk dan menenangkan? Kamu bisa mengunjungi Situ Patenggang Bandung. Konon kabarnya tempat menyimpan mitos cinta yang bisa buat kamu dan pasangan langgeng jika dapat pergi kesana bersama, lho!

Sejarah Situ Patenggang Bandung

kebun-teh-Situ-Patenggang

Menurut cerita, sebenarnya ada dua pemakaian nama pada danau ini. Pertama adalah sebutan “Patengan” yang mengacu pada nama desa dimana danau ini berada, sedangkan jika wisatawan menyebut dengan nama “Patenggang” yang berasal dari kata Sunda memiliki arti terpisah dari jarak ataupun waktu. Maka danau ini banyak disebut dengan nama Situ Patenggang.

Baca Juga: 5 Wisata Gratis Di Bandung Yang Juga Instagrammable

Kisah Cinta Mengharukan Dibalik Nama Situ Patenggang

Batu Cinta

Cerita menarik dari cerita dahulu yang mengisahkan tentang pasangan kekasih yang bernama Ki Santang dan Dewi Rengganis. Dengar ceritanya nih, kalau pasangan sejoli tersebut memiliki ikatan cinta yang kuat, namun sayang sekali mereka harus terpisah jarak dan waktu karena adanya peperangan yang sangat lama.

Karena perasaan cinta mereka yang mendalam, akhirnya mereka berupaya untuk bertemu kembali. Akhirnya mereka bertemu kembali di sebuah batu besar, batu besar tersebut dikenal dengan sebutan batu cinta. Karena pertemuan singkat itulah, Dewi Rengganis meminta Ki Santang untuk membuat sebuah danau yang terdapat pulau kecil di tengahnya. Pulau kecil itulah yang menjadi simbol cinta Ki Santang terhadap Dewi Rengganis yang akhirnya diberi nama Pulau Asmara berbentuk hati.

Karena hal tersebut lah Situ Patenggang Bandung menjadi kawasan wisata yang terkenal karena punya legenda cerita yang mengesankan. Mitos yang beredar adalah jika mengunjungi batu cinta dan Pulau Asmara akan membuat hubungan kamu dan pasangan jadi langgeng. Apakah kamu percaya?

Jadi, kalau kamu mau punya hubungan yang awet bersama pasangan, coba saja datang kesini untuk mengunjungi batu cinta dan mengelilingi Pulau Asmara menggunakan perahu. Siapa tahu hubungan kamu bisa langgeng sampai ke pelaminan.

Lokasi Situ Patenggang Bandung

Tempat Wisata ini berada di daerah Bandung Selatan, tepatnya di Ciwidey berdekatan dengan kebun teh Ciwalini. Posisi situ patenggang Bandung sendiri terletak kurang lebih 5 KM setelah kawah putih, salah satu tempat wisata di Bandung yang sudah terkenal. Kawasan wisata yang satu ini berada di ketinggian 1600 meter dengan dipagari kebun teh yang menambah suasana menjadi lebih syahdu dan menenangkan. Danau tersebut memiliki luas 45.000 hektar dan berada di dalam cagar alam seluas 123.077,15 hektar. 

Saat kamu menuju ke lokasi Situ Patenggang Bandung, kamu bisa merasakan suasana sejuk khas pegunungan bahkan sebelum kamu benar-benar berada di kawasan wisata tersebut. Memasuki kawasan kebun teh yang memagari danau tersebut ditambah dengan pepohonan yang asri mampu memberikan atmosfer tersendiri saat berada di sana. Belum lagi adanya goresan kabut tipis yang menambah suasana menjadi lebih romantis menikmati pemandangan alam yang begitu luar biasa. Berada di kawasan danau tersebut seolah bisa melenyapkan semua masalah begitu saja. 

Jam Buka & Harga Tiket Masuk

Situ Patenggang di buka mulai pukul 08.00 – 20.00. Jika kamu ingin kesini, harga tiket masuk yang dikenakan:

  • Senin – Jumat Rp 18.000 / orang (Wisatawan Lokal) 
  • Senin – Jumat Rp 135.000 / orang (Wisatawan Mancanegara)
  • Sabtu – Minggu Rp 20.500 / orang (Wisatawan Lokal)
  • Sabtu – Minggu Rp 185.000 / orang (Wisatawan Mancanegara)

Baca Juga: Menikmati Pesona Keindahan Kawasan Wisata Kawah Putih Bandung

Cara ke Situ Patenggang

https://amorphouz.wordpress.com

Akses jalan menuju Situ Patenggang gak sulit kok, kamu bisa ke sini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Karena Situ Patenggang merupakan bagian paling selatan dari kabupaten Bandung yang dikelilingi oleh tiga kota juga kabupaten.

Aksen jalan untuk menuju Situ Patenggang bisa melalui tiga jalan dan jalur alternatif yaitu pertama dari kota Bandung, Cianjur Selatan dan Garut Selatan. Mudahkan? Sepanjang perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan indah dekat Situ Patenggang. Dijamin perjalanan perjalananmu akan menyenangkan.

Jika kamu berada di luar kota Bandung dan ingin mengunjungi Situ Patenggang, jangan lupa untuk pesan tiket pesawat murah di Airpaz dan cek promo terbaru yang tersedia.

promo-Airpaz

Share with us