Pulau Gili Iyang Madura Miliki Oksigen Terbaik di Dunia

Bayangkan! ternyata salah satu pulau yang ada di Indonesia merupakan pulau dengan kadar oksigen terbaik ke 2 di dunia loh dan Pulau itu adalah Pulau Gili Iyang Madura. Pulau ini mendapat predikat sebagai Pulau dengan kadar oksigen terbaik ke-2 di dunia menurut World Health Organization atau WHO.

Indonesia menyimpan begitu banyak kekayaan keindahan alam yang masih perlu untuk dijelajahi dan diperkenalkan seperti  Pulau Giliyang Madura yang memiliki oksigen terbaik di dunia

Asal-usul Pulau Gili Iyang

Konon Pulau Gili Iyang dikenal dengan 2 nama yang berbeda yaitu Gili Iyang dan Gili Elang. Menurut masyarakat lokal terdapat 2 sejarah yang berbeda mengenai pulau itu. Nama yang pertama “Gila Iyang” adalah pemberian dari nenek moyang yang artinya gila. Sebab dahulu pulau ini dijadikan sebagai tempat pembuangan orang gila dan saat ditemukan pertama kali pulau ini juga dihuni oleh orang gila.

Nama yang kedua adalah “Gila Elang” atau biasa disebut “Pulo Elang” yang memiliki arti pulau yang hilang dalam bahasa Madura, kerena menurut cerita masyarakat pada zaman penjajahan Belanda pulau ini adalah pulau yang tidak di temukan atau hilang, sementara pulau-pulau lainnya telah di temukan oleh pasukan tentara Belanda.

Sejarah Pulau Gili Iyang

gambar pulau giliyang

Sejarahnya sendiri ditemukan oleh Daeng Masaleh tahun 1962. Konon menurut sesepuh di Pulau Gili Iyang, Daeng Masaleh datang dari Sulawesi yang katanya dituntun oleh ikan hiu sampai akhirnya menemukan daratan pulau. Beliau yang pertama kali membabat hutan untuk membuka jalan di Pulau Gili Iyang. Saat ini Pulau Gili Iyang Madura berpenduduk mayoritas dari suku Madura.

Lokasi Pulau Gili iyang

Pulau Gili Iyang Madura yang memiliki oksigen terbaik di dunia ini hanya salah satu dari Pulau yang ada di wilayah Sumenep, Jawa Timur.  Sumenep memiliki 126 pulau kecil, salah satu diantara pulau yang berpenghuni tersebut adalah Pulau Gili Iyang yang secara geografis berada di kecamatan Dungkek, kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau Giliyang terbagi menjadi dua desa, yaitu Desa Bancamara dan Desa Banra’as.

Jalan ke Pulau Gili Iyang

Untuk kamu yang berasal dari luar kota Madura, kamu bisa menempuh perjalanan darat atau udara. Jika menempuh dengan jalur udara, kamu tinggal berangkat dengan menggunakan maskapai tujuan Bandara Internasional Juanda Surabaya. Banyak maskapai yang menawarkan tiket promo tujuan bandara tersebut seperti Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air dan lain-lain.

Cara ke Pulau Giliyang

Jika sudah tiba di Kota Surabaya, Kamu dapat melanjutkan perjalanan melewati Jembatan Suramadu untuk tiba di Sumenep, Madura. Setelah sampai di Sumenep, lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Dungkek, Sumenep. Jika tidak membawa kendaraan pribadi, kamu bisa naik Mobil Penumpang Umum (MPU) yang ada setiap hari, tujuan Sumenep sampai Pelabuhan Dungkek dengan tarif Rp 15.000/orang.

Dari Pelabuhan Dungkek menuju lokasi Madura, ada perahu motor nelayan yang siap mengantar kamu dengan tarif Rp 10.000/orang. Setiap harinya perahu berangkat pukul 10.00 WIB. Jika kamu ingin sewa perahu pulang-pergi juga bisa dan harus membayar biaya sekitar Rp 400.000 yang bisa membuat kapasitas 30 orang. Atau  Kamu juga bisa menyewa perahu yang lebih kecil dengan tarif sekitar Rp 200.000 dengan kapasitas 10 – 15 orang.

Waktu yang diperlukan dari Pelabuhan Dungkek ke lokasi dari Madura sekitar 45 – 60 menit jika cuaca normal. Setelah tiba di Pulau , kamu tinggal mencari carter kendaraan bermotor roda tiga, tapi terbatas, karena memang dibatas untuk tetap menjaga stabilitas udara. Dari Pelabuhan Dungkek ke titik oksigen (Desa Bancamara) dikenai tarif Rp 80.000/orang dengan kapasitas 6 – 8 orang.

Penginapan di Pulau Gili Iyang

Saat tiba di lokasi sebenarnya tidak ada penginapan, namun bagi yang ingin bermalam dapat menyewa Homestay atau rumah warga lokal dengan biaya yang relatif lebih murah.  Oh ya, Kamu bisa loh mencari rumah masyarakat yang terdekat ke titik oksigen loh yaitu di Desa Bancaramara.

Keunikan Pulau Gili Iyang

Pulau Gili Iyang di Sumenep memiliki kandungan oksigen terbaik di dunia setelah Yordania. Menurut hasil penelitian Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumenep kadar oksigen Pulau Gili Iyang di atas rata-rata wilayah lainnya, sekitar 21% di atas normal. Kabarnya, karena lingkungan yang memiliki kadar oksigen yang tinggi, masyarakat yang tinggal di Pulau Gili Iyang hidup jauh lebih sehat loh.

Kamu bisa menikmati keindahan sunrise pulau giliyang yang akan menyambut pagimu untuk memulai menelusuri keindahan pulau. Karena pantainya yang indah dan airnya yang jernih, snorkeling di Pulau Gili Iyang melihat keindahan batu karang menjadi pilihan yang tepat buat Kamu. Keindahan sunset pulau Gili Iyang pun semakin melengkapi indahnya perjalanan wisata yang tak terlupakan. Nikmati juga keindahan pantai lainnya di madura yang bisa menjadi refrensi anda dalam liburan di madura.

Nah, tentunya menyenangkan bukan, liburan di Pantai sembari menikmati suasana sehat dengan alam yang hijau di Pulau Giliyang. Yuk, rencanakan liburan Kamu ke Pulau Gili Iyang Madura yang memiliki Oksigen Terbaik di  Dunia. Ajak teman dan keluarga menikmati liburan santai dan juga sehat! Happy Traveling!

promo-Airpaz

Share with us