Kagum! Ini Dia 5 Keistimewaan Mandalika Lombok yang Dipromosikan Presiden Jokowi

Tahukah kamu bahwa Presiden RI, Bapak Joko Widodo memiliki akun youtube yang beliau gunakan untuk memperlihatkan video pembangunan yang sedang berlangsung di Mandalika Lombok.

Nah, menariknya pada vlog terbaru yang diunggah Pak Jokowi, untuk pertama kalinya beliau menampilkan sebuah video yang isinya mempromosikan salah satu destinasi pariwisata unggulan Indonesia berjudul “Indahnya Mandalika”

Keistimewaan Mandalika Lombok

Jokowi berfoto di Mandalika Lombok

Mandalika Lombok adalah salah satu destinasi wisata Indonesia yang mendapatkan program pengembangan kawasan wisata super prioritas. Penasaran seperti apa keindahan yang ditawarkan? Berikut 5 keistimewaan yang dimiliki oleh Mandalika, Lombok, NusaTenggaraBarat.

1. Mandalika memiliki sejarah dan budaya yang unik

mandalika-1

Nama Mandalika berasal dari cerita rakyat suku Sasak yang merupakan penduduk asli Pulau Lombok. Alkisah diceritakan ada seorang putri bernama Putri Mandalika yang cantik parasnya dan baik sifatnya.

Semakin dewasa, banyak pemuda dan pangeran yang jatuh hati dan ingin menjadikan sang putri sebagai istrinya. Ayahnya menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada sang putri. Akhirnya setelah bersemedi, Putri Mandalika mengatakan bahwa ia tak ingin terjadi perpecahan dan memilih untuk menjatuhkan diri kemudian hilang di tengah ombak.

Untuk memperingati hal tersebut, penduduk setempat setiap tahunnya mengadakan Festival Bau Nyale dimana kegiatan utamanya adalah menangkap nyale (cacing) yang dipercaya merupakan jelmaan Putri Mandalika. Selain kegiatan tersebut, Festival Bau Nyale juga dimeriahkan dengan penampilan drama serta pertunjukkan musik.

2. Mandalika punya 5 pantai indah yang wajib di kunjungi

Kawasan Mandalika memiliki luas sekitar 1.034 hektar dengan 5 pantai indah yang membentang dari timur ke barat. Kelima pantai tersebut adalah Pantai Kuta Lombok dengan pasir putih, air laut yang jernih, serta latar belakang pemandangan bukit, Pantai Seger yang digunakan untuk merayakan Festival Bau Nyale, Pantai Serenting, Pantai Pantai Tanjung Aan, dan Pantai Gerupuk yang cocok bagi penggemar selancar.

Selain wisata bahari, Mandalika juga menyajikan destinasi wisata lain seperti Bukit Merese yang memungkinkan kamu memandang keindahan Mandalika dari ketinggian dan Batu Payung yang merupakan batu karang hasil erosi alami berbentuk seperti payung kuncup.

Baca Juga: 5 Tempat wisata di Pulau Bangka ini wajib kamu kunjungi sebelum mengakhiri masa lajang!

3. Keindahan Mandalika sebanding dengan Pulau Bali

mandalika3

Walaupun wisata yang ada di Mandalika cenderung baru di telinga kamu, namun keindahan dan pemandangan yang ditawarkan oleh pantai-pantai maupun wisata lainnya sebanding dengan Pulau Bali. Bahkan dapat dipastikan Mandalika menawarkan ketenangan dan kebersihan yang lebih baik daripada Pulau Bali karena kawasan ini masih belum banyak didatangi oleh wisatawan

4. Mandalika termasuk dalam 11 KEK di Indonesia

mandalika2

Kamu tidak perlu mengkhawatirkan tentang fasilitas penginapan di Mandalika karena sejak bulan Oktober kemarin Mandalika resmi menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia.

Dengan dikembangkannya Mandalika menjadi KEK, maka dapat dipastikan investor-investor lokal maupun asing akan mulai berdatangan.

Kedepannya Mandalika direncanakan akan memiliki 10.000 kamar hotel dengan kualitas bintang lima seperti Pullman, Clubmed, Royal Tulip, dan X2, sirkuit balap kelas dunia, dan convention center

5. Dapat berinteraksi dengan suku asli Pulau Lombok

mandalika-5

Tidak jauh dari lokasi Mandalika, kamu akan menemukan Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende yang merupakan kawasan tempat tinggal suku asli Lombok yaitu suku Sasak. Kamu dapat melakukan beberapa aktivitas di desa tersebut seperti belajar menenun kain, menonton atraksi budaya, berinteraksi dengan penduduk asli, sampai menikmati keunikan yang ditunjukkan dalam arsitektur bangunan setempat

Cukup banyak keistimewaan yang dimiliki Mandalika apalagi saat ini pariwisata Mandalika sedang gencar dikumandangkan di dunia pariwisata nasional maupun internasional. Penasaran untuk menikmati pesona indahnya Mandalika? Kamu bisa pesen tiket pesawat promo di sini. Happy traveling (Gita/FH)

Sumber foto:  #JKWVLOG INDAHNYA MANDALIKA

promo-Airpaz

Share with us